Mengenal IP Address dan Cara Mengeceknya di Windows dan Mac

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Alamat IP atau IP address adalah alama bagi suatu situs yang bekerja layaknya alamat rumah, sebagai tempat identifikasi komunikasi. Oleh karena itu, IP address menjadi alat sebagai koneksi yang menyambungkan pengguna internet ke word wide web (www). Adanya IP address ini selain sebagai alamat supaya sebuah situs bisa ditemukan, juga mendukung seluruh kehidupan dan pergerakan digital pengguna internet.

Intinya adalah siapa pun tidak bisa online tanpa adanya alamat IP karena layaknya alamat rumah, jika Anda tidak mempunyai alamat rumah seseorang maka Anda tidak bisa menemukan orang itu. Jika dijelaskan lebih rinci, Internet Protocol (IP) menjadi nomor pengenal unik dan khusus yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet.

Adapun alamat IP sendiri memiliki 2 jenis yakni IPv4 sebagai alamat versi lama dan IPv6 sebagai versi terbarunya. Disamping juga alamat IP mempunyai beberapa jenis dengan tujuan dan penggunaannya tersendiri. Mari simak dan ketahui apa itu IP address serta cara mengeceknya di perangkat Windows dan Mac pada penjelasan singkat dibawah ini.

 

Cara Mengecek dan Menemukan Alamat IP Lokal di Windows

Sangat mudah untuk menemukan alamat IP lokal Anda yang ada di jaringan lokal Anda dan biasanya telah ditetapkan oleh router yang Anda gunakan. Biasanya hanya membutuhkan beberapa langkah meski klik akan berbeda tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan, maka langkah berikut hanya bisa diterapkan untuk pengguna Windows 10.

  • Klik kanan pada logo Windows di sudut kiri bawah layar Anda dan pilih Setting.
  • Klik Network & Internet.
  • Pilih Wi-Fi atau Ethernet di menu sebelah kiri, tergantung apakah Anda terhubung secara nirkabel atau melalui kabel ethernet.
  • Klik Network di kolom tengah. Alamat IP Anda akan muncul di jendela berikutnya, di entri IPv4 address.

 

Baca Juga  :    Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mengecek dan Menemukan Alamat IP Lokal di Mac

Mengenal IP Address dan Cara Mengeceknya di Windows dan Mac
 

Tidak jauh berbeda dengan mengecek dan menemukan alamat IP lokal di Windows, maka begitu juga cara menemukan IP address di Mac. Anda bisa mengikuti langkah- langkah mudah berikut ini :

  • Tarik ke bawah menu Apple dan pilih  System Preferences.
  • Tarik ke bawah menu Lihat dan pilih Network. Anda juga dapat mengklik dua kali ikon Jaringan di jendela System Preferences.
  • Di kolom kiri, klik koneksi jaringan, umumnya Ethernet atau Wi-Fi, tergantung apakah Anda memiliki koneksi kabel atau nirkabel.
  • Untuk koneksi Ethernet, alamat IP lokal Anda akan ditampilkan.
  • Untuk koneksi Wi-Fi, klik tombol Advance di pojok kanan bawah, lalu tombol TCP/IP di bagian atas jendela. Disini alamat IP Anda akan ditampilkan.

 

Baca Juga  :     Mengenal IP Address : Definisi, Jenis/Tipe dan 2 Versi Umumnya

 

Memahami Faktor yang Mengancam Keamanan IP Address

Dunia maya adalah tempat dimana semua hal tersedia baik itu digunakan dengan tujuan baik atau buruk. Ini termasuk penjahat cyber yang bisa mendapatkan alamat IP seseorang untuk tujuan pengutipan online atau rekayasa sosial yang berbahaya. Penyerang dapat menggunakan berbagai trik rekayasa sosial untuk menipu Anda agar mengungkapkan alamat IP Anda melalui perpesanan aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi.

Jadi jika Anda mengklik dan berkomunikasi dengan mereka, maka penyerang dapat menemukan alamat IP Anda dari nama pengguna Anda yang Anda gunakan dalam aplikasi perpesanan tersebut. Berikut beberapa ancaman keamanan yang harus Anda perhatikan :

  • Melacak lokasi Anda

    Jika penjahat dunia maya mengetahui alamat IP Anda, peretas dapat menggunakan teknologi geolokasi untuk mengidentifikasi wilayah, kota, dan negara bagian dimana Anda tinggal. Hanya perlu melakukan sedikit lebih banyak penggalian di media sosial untuk mengidentifikasi rumah Anda dan ini bisa mendatangkan banyak potensi buruk jika mereka dapat menemukan Anda.

