Mengenal Metode Marketing yang Lebih Efektif, SEO vs PPC Advertising

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Google memproses lebih dari 3,5 miliar penelusuran setiap hari, dan 40.000 per detik. Disini, Anda perlu mengetahui cara agar membuat brand Anda diperhatikan, peringkat situs web Anda di atas pesaing, apakah menggunakan metode SEO atau PPC, dimana ini adalah dua metode pemasaran mesin pencari terbaik untuk menghasilkan penjualan dan meningkatkan lalu lintas. Optimisasi mesin pencari (SEO) dan iklan bayar per klik (PPC) harus menjadi salah satu strategi dalam pemasaran yang saat ini penting Anda kembangkan. Bahkan Anda juga dapat menjalankan dua strategi ini secara bersamaan.

Disisi lain, bukan rahasia lagi bahwa memiliki online presence yang kuat sangat penting dalam hal kesuksesan perusahaan Anda. Tapi, Anda perlu mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda jika Anda ingin menuai keuntungan. Di sinilah tepatnya kampanye pemasaran SEO dan PPC ikut bermain. Secara umum, Anda dapat memilih antara menggunakan iklan SEO dan PPC untuk strategi pemasaran Internet Anda. Namun, opsi mana yang terbaik untuk Anda tidak akan menjadi keputusan yang mudah. Artikel ini akan membantu menjelaskan secara singkat definisi dari masing-masin strategi diatas.

 

Baca Juga :  Tips Membuat Strategi Pemasaran Dengan Menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Advertising

 

Mengenal Apa Itu SEO dan PPC

Mengenal Metode Marketing yang Lebih Efektif, SEO vs PPC Advertising
 

Singkatnya, baik Search Engine Optimization (SEO) dan Pay Per Click (PPC) adalah kampanye pemasaran online. Namun, untuk membuat keputusan terbaik untuk bisnis Anda, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang kedua strategi tersebut. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dimana ni adalah proses melakukan berbagai macam tugas yang meningkatkan kemungkinan situs web Anda akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian Google. Salah satu teknik yang paling umum adalah mengintegrasikan kata kunci ke dalam konten yang dicari audiens Anda. Ini akan membantu peluang Anda untuk mencapai bagian atas halaman pertama Google. Plus, ini juga akan memastikan bahwa Anda dapat memberikan konten yang relevan kepada audiens Anda.

Istilah PPC adalah singkatan dari Pay-Per-Click. Ini mengacu pada model pemasaran di mana pengiklan membayar biaya yang telah ditentukan setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan. Ketika digunakan dengan tepat, ini bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs Anda. Misalnya, menargetkan demografi yang tepat akan meningkatkan aktivitas harian situs Anda. Iklan berbayar biasanya akan muncul di bagian atas halaman mesin pencari. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik perhatian pengguna dengan cepat.

  • Periklanan SEO

    Memprioritaskan nilai SEO situs Anda dapat secara drastis meningkatkan jumlah lalu lintas organik yang Anda tuju ke situs bisnis Anda. Meskipun meningkatkan metrik ini mungkin tampak sulit pada awalnya, itu tidak sesulit setelah dipecah menjadi faktor-faktor kunci. Bahkan, dalam banyak kasus, ini adalah proses yang relatif mudah. Aspek penting dari strategi SEO meliputi penelitian audiens target Anda secara menyeluruh untuk memastikan Anda memasukkan informasi yang relevan, kemudian mengurangi waktu pemuatan sebanyak mungkin, lalu memformat situs web Anda dengan benar untuk perangkat seluler, selanjutnya mengintegrasikan kata kunci di area di luar konten Anda seperti judul, deskripsi meta, dll.
    Poin kedua sangat penting, karena situs yang memuat dengan lambat dapat dengan mudah menyebabkan pengguna menavigasi keluar darinya. Poin ketiga adalah aspek SEO yang sangat berharga, tetapi sering diabaikan. Situs web harus diformat dengan benar agar mudah digunakan di semua jenis perangkat, termasuk ponsel dan tablet. Antarmuka pengguna seluler adalah dasar untuk pemasaran seluler. Seiring waktu, Anda akan mulai membangun fondasi konten pada hasil pencarian Google. Ini akan secara drastis meningkatkan brand awareness Anda dan volume pengguna dari target demografis Anda. Meningkatkan kedua aspek ini, secara inheren mengarah pada bisnis yang lebih banyak dan keuntungan yang lebih besar.
    Setelah Anda mencapai titik ini, kemungkinan besar tingkat lalu lintas organik Anda akan meningkat secara eksponensial daripada sebelumnya. Jika peringkat Anda tinggi di halaman pertama Google untuk beberapa kata kunci, biasanya Anda akan memiliki lebih banyak pengunjung per hari. Selain itu, tidak ada biaya langsung yang terkait dengan SEO seperti halnya dengan strategi PPC. Bisnis dengan anggaran pemasaran terbatas bisa mendapatkan keuntungan besar dari mengintegrasikan strategi SEO.

