Mengenal Market Share, Tujuan dan Jenis -Jenisnya

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Bagi Anda yang telah lama berkecimpung di dalam bisnis atau telah lama bekerja pada perusahaan skala besar pasti telah mengenal istilah market share atau pangsa pasar. Para pebisnis pasti sudah mengerti, memahami dan menjalankan istilah dasar ini karena market share sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha, tetapi tidak sedikit juga yang belum mengerti mengenai pangsa pasar ini.

Pada dasarnya market share adalah persentase pasar atau konsumen yang di data oleh perusahaan dari pasar spesifik dalam suatu industri. Para pemasar harus dapat menerjemahkan dan memasukkan target penjualan ke dalam market share ini yang akan digunakan untuk menunjukkan apakah perkiraan akan dicapai dengan tumbuh bersama pasar atau dengan merebut pangsa pasar dari pesaing yang ada.

Pangsa pasar ini merupakan bagian dari pasar yang dapat dikendalikan oleh perusahaan begitu juga potensi yang tersedia. Market shade ini juga mencerminkan kelompok konsumennya berdasarkan tingkay penghasilan, gender, usia, status social dan juga pendidikannya. Dari sinilah penarikan dan pembacaan informasi pangsa pasar akan diketahui.

 

Tujuan Market Share

 

Seringnya market share dikatakan dan dijadikan sebagai sebuah indicator utama daya saing pasar yang mencatat seberapa baik dan berkembangnya kinerja suatu perusahaan terhadap pesaing mereka. Metrik ini juga dilengkapi dengan pengukuran perubahan dalam pendapatan penjualan, membantu para manager untuk mengevaluasi permintaan primer dan selektif pada pasar mereka.

Dengan cara ini memungkinkan mereka untuk menilai banyak hal termasuk pertumbuhan dan penurunan pasar, trend pasar, pelanggan yang membeli maupun pesaing dibidang bisnis yang sama. Secara umum sebuah pertumbuhan penjualan yang didapat dari permintaan primer (total pertumbuhan pasar seluruhnya) akan lebih murah dan juga menguntungkan daripada pasar yang didapat dari mengambil bagian para pesaing yang sama.

Sementara kerugian yang diderita market share tentu menjadi indikasi permasalahan serius berjangka panjang yang memerlukan, menutut atau merombak strategi yang pernah digunakan. Usaha yang mempunyai market share yang berada di bawah tingkat rata- rata mungkin tidak akan berjalan lama. Hasil produk perusahaan dan tren market share masing- masing produk juga termasuk menjadi indicator awal adanya kemungkinan peluang atau masalah di kemudian hari.

Penelitian juga menunjukkan bawah market share adalah berupa asset yang diperlukan dan diinginkan oleh perusahaan- perusahaan yang tengah bersaing. Meskipun begitu para ahli mengatakan tidak menjadikan market share sebagai kriteria atau tujuan yang menjadi dasar kebijakan ekonomi.

Penggunaan market share diatas yang dijadikan dasar untuk mengukur kinerja perusahaan yang bersaing telah membantu memupuk system di mana perusahaan membuat dan memutuskan keupuran yang terkait dengan operasi mereka berdasarkan pertimbangan yang cermat mengenai dampak dari setiap keputusan terhadap market share pesaing mereka.

Sebuah riset yang umumnya penelitian desk atau sekunder tetap akan menjadi penentu walau terkdangan seseorang dapat menggunakan penelitian utama untuk memperikirakan total ukuran pasar serta pangsa pasar perusahaan.

 

Jenis-Jenis Market Share

 

Market share mempunyai dua jenis pangsa dan cirinya tersendiri sebagai berikut :

 

  1. Primary market atau pasar utama

    Perusahaan atau pemerintah mengumpulkan uang dengan menerbitkan saham di pasar primer melalui proses IPO. Masalah atau issue dapat ditempatkan melalui penempatan umum atau pribadi. Issue yang bersifat umum berlaku ketika penjatan saham dilakukan untuk lebih dari 200 orang, sedangkan issue yang bersifat pribadi ketika penjatahan dibuat untuk kurang dari 200 orang.
     
    Harga suatu saham dapat didasarkan pada harga tetap atau issue pembangunan buku, harga tetap ditentukan oleh penerbit dan disebutkan di dalam dokumen penawaran, book building adalah tempat harga suatu masalah ditemukan berdasarkan permintaan dari para investor.

  2. Secondary market atau pasar sekunder

    Saham yang dibeli di pasar primer dapat dijual kembali di pasar sekunder. Pasar sekunder beroperasi melalui over the counterd (OTC) dan pasar pertukaran valuta asing. Pasar OTC adalah pasar informal di mana dua pihak menyepakati suatu tranksaksi tertentu yang akan diselesaikan di masa depan. Pasar yang diperdagangkan di bursa sangat diatur, yang disebut juga sebagai pasar lelang dimana semua tranksaksi terjadi melalui bursa.

