Mengenal Lebih Dekat Tentang Framework Yii

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Framework YII adalah sebuah software yang berfungsi sebagai kerangka kerja php yang berbasis komponen dengan performansi tinggi untuk pembuatan sebuah aplikasi web bersekala besar, yii menyediakan resuabilitas maksimum dalam pemrograman Web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan.

Seperti kebanyakan framework php lain framework yii adalah MVC framework. Yii bisa melampaui framework php yang lain dalam hal efisiensi, karena yii telah menyediakan fitur-fitur,yang sudah di dokumentasikan dengan jelas. Yii di desain sangat hati-hati agar dapat sesuai dengan pengembangan aplikasi web secara serius.

Yii telah memplementasikan pola desain MVC (model-view-controller ) yang diadopsi secara luas dalam pemrograman Web. Selain implementasi MVC, Yii juga memperkenalkan front controller(controller depan), yang disebut Aplikasi, yang akan mengenkapsulasi konteks eksekusi untuk memproses sebuah request.

Dalam mempelajari Yii kita harus mempunyai skil OOP( object oriented programming ) dan untuk kebutuhan software dan hardware nya adalah

  1. Laptop / komputer
  2. Web server seperti XAMPP
  3. Aplikasi Yii
  4. Editor web seperti notepad++ atau sublimeText

Yii juga memiliki beberapa fitur yaitu:

  1. MVC (model view controller) : Yii menggunakan sebuah arsitektur programing MVC yaitu menggunakan konsep Model, View, Controller. Dan hampir seluruh framework PHP menggunakan konsep MVC termasuk CMS (Content management system).
  2. ORM(Object Relational Mapping) : Dan untuk fitur berikutnya yang ada di framework Yii adalah Object Relational Mapping atau ORM yang akan mengurusi segala pengelolaan sebuah database. Dengan ORM maka pekerjaan seorang developer akan terbantu karena tidak akan lagi menulis query SQL yang rumit, cukup hanya dengan memanggil fungsi-fungsi tertentu di dalam library Yii.
  3. Widget : Yang selanjutnya fitur yang ada di Yii framework adalah fitur widget. Widget merupakan konsep Yii yang telah menyediakan komponen-komponen user interface yang siap pakai, misalnya data grid, autocomplete, tree view dan lain-lain. Sebagian widget-widget ini ada yang terintegrasi dengan library Jquery sehingga memungkinkan untuk mekanisme AJAX.
  4. Extension : Framework Yii memiliki banyak extensions. Extension merupakan kontribusi dari pengguna-pengguna Yii dengan membuat widget, library ataupun component yang bisa dipakai dan belum ada di Yii secara built-in.
  5. Thema : Dengan framework yii kita dapat merubah tampilan dengan mudah karena Yii famework menggunakan konsep skinning jadi kita bisa mengcostumize tampilan komponen user interface pada aplikasi menggunakan CSS. Sedangkan dengan konsep theming kita bisa merubah seluruh tampilan aplikasi sesuai dengan yang kita inginkan.
  6. Security : Jika kalian menginginkan sebuah web yang aman dari berbagai cookie atau yang lainnya tenang, karna framework yii mempunyai security yang dapat mencegah serangan-serangan seperiti SQL Injection, XSS, CSRF, Cookie Tampering dll.
  7. Web service : Fitur yang selanjutnya dari Yii framework adalah fasilitas Web service, dengan fitur Web Service kita dapat menggenerate spesifikasi WSDL service secara otomatis.
  8. Translate : Pemakai Yii framework pasti terdapat di berbagai daerah, dan karna itulah Yii menyediakan fitur translate (penterjemah) untuk pesan, tanggal dan format waktu sesuai zona waktu dan daerah si pemakai.
  9. Caching : Fitur yang selanjutnya dari Yii framework adalah fitur caching. Dengan fitur caching akan membuat aplikasi yang dibangun menggunakan Yii berjalan ringan ketika diakses.
  10. Autentikasi error : Untuk kodingan yang sering eror tenang saja karna,Yii menyediakan pesan error dan logging yang bisa memilih untuk menampilkan langsung ataupun disimpan ke suatu file di server. Dengan begitu jika kodingan kita ada yang eror yi akan langsung memberikan pesan eror kepada kita.
  11. Pihak ke tiga : Yii framework di desain sedemikian rupa sehingga kita bisa memasang library external dari pihak ketiga untuk di sematkan dalam aplikasi,dan kita bisa memasang teknologi bootstap untuk teknologi tampilan yii.

Related Post :

popup image