Mengenal Meta Description dan Cara Mengoptimalkanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 2 | | 0

Saat Anda mencari sesuatu di mesin pencari, Anda pasti melihat terlebih dahulu cuplikan yang ada di halaman bawah judul dari artikel yang Anda cari. Jika Anda merasa bahwa cuplikan tersebut adalah hal yang Anda cari, pasti Anda akan langsung mengunjungi website tersebut. Sadar atau tidak, biasanya artikel yang Anda cari selalu menempati urutan kedua atau ketiga pada mesin pencari atau Google.

Cuplikan singkat yang berada di bawah judul artikel disebut meta description. Sederhananya, meta description membantu Anda untuk memilah mana yang ingin Anda baca atau tidak. Biasanya meta description bisa memuat informasi yang ringkas dan jelas sehingga memudahkan pembaca untuk mencari artikel yang relevan dengan pencariannya. Bayangkan jika sebuah artikel tidak memiliki meta description? Pasti sulit bagi pembaca menemukan artikel tersebut karena informasi yang disajikan belum jelas apakah konten tersebut relevan atau tidak.

Meta descriptions juga membantu para pakar SEO (Search Engine Optimization) atau penulis dalam menentukan target pembaca supaya mendatangkan banyak trafik ke website. Saat Anda selaku penulis atau SEO specialist menuliskan sebuah artikel mengingatkan tulisan Anda bisa dibaca oleh banyak orang, meta description adalah hal yang penting untuk meningkatkan trafik website Anda, bahkan bisa menjadikan artikel Anda masuk ke dalam top SERP (Search Engine Results Page). Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara SEO yang baik untuk mengoptimalkan meta description? Simak artikel berikut ini sampai tuntas.

 

Memahami Apa Itu Meta Description

Meta description adalah sebuah Tag HTML yang berisi cuplikan rangkuman dari sebuah isi konten artikel yang berisi 120 – 156 karakter. Sebuah meta description adalah tag HTML yang muncul dalam struktur web dengan contoh sebagai berikut. Dalam mesin pencari Google akan tampak seperti ini :

 

Memahami Apa Itu Meta Description Meta description adalah sebuah Tag HTML yang berisi cuplikan rangkuman dari sebuah isi konten artikel yang berisi 120 - 156 karakter. Sebuah meta description adalah tag HTML yang muncul dalam struktur web dengan contoh sebagai berikut. Dalam mesin pencari Google akan tampak seperti ini :
 

Sementara dalam struktur tag kode HTML dalam page akan terlihat seperti ini :

< meta name=”description” content= “Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik. Development & Security Web &..” /

 

Untuk lebih relevan, meta description bisa Anda atur penulisnya sesuai dengan keinginan Anda untuk mengundang banyak pembaca masuk ke dalam halaman. Sebenarnya meta description tidak digunakan dalam menentukan algoritma mesin pencari (Google), tetapi Google menggunakan Rasio Klik Tayang (RKT) atau Click Through Rate (CTR) dalam menentukan apakah topik atau artikel yang sedang dicari itu relevan atau tidak.

Jika Anda membuat artikel dengan jumlah klik pencarian yang banyak, Google akan menilai bahwa artikel atau konten yang Anda buat itu relevan dan semakin banyak orang yang mengklik hasil pencarian tersebut, ini membuat halaman Anda bisa menjadi yang teratas pada SERP (Search Engine Results Page).

 

Baca Juga :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Manfaat Meta Description untuk SEO

Tidak hanya menampilkan pencarian yang relevan, meta description sangat penting untuk SEO on page, ini akan meningkatkan trafik klik tayang yang baik dari mesin pencari. Berikut ini beberapa manfaat dari meta description bagi website Anda:

  • Membantu meningkatkan Pengunjung Website

    Setiap orang pasti tidak ingin membuang-buang waktu untuk mencari sesuatu yang tidak relevan, ini saatnya meta description bisa membantu Anda sebagai penulis untuk mengarahkan pembaca Anda pada konten yang relevan dengan tulisan Anda. Misalnya, ketika pengunjung ingin mencari baju gamis murah, tentu yang pertama dicari adalah keterangan harga atau diskon yang ditawarkan. Deskripsi atau meta description ini bisa membantu para pencari baju gamis murah akan otomatis mengkliknya.