 

Memahami kelebihan dan kekurangan Market Share

 

Ketahui informasi yang terkait dengan suatu bisnis yang diberika pangsa pasar. Pangsa pasar bukanlah hasil keseluruhan yang menyampaikan atau mewakili semua yang Anda perlu dan ketahui. Sebaliknya, market share adalah alat untuk mengawali analisis dalam merancang strategi maka dari itu perusahaan harus mengatahui kelebihan dan kekurangan market share sebagai sebuah indicator nilai.

Pangsa pasar adalah alat yang bagus untuk menjadi pembanding dua perusahaan atau lebih yang saling bersaing di pasar yang sama, juga dapat menam[ilka tingkat persaingan total semua perusahaan- perusahaan yang berada di dalam suatu industry.

Akibatnya pangsa pasar mampu mengindikasikan pertumbuhan suatu perusahaan, jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan pangsa pasar untuk beberapa kuartal secara bertuur, dapat disimpulkan perusahaan tersebut telah lebih kurang mengetahui cara membuat dan memasarkan produk yang diminita pasarnya, cara ini juga berlaku untuk kebalikannya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal dan Tips Menambang Mining Bitcoin

 

Keterbatasan pangsa pasar sebagai indicator

 

Disamping mempunyai kelebihan, pangsa pasar juga memilik kekurangan dan keterbatasan sebagai alat yang membantu mengembangkan persepsi awal terhadap sebuah perusahaan. Nilai market share tidak berarti jika ia hanya berdiri sendiri.

Pendapatan dari jumlah total sebagai factor tunggal penentu pangsa pasar bisa memberikan sedikit informasi terkait pemasukan profit perusahaan. jika sebuah perusahan mencakup sebagian besar pangsa pasar tetapi laba yang didapat hanya sedikit (setelah dikurangi beban) dibandingkan dengan perusahaan lain di industry yang sama, maka pangsa pasar menjadi indicator yang kurang substansial terhadap keberhasilan perusahaan saat ini dan kemungkinn untuk seterusnya.

Pangsa pasar juga dapat lebih banyak memberikan informasi mengenai pasar dibandingkan oleh perusahaan sendiri karena beberapa pasar telah didominasi dengan konsisten oleh satu atau kelompok yang membuat perubahan yang terjadi beberapa tahun tidak banyak berubah atau berkembang.

Kuatnya monopoli nyaris mustahil untuk ditentang oleh perusahan kecil lainnya sehingga analisis pangsa pasar hanya akan menguatkan faktas tersebut meski perusahan kecil masih mampu meraih peluang sukses dengan profit yang diinginkan.

 

Cara pangsa pasar untuk membentuk strategi investasi

 

Dari informasi pangsa pasar yang mampu menampilkan sejauh mana perusahaan tertinggal atau memimpin di pasarnya. Informasi ini akan dapat mempengaruhi keputusan investasi sang perusahaan.

Perusahaan juga sebaiknya tidak berinventasi pada perusahaan yang menglamai pertumbungan pasar rendah dalam beberapa tahun terakhirnya. Perusahaan juga dapat memantau perusahaan yang memiliki pertumbuhan pasar yang membuat nilai perusahaan ini akan terus naik kecuali cara pengelolaan dan profitabilitasnya buruk. Semua data ini bisa dilihat dengan analisa laporang keuangan yang ada.

Baca Juga : Panduan Fintech, Definisi, Manfaat Serta Jenisnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk mengetahui juga menetapkan ukuran pasar berserta market share tetntu memerlukan riset pasar yang mendalam dan terperinci. Oleh karena ini perusahaan harus mampu mendefinisi dan mengartikan pasar yang hendal dibidik sehingga dapat melihat celah dan potensi pasar tersebut. Setelah mengetahui ukuran pasar dan segmen pasar yang hendak dibidik, perusahaan juga harus mempelajari dan membaca siapa saja pesaiang di pasar yang sama juga seberapa jauh mereka telah mengusai pasar.

Perusahaan yang matang dengan perencanaan strategi harus juga mengembangkan straregi bauran pemasaran dengan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi yang dibuat akan mencapai dan tepat pada sasarannya. Apabila perusahaan berada di suatu industry yang termasuk mempunyai yang luas, maka perusahaan tersebut harus memilih dan focus pada satu atau dua produk yang spesifik.

Juga memagami pengertian pangsa pasar atau market share merupakan hal dasar dan penting untuk tetap melaju serta eksis di dalam pasar. Dengan mengetahui pangsa pasar yang ingin dibidik maka suatu perusahaan dapat menemukan juga memahamai kekuatan serta kelemahannya agar dapat mengantipasi pasar yang lebih besar lagi.

Related Post :

popup image