Mengenal Lebih Lengkap Web Browser

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Dalam mengakses website atau situs yang ingin dikunjungi, kita membutuhkan suatu aplikasi untuk mengakses halaman tersebut, oleh karena itu kita membutuhkan web browser sebagai salah satu aplikasi untuk mempermudah kita mengakses website.

Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya, https://idcloudhost.com ke dalam browser. Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web.

Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

 

Rincian Web browser
Memahami pengertian web browser harus juga memahami tentang rinciannya. Kita semua tahu apa itu web browser seperti yang terlihat, tapi ada baiknya untuk mengetahui rincian lengkap dari berbagai bagian browser web.

Bagian-bagian dari browser termasuk:

  1. Status Bar. Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browser Anda. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang Anda lakukan pada saat itu. Sebagian besar untuk menunjukkan kecepatan beban dan URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.
  2. Address Bar. Ini adalah kotak di bagian atas jendela browser Anda yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
  3. Title Bar. Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser Anda. Anda akan melihat judul halaman web di sana, misalnya, Anda akan melihat “Anne Ahira untuk Indonesia” ketika Anda membuka situs anneahira.com.
  4. Toolbar Ikon. Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Anda, di bawah Title Bar. Di sinilah Anda akan melihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.
  5. Display Window. Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Anda. Ini berupa frame di mana Anda melihat halaman website.
  6. Scroll Bar. Jika ketika Anda membuka situs web dan Anda harus “scroll ke bawah” untuk membaca sesuatu, maka Anda telah menggunakan scroll bar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Related Post :