Mengenal Jitsi Meet: Pengertian dan Cara Kerjanya

Technology / 0 | | 1

Kasus pandemi COVID-19 menyebabkan segala bidang perlu penyesuaian mulai dari pendidikan, industri, bisnis, ekonomi. Pemerintah bahkan mengeluarkan kebijakan baru untuk bekerja dari rumah atau Work From Home tujuannya untuk mengurangi resiko penyebaran dari virus corona. Hadirnya kebijakan ini, membuat semua orang harus membatasi aktivitas di luar rumah. Sehingga muncul sebuah alternatif untuk tetap bisa bekerja dan sekolah dengan menggunakan aplikasi video conference. Jitsi Meet adalah salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk hal itu.

Video conference menjadi pilihan terbaik untuk digunakan karena bisa diakses dimana saja dengan mudah. Pasti Anda pernah mendengar aplikasi video conference, bukan? Seperti Zoom Meeting, Google meet, Go To Meet dan aplikasi lainnya. Tidak kalah menarik dari beberapa aplikasi di atas, ada Jitsi Meet yang hadir dengan berbagai macam keunggulannya. Untuk memahami aplikasi ini ebih dalam, Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Baca Juga: Aplikasi Zoom Rawan, Bisa Menyebarkan Data Pengguna

Apa itu Jitsi Meet?

apa itu jitsi meet

Jitsi meet adalah sebuah aplikasi video conference yang menyediakan layanan akses tanpa akun dan gratis. Jika beberapa aplikasi video conference memiliki limit untuk peserta, maka Jitsi Meet tidak memiliki batasan peserta. Aplikasi ini juga bersifat open source sehingga semua orang bebas menggunakannya dengan aman.

Dari segi layanan, aplikasi yang banyak dibilang sebagai alternatif Zoom ini adalah layanan video conference yang terenkripsi, hal ini membuat percakapan yang terjadi di dalam room tidak bisa dilihat dan didengarkan oleh orang lain. Siapapun bisa menggunakan aplikasi video conference satu ini tanpa harus memiliki akunnya. Dari segi kualitas videonya aplikasi ini akan menyesuaikan kualitas dengan jenis perangkat yang Anda gunakan saat mengaksesnya.

Fitur-fitur Jitsi Meet

Fitur-fitur Jitsi Meet

Meskipun layanan video conference yang satu ini gratis, dari segi fiturnya Jitsi Meet juga memiliki berbagai fitur menarik yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Berikut ini beberapa fitur Jitsi yang harus Anda ketahui!

  • Auto View

Fitur pertama yang dimiliki oleh Jitsi adalah Auto View. Fitur ini berfungsi sebagai tools untuk memudahkan peserta yang terlibat didalamnya melihat dirinya di video.

  • Obrolan Teks

Fitur kedua yang dimiliki oleh Jitsii Meet adalah obrolan teks. Fitur ini berfungsi sebagai support obrolan berbasis teks khusus hanya untuk pengguna web saja.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik dan Mudah untuk Digunakan Pemula

  • Mengunci room dengan password

Fitur ketiga yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah dapat mengunci room dengan password. Fitur ini berfungsi untuk memberi ruang privasi bagi pengguna atau hanya orang yang tau saja. Jadi pengguna nantinya akan dibebaskan memilih password yang cocok untuk mereka.

  • Support pengguna IOS maupun Android

Fitur keempat yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah mendukung segala jenis sistem operasi. IOS dan Android menjadi sistem operasi dalam smartphone yang paling banyak digunakan, jika ingin m

  • Statistik Talk Time

Fitur kelima yang dimiliki oleh Jisti Meet adalah Statistik Talk Time. Fitur ini berfungsi untuk melihat yang mana sajakah peserta yang aktif dan mana peserta yang tidak akif.

  • Screen Sharing

Fitur keenam yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah Screen Sharing. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan hasil pada layar secara spesifik.

  • Push-to-talk mode

Fitur ketujuh yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah Push-to-talk mode. Apabila peserta ingin berbicara, fitur ini bisa digunakan dengan menekan space bar atau ikon untuk mengeluarkan suara.

  • Audio only atau opsi video

Fitur kedelapan yang dimiliki oleh Jisti Meet adalah Audio only atau opsi video. Fitur ini bisa digunakan pengguna jika hanya ingin terdengar suaranya saja atau hanya ingin menampilkan wajahnya saja dilayar.

  • Raise and lower hand

Fitur kesembilan yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah raise and lower hand. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan peserta yang sedang kuliah atau sekolah, jika ingin menjawab atau bertanya bisa mengangkat tangan lewat fitur tersebut.

  • Dial in dan Dial out telepon

Fitur kesepuluh yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah bisa Dial in dan Dial out telepo. Dalam sebuah webinar biasanya fitur ini berfungsi sebagai alat penghubung antara peserta atau narasumber. Namun fitur ini baru bisa digunakan jika jigasinya sudah diatur. 

  • Call recording

Fitur kesebelas yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah call recording. Fitur ini berfungsi untuk merekam suara. Anda bisa menggunakan fitur call recording saat rapat. 

  • Opsi untuk Kick

Fitur keduabelas yang dimiliki oleh Jitsi Meet adalah opsi untuk kick. Fitur ini berfungsi untuk mengeluarkan peserta.

Baca Juga: Apa Itu Kerja Remote? Contoh, Manfaat, dan Tantangannya

Cara Menggunakan Jitsi Meet

cara menggunakan jitsi meet

Setelah Anda mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Jitsi. Lalu, bagaimakah cara menggunakannya? Jika Anda adalah pengguna IDCloudHost, Anda bisa menginstal Jitsi dengan mudah lewat layanan Cloud VPS IDCloudHost. 

Anda akan bertindak sebagai server Jitsi, yang memungkinkan orang-orang dalam organisasi atau perusahaan yang Anda kehendaki untuk menggunakan Jitsi secara terintegrasi. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di fitur App Catalog, proses instalasi juga lebih mudah dengan konsep one-click-deploy!

Baca Juga: Cara Instal Jitsi Meet di Cloud VPS

Penutup

Itulah dia salah satu aplikasi video conference Jitsi Meet. Jika dilihat dari salah satu keunggulannya selain gratis, aplikasi ini bisa diakses tanpa batas oleh penggunanya. Selain itu untuk mengaksesnya tidak perlu mendownload, cukup akses situs resminya Anda bisa join ke dalam video conference.  Bagi Anda yang tertarik cobalah untuk mengikuti cara mudah menggunakan Jitsi yang sudah kami jabarkan diatas ya!

Related Post :

popup image