Mengenal Google Display Network (GDN)

Business, Marketing / 0 | | 0

Apakah anda sering berbelanja online? dengan website belanja online,  anda dapat menemukan banyak keunggulan seperti berbagai jenis baju, celana, sepatu, hingga kecantikan dan teknologi.

Khususnya, anda dapat dengan mudah menemukan pakaian dengan brand ternama maupun lokal. Namun, ketika melihat website belanja online tersebut anda melihat sebuah iklan. Inilah yang dinamakan GDN (Google Display Network).

Google Display Network merupakan alat yang tepat untuk mendapatkan pelanggan dengan jumlah banyak melalui pemasangan iklan. Menggunakan Google Display Network secara tidak langsung dapat menarik perhatian pelanggan di luar mesin pencarian Google.

 

Apa itu GDN (Google Display Network)?

 

Google Display Network merupakan Iklan yang dibuat pada Google Display Network yang berbentuk video interaktif, gambar dan teks. Anda juga dapat menampilkan iklan pada website sesuai dengan jenis bisnis.

Misalnya iklan GDN atau Google Search yang sama-sama memberikan fasilitas yaitu bisa mengukur performa kampanye iklan, mengatur tayangan iklan sesuai budget, menampilkan iklan dengan format menarik, melakukan analisis hasil, serta dapat menentukan target pelanggan yang tepat.

Mengenai target iklan, GDN menyediakan beberapa layanan penargetan. Berikut merupakan layanan yang diberikan kepada para pengguna.

  • Penargetan Kata Kunci
    Layanan penargetan kata kunci memungkinkan pengguna menampilkan iklannya di seluruh jaringan network. Saat menggunakan penargetan kata kunci, Anda disarankan untuk memaksimalkan kata kunci dan tema relevan pada grup iklan. Kata kunci yang optimal ini akan bisa menjadi salah satu cara meningkatkan traffic website dengan signifikan.
  • Penargetan Lokasi
    Dalam hal ini, anda bisa menempatkan iklan di semua situs website dengan mengatur penargetan lokasi. GDN sangat berguna bagi pengembangan bisnis anda, karena iklan yang ditempatkan sesuai dengan target market Anda dari segi geografis. Anda juga dapat menggunakan target lokasi, yaitu lokasi otomatis, lokasi tertentu, dan lokasi negatif (pengecualian). Keuntungan fasilitas penargetan ini dapat bermanfaat untuk pelaku bisnis kreatif yang menginginkan sistem marketing yang efektif dan efisien.
  • Tentukan Target Topik
    GDN dapat menempatkan iklan sesuai dengan topik, Hal ini dapat membuat seluruh iklan dipasang pada website yang topiknya relevan dengan konten bisnis Anda. Dengan cara penargetan topik sangat unggul, karena menjangkau pemasangan iklan lebih akurat. Bahkan anda tidak perlu memilih situs website satu per satu lagi, semuanya bisa diatur di GDN.
  • Penargetan Interest (Ketertarikan) dan Remarketing
    Tujuan penargetan interest dan remarketing yaitu membuat pelanggan kembali diperkenalkan dengan bisnis Anda bahkan bisa jadi kembali mengunjungi website Anda. Remarketing ini biasanya dilakukan dengan menemukan targetnya kembali melalui kebiasaan online pelanggan. Bila remarketing berhasil, maka conversion rate iklan juga akan meningkat.

Baca Juga : Panduan Digital Marketing Untuk Pemula

 

Perbedaan GDN dengan Google Adwords

Selain perbedaan nama, ternyata GDN juga berjenis beda dengan Google Adwords. Jika GDN memerlukan beberapa media visual seperti foto, atau video, Google Adwords tidak bekerja sedetail itu. Saat kamu sedang googling dan menemukan kotak bertuliskan “Ad” di link teratas pada halaman utama pencarian Google, itulah yang disebut dengan AdWords. Sesuai dengan namanya, Google Adwords hanya menampilkan iklan dalam bentuk tulisan yang berfungsi untuk meningkatkan awareness terhadap suatu website.

Contoh GDN adalah sebagai berikut :

 

Contoh Google Adwords :

 

Mengapa Harus Google Display Network?

Tahukah kamu tentang ROI atau return of investment dalam setiap aktivitas marketing?  Dengan menggunakan GDN Anda bisa mengukur performance campaign, mengatur budget dan menganalisa hasilnya. Selain itu, dengan adanya fitur insight di dalamnya membuat Anda pun bisa melacak dan memantau engagement serta mengukur keberhasilan kampanye Anda.

Bahkan, dengan memanfaatkan GDN anda dapat membantu untuk mendapatkan pelanggan baru, memilih website yang spesifik untuk menampilkan iklan anda dan terhubung dengan pelanggan melalui iklan yang menarik. Dengan GDN anda dapat meningkatkan brand awareness serta meningkatkan penjualan dengan meletakkan iklan di hadapan orang yang memang sudah tertarik dengan bisnis atau produk/layanan Anda.

Supaya strategi marketing dapat berjalan mulus, dan anda dapat mengetahui advertising tools merupakan hal yang penting. Oleh karena itu,  anda dapat mengoptimalkan kegiatan bisnis anda dengan memasang iklan di internet sesuai dengan target market bisnis Anda dengan tepat.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Konten Digital Marketing Untuk Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam digital marketer Google Display Network dengan Google Adwords kamu dapat melihat bahwa strategi binsis anda bisa berjalan dengan baik. Hal ini karena Google Display Network dan Google Adwords merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh pelanggan. Bahkan, keduanya dapat menjadi acuan dalam brand awereness dalam meningkatkan promosi produk anda.

Selain itu, anda juga dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan baru. Ada beberapa stategi dalam GDN, beberapanya yaitu : tentukan kata kunci, tentukan  lokasi, tentukan topik, remarketing.

Google Display Network dengan Google Adwords sekarang sudah banyak diterapkan dalam banyak sektor bisnis. Dengan memahami artikel ini, anda dapat meningkatkan bisnis dengan GDN ini agar lebih efektif dan efisien.

Related Post :

popup image