  • Mengetahui Relevansi Konten

    Kata kunci atau keywords yang ada dalam konten saja tidak cukup untuk membuat halaman Anda menjadi nomor satu pada mesin pencari. Meta description bisa membantu pembaca menemukan artikel Anda dengan meningkatkan pencarian lebih akurat dan relevan. Contohnya ketika Anda mengetikkan “Cara membuat NPWP”, ada beberapa keywords pada meta description yang dicetak tebal (bold), kata-kata yang muncul adalah keywords yang ingin dicari oleh para pengunjung website Anda.

  • Ajang Promosi di Sosial Media

    Terkadang membiarkan tulisan Anda mendapatkan pembaca secara organik sangatlah sulit, salah satu cara untuk mempromosikannya adalah dengan membagikan tulisan Anda di sosial media. Meta description tidak hanya muncul pada halaman mesin pencari, tetapi ketika Anda membagikan link website Anda, meta description akan muncul secara otomatis, dan ini akan memudahkan calon pengunjung Anda untuk tertarik mengklik website tersebut.

 

Baca Juga  :     Mengetahui Fungsi dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description

 

Cara Mengoptimalkan Meta Description untuk SEO

Mengenal Meta Description dan Cara Mengoptimalkanya
 

Setelah Anda mengetahui definisi meta description, fungsi meta description, sekarang sampai pada pembahasan pokok yaitu bagaimana cara mengoptimalkan meta description untuk SEO. Kemudian bagaimana cara memulainya? Apa yang harus Anda lakukan? Berikut cara mengoptimalkan meta description untuk SEO on page:

  • To The Point

    Perlu diperhatikan bahwa tampilan meta description yang Anda buat, belum tentu ditampilkan secara keseluruhan. Terkadang mesin pencari seperti Google memutuskan untuk menampilkan deskripsi meta dan terkadang hanya mengambil beberapa kalimat dari tulisan Anda. Maka dari itu, jangan sampai Anda membuat meta description melebihi 160 karakter, sehingga Google dapat menampilkan keseluruhan dari meta description yang sudah Anda buat tanpa memangkasnya.

  • Gunakan Kalimat yang Jelas

    Jelaskan dengan kalimat aktif, Anda bisa mencoba formula S-P-O-K (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan) saat menulis meta description. Ketika Anda membuat tulisan dengan kalimat pasif, bisa saja para pembaca Anda akan kebingungan. Buat sejelas mungkin dan jangan bertele-tele agar calon pengunjung website langsung tertarik untuk membaca apa yang Anda tulis.

  • Keywords yang Sesuai

    Jika meta description yang Anda buat sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh calon pengunjung website, Google akan cenderung menampilkan keywords tersebut ke tampilan utamanya. Bahkan Google juga menyoroti sinonim dari keywords yang digunakan dalam pencarian. Pilih keywords dengan tepat, hindari keywords suffing yaitu menambahkan keywords yang terlalu banyak.

  • Relevan dengan Isi Konten

    Jika Anda terlalu fokus dengan membuat meta description yang bagus tanpa mempertimbangkan kecocokan atau kesesuaian dari konten yang Anda buat, ini akan mengelabui para pembaca Anda. Saat itu juga menyebabkan kenaikan nilai Bounce Rate atau metrik yang mengukur persentase orang yang membuka situs web Anda dan sama sekali tidak melakukan apa pun di halaman yang mereka masukkan, ini akan membuat peringkat halaman Anda dalam mesin pencari turun drastis.

  • Buat Meta Description yang Unik

    Jika Anda menduplikat meta description dari page lain, ini akan membuat halaman Anda tidak akan terdeteksi sebagai halaman yang original. Anda harus bisa menemukan meta description yang unik dan berbeda dari meta description yang banyak digunakan atau biarkan meta description Anda kosong, dengan begitu Google akan mendeteksinya dari keywords yang ada di dalam halaman Anda.

 

Baca Juga  :     Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Kesimpulan dan Penutup

Sederhananya, meta description adalah sebuah tag HTML yang berisi cuplikan rangkuman dari sebuah isi konten artikel yang berisi 120 – 156 karakter dimana penulisan ii harus singkat tetapi efektif. Meta description bisa Anda atur penulisnya sesuai dengan keinginan Anda untuk mengundang banyak pembaca masuk ke dalam halaman.

Meta description sangat penting untuk SEO on page, dengan meta description yang baik, ini akan meningkatkan trafik klik tayang (CTA) yang baik dari mesin pencari. Cara mengoptimalkan meta description adalah dengan membuatnya to the point, gunakan keywords yang sesuai, pastikan konten relevan dengan meta description, dan buat meta description yang unik yang akan menggambarkan konten Anda secara cepat.

 

Related Post :