  • Periklanan PPC

    Bagi orang-orang yang membutuhkan hasil cepat, iklan PPC adalah pilihan yang layak. Jenis iklan ini memungkinkan Anda mengarahkan lalu lintas dalam jumlah besar ke situs web bisnis Anda dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat. Ada biaya yang terkait dengan metode ini yang akan Anda keluarkan setiap kali seseorang mengklik salah satu iklan Anda. Tapi, setiap klik berarti seseorang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini berarti bahwa strategi PPC dapat dengan mudah memiliki Return of Investment (ROI) yang signifikan dalam situasi yang tepat. Saat Anda mulai menyempurnakan audiens target Anda, tidak jarang laba atas investasi Anda mencapai 200%, 300%, atau bahkan lebih tinggi.
    Adapun manfaat lain dari iklan PPC meliputi analisis mendalam untuk membantu Anda mengoptimalkan kampanye, meningkatkan brand awareness, dan mengendalikan setiap rupiah yang Anda belanjakan. Sederhananya, menghabiskan sedikit uang tunai dapat membantu Anda menghasilkan sejumlah besar pendapatan jika metode ini ditangani dengan benar. Iklan berbayar adalah pilihan bagus untuk bisnis baru yang mencoba masuk ke industri masing-masing.

 

Baca Juga :  PPC (Pay-Per-Click) Advertising : Cara Kerja dan Tips Menjalankan Kampanyenya

 

SEO vs PPC Advertising

Mengenal Metode Marketing yang Lebih Efektif, SEO vs PPC Advertising
 

Ketika Anda mempertanyakan mana yang lebih baik diantara SEO dan PPC, Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat bergantung pada durasi strategi pemasaran Anda. Secara umum, Anda akan menemukan bahwa SEO adalah yang terbaik untuk tujuan jangka panjang sementara iklan PPC ideal untuk tujuan yang harus Anda penuhi dalam waktu dekat. Lebih khusus lagi, SEO sangat bagus untuk perusahaan yang ingin berupaya membangun kehadiran jangka panjang untuk brand mereka secara online. Semakin banyak konten yang dapat Anda bantu untuk mencapai posisi teratas di hasil pencarian Google, semakin baik kinerja situs Anda dari waktu ke waktu.

Namun, tidak setiap brand memiliki waktu untuk menunggu taktik SEO diterapkan. Dalam banyak kasus, mereka membutuhkan hasil dalam waktu satu bulan atau bahkan lebih cepat dari itu. Dalam hal ini, iklan PPC mungkin merupakan solusi ideal. Setelah diluncurkan, iklan PPC dapat memberikan hasil yang agak cepat. Adapun pro dan kontra di antara dua jenis strategi pemasaran ini adalah sebagai berikut :

  • Kelebihan SEO

    Return of Investment (ROI) eksponensial
    Lebih banyak lalu lintas organik diarahkan ke situs Anda
    Tingkat kredibilitas dan kepercayaan yang lebih tinggi
    Brand awareness yang berkelanjutan

  • Kekurangan SEO

    Membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil
    Lebih mahal di muka
    Pemeliharaan situs web yang sedang berlangsung
    Membutuhkan keterampilan dan keahlian tingkat tinggi

  • Kelebihan PPC

    Hasil cepat
    Mudah untuk melacak kemajuan
    Meningkatkan brand awareness
    Kontrol total atas anggaran

  • Kekurangan PPC

    Biaya dapat bertambah dengan cepat
    Kebutaan iklan
    Return of Investment (ROI) linier
    Peringkat kepercayaan yang lebih rendah dengan pengguna

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) dan Cara Kerjanya

Anda mungkin berada dalam situasi di mana Anda memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin Anda capai. Atau, Anda mungkin ingin seproduktif mungkin mengembangkan brand Anda sambil menunggu strategi SEO Anda berlaku. Menggunakan SEO dan PPC dapat memungkinkan Anda menuai manfaat dari kedua strategi dan mendapatkan hasil terbaik. Ini sangat efektif karena setiap strategi cenderung menutupi kelemahan yang lain. Misalnya, iklan PPC memungkinkan brand Anda muncul di depan banyak pengguna. Namun, mereka tidak akan membantu Anda menentukan peringkat untuk kata kunci profil tinggi seperti yang akan dilakukan SEO. Ingatlah bahwa Anda dapat menggunakan kedua strategi secara bersamaan. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda mencapai penghasilan yang tidak pernah Anda pikirkan mungkin jika keduanya berhasil.

 

Baca Juga :  6 Daftar Situs PPC terbaik di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk beberapa bisnis, SEO sendiri bekerja dengan baik jika diterapkan dengan cara yang benar. Bagi yang lain, PPC adalah satu-satunya cara untuk mengarahkan audiens ke situs web karena sifat industri yang kompetitif. Dalam kebanyakan kasus, pakar pemasaran digital merekomendasikan strategi gabungan antara SEO dan PPC untuk hasil terbaik. Jika Anda punya cukup waktu, Anda dapat menerapkan SEO. Jika Anda memiliki waktu terbatas, Anda dapat menerapkan kampanye PPC bersama dengan SEO untuk hasil langsung.

Memahami informasi di atas tentang SEO dan PPC adalah langkah pertama yang penting menuju kampanye pemasaran digital yang sukses