  • Meretas ke perangkat

    Internet menggunakan port serta alamat IP pengguna untuk terhubung, dimana ada ribuan port untuk setiap alamat IP, dan peretas yang mengetahui IP Anda dapat mencoba port tersebut untuk memaksa koneksi. Ketika peretas dapat mengambil alih perangkat yang Anda gunakan, maka mereka mencuri informasi Anda. Jika penjahat mendapatkan akses ke perangkat Anda, mereka dapat menginstal malware di dalamnya.

  • Mengunduh konten ilegal menggunakan alamat IP yang dicuri

    Peretas juga sering menggunakan alamat IP yang diretas untuk mengunduh konten ilegal dan apa pun yang tidak bisa dilacak kembali ke mereka. Dengan menggunakan identitas alamat IP pengguna yang dicuri, peretas dapat mengunduh film, musik, dan video yang berbahaya yang bisa melanggar ketentuan penggunaan ISP. Tidak jarang juga bisa saja peretas menggunakan alamat IP curian untuk keperluan kejahatan yang lebih besar sehingga Anda selaku pemilik IP asli harus berurusan dengan hukum karenanya.

  • Menyerang jaringan secara langsung

    Penjahat dapat langsung menargetkan jaringan Anda dan meluncurkan berbagai serangan. Salah satu yang paling populer adalah serangan DDoS (distributed denial-of-service) yang merupakan jenis serangan siber ini terjadi ketika peretas menggunakan mesin yang sebelumnya terinfeksi untuk menghasilkan permintaan dalam jumlah besar untuk membanjiri sistem atau server yang ditargetkan.
    Akibatnya ada banyak lalu lintas untuk ditangani oleh server yang berakibat gangguan layanan dan mematikan aliran internet. Meskipun layanan ini biasanya lebih umum dilakukan kepada bisnis dan layanan besar, tidak menutup kemungkinan kalau serangan ini juga menimpa individu.

 

Baca Juga  :   Apa itu VPN : Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Tips & Triknya [Free & Premium]

 

Cara Melindungi Privasi IP Address

Mengenal IP Address dan Cara Mengeceknya di Windows dan Mac
 

Menyembunyikan alamat IP Anda adalah cara untuk melindungi informasi pribadi dan identitas online Anda. berikut cara lainnya yang bisa juga Anda tempuh dalam memberi perlindungan pada alamat IP Anda.

  • Rajin mengganti dan menggunakan kata sandi yang berbeda

    Kata sandi yang digunakan pada perangkat adalah cara dasar untuk menghalang dan membatasi orang lain dalam mengakses perangkat Anda. Apapun akun yang Anda punyai dalam berselancar online, pastikan untuk selalu mengganti kata sandi dan menggunakan kombinasi password yang tidak mudah dipecahkan. Kata sandi yang kuat berisi campuran huruf besar dan kecil, angka, dan karakter, setidak nya akan membantu melindungi perangkat Anda dari peretasan alamat IP.

  • Waspada terhadap email phishing dan konten mencurigakan

    Sebagian besar malware dan perangkat lunak pelacakan perangkat diinstal melalui email phishing. Saat Anda terhubung dengan situs mana pun, maka ini akan memberi situs akses ke alamat IP dan lokasi perangkat Anda yang membuatnya rentan terhadap peretasan. Berhati-hatilah saat membuka email dari pengirim yang tidak dikenal dan hindari mengklik tautan yang dapat mengirim Anda ke situs yang tidak sah. Perhatikan baik-baik konten email, meskipun tampaknya berasal dari situs terkenal dan bisnis yang sah bisa menjadi adalah penipuan.

 

Baca Juga  :    Memahami Apa Itu WHOIS, Manfaat Serta Data/Informasi yang Dikumupulkannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara sederhana, alamat IP adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di internet atau jaringan lokal. IP sendiri adalah singkatan dari Internet Protocol yang merupakan seperangkat aturan yang mengatur format data yang dikirim melalui internet atau jaringan lokal. Intinya, alamat IP adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan dimana informasi ini berisi informasi lokasi dan membuat perangkat dapat diakses untuk komunikasi.

Jadi bisa dikatakan IP address merupakan alamat layaknya alamat rumah fisik yang membantu memastikan bahwa penggunanya mendapatkan data yang mereka minta, seperti hasil pencarian, situs web tertentu, email, dll. Internet membutuhkan cara untuk membedakan antara komputer, router, dan situs web yang berbeda. Alamat IP menyediakan cara untuk melakukannya dan merupakan bagian penting dari cara kerja internet.
 

Related Post :