Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran di Kampus/Sekolah

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

Pendidikan Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 62 dunia yang mana hal tersebut sesuai dengan yang dilaporkan oleh PISA (Programme for International Student Assesment). Peringkat tersebut berada pada 3 bidang yakni membaca, matematika serta sains. Maka kini Indonesia gencar memajukan dengan mengambil manfaat internet untuk kegiatan pembelajarannya. Muhadjir Effendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia turut menuturkan dalam sambutannya di Hari Pendidikan bahwa pendidikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini semakin membaik.

Adapun peningkatan pelayanan pendidikan di Indonesia, dilakukan secara besar-besaran, khususnya di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Perkembangan teknologi yang terjadi dengan cepat dan semakin canggih memberikan banyak pengaruh dan dampak dalam cara berpikir, bertindak (berperilaku) serta karakter siswa. Terlebih dalam revolusi industry 4.0 saat ini yang difokuskan pemerintah bergeser dari infrasttruktur ke pembangunan SDM. Tuntutan perkembangan zaman yang terjadi dengan sangat cepat seperti yang disebutkan di atas, mengharuskan semua elemen pendidikan harus mampu beradaptasi dengan hal ini.

Tidak hanya siswanya saja, melainkan para pendidiknya serta wali dari para siswa tersebut. Guru harus mampu menglangsungkan pembelajaran yang semakin efektif, siswa harus bisa belajar dengan mudah, dan orang tua harus memberikan pengawasan yang ketat mengingat usia siswa yang masih rentan akan pengalur dari luar termasuk dari teknologi internet. Maka dengan hal tersebut, semua harus paham mengenai manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran baik di kampus maupun sekolah.

 

Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan

Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran di Kampus/Sekolah
 

 

Internet sangat berperan penting dalam perkembangan dunia pendidikan. Peranan internet di antaranya sebagai sumber informasi dan data, serta sebagai sarana untuk bertukar data dan informasi yang  tidaklah dibatas oleh ruang dan waktu. Bukti nyata dari penggunaan ini adalah manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran.

Adapun manfaat internet dalam dunia pendidikan bagi guru antara lain :

 

  • Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
  • Sebagai sarana bertukar sumber dan informasi dengan teman seprofesi.
  • Sebagai saranan untuk bekerja sama dengan para pendidik di luar negeri.
  • Sebagai sarana untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pendidikan, seperi forum, seminar, workshop dan lainnya.
  • Sebagai sumber dan bahan ajar.
    Sedangkan manfaat internet dalam dunia pendidikan bagi siswa (peserta didik) antara lain :
    1) Sebagai sumber wawasan dan pengetahuan
    2) Sebagai saranan untuk meningkatkan hubungan/ komunikasi dengan teman siswa yang lainnya.
    3) Sebagai media praktik dari teori yang telah didapatkan dari pembelajaran yang telah diikuti.

 

Manfaat lainnya yakni memberikan kemudahan untuk mencari informasi mengenai lembaga pendidikan yang zaman dahulu lembaga pendidikan dalam mempromosikan sekolah maupun universitas mereka menggunakan cara yang konvensional yakni dengan menyebarkan brosur. Namun, kini mengenai promosi bisa menggunakan internet melalui web yang jauh lebih praktis.

 

Baca Juga :      Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Kebutuhan Usaha, Kantor, dan Sekolah

 

Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran

Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran di Kampus/Sekolah
 

Kehadiran teknologi internet tidak dapat dipungkiri bahwa membawa banyak perubahan dalam semua aspek kehidupan masyarakat di seluruh penjuru dunia. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan memang dengan penggunaan teknologi ini. Salah satunya dalam dunia pendidikan, ada manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari penggunaan internet untuk kegiatan pembelajaran di sekolah dan juga di kampus adalah sebagai berikut ini :

 

  • Memungkinkan interaksi pembelajaran time and place flexibility (pembelajaran dari mana dan kapan saja) terjadi

    Manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran yang mana sumber belajar bisa secara mudah diakses oleh masing-masing guru dan siswa adalah bisa untuk melakukan interaksi kapan pun dan dimana pun. Dengan begitu para siswa tidak akan terikat tempat dan waktu penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Kemudahan ini menjadikan siswa dalam menyerahkan tugas-tugasnya kepada guru tanpa harus membuat janji terlebih dahulu.

  • Meningkatkan kualitas interaksi belajar-mengajar

    Ketika suatu pembelajaran dirancang dengan cermat dan tepat, maka manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran yang bisa didapatkan adalah kadar (kualitas) interaksi belajar-mengajar akan semakin meningkat. Interaksi pembelajaran yang dimaksud di atas antara lain : antar peserta didik, antara pendidik dengan peserta didik, dan antara peserta didik dengan bahan belajar (enhance interactivity).
     

    Baca Juga :    Cara Mendapatkan Kuota Internet GRATIS dari Kemendikbud Ri (Kuota Belajar Kemendikbud)

  • Potential to reach a global audience (dapat menjangkau siswa dalam cakupan global / sangat luas)

    Manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran yang waktu dan tempatnya menjadi fleksibel, jumlah siswa (peserta didik) yang bisa dijangkau akan semakin luas dan banyak. Memang ruang dan waktu sama sekali tidak menjadi hambatan dalam penggunaan internet berikut. Peluang untuk belajar benar-benar terbuka secara lebar untuk siapapun yang memerlukannya. Jadi, siapa pu, di mana pun, dan kapan pun, seseorang akan merasa mudah melangsungkan kegiatan belajar.

  • Easy updating of content as well as archivable capabilities (memberikan kemudahan dalam menyempurnakan dan menyimpan materi pembelajaran)

    Adanya internet dan fasilitas yang ada di dalamnya memberikan bantuan akan kemudahan yang didapatkan dalam pengembangan bahan belajar. Inilah salah satu manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran di kampus / sekolah. Termasuk juga bahan belajar akan termutakhirkan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Kegiatan penyempurnaan bahan belajar sebagai mana yang disebutkan diatas bisa dilakukan secara mudah dan periodik. Adapun penyempurnaan mengenai metode pembelajaran pun juga bisa dilakukan didasarkan pada umpan balik para siswa maupun pada hasil penilaian dari pihak berwenang.

  • Sebagai jawaban atas kekurangan proses pembelajaran jenis konvensional

    Manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran yang terakhir ini adalah memberikan solusi atas permasalahan yang selama ini dihadapi oleh pembelajaran konvensional. Dalam pembelajaran konvensional, siswa cenderung sebagai penerima (pasif) sehingga dengan hadirnya internet menjadikan lebih efektif. Internet telah diyakini sebagai pendorong yang revolusioner di dalam globalnya arus informasi. Jika digunakan sebaik mungkin maka kegiatan pembelajaran yang efektif akan tercipta dan hasil pembelajaran akan tercapai secara maksimal.

 

Baca Juga :      Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Kerja di Perusahaan/Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah sebagian manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran baik di kampus maupun di sekolah. Semakin canggihnya teknologi informasi harusnya diimbangi dengan perkembangan di setiap bidang khususnya pendidikan, sehingga tidaklah sia-sia teknologi yang banyak memberikan kemudahan seperti yang saat ini dirasakan oleh setiap orang. Internet yang telah hadir di seluruh dunia mampu  membuat para penggunanya dapat berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain dari suatu negara dengan negara lain.

Banyak pula orang yang sangat terbantukan dengan hadirnya internet yang memberikan berbagai kemudahan, tidak dipungkiri juga sebagian orang ada ynag menolak kehadiran teknologi ini. Kehidupan dunia semakin modern seiring banyaknya muncul  perkembangan serta inovasi  teknologi dan informasi. Dengan begitu kehadiran internet tidak lagi bisa ditolak, baik mau ataupun tidak mau, suka atau tidak, internet menjadi bagian penting di semua aspek kehidupan manusia. Sebagai mana seperti dijelaskan di atas sangat bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran.

Terlebih seperti yang terjadi saat ini, di tengah maraknya wabah virus Covid-19, internet menjadi satu-satunya sarana yang memudahkan terselenggarakannya pembelajaran. Tidak diperbolehkan bergerombol dan harus saling menjaga jarak, kini diatasi dengan manfaat internet untuk kegiatan pembelajaran melalui daring (jarak jauh). Sangat bermanfaat bukan? Internet memberikan banyak sisi positif di samping sisi negatif yang selalu dihindari terutama oleh peserta didik.

Related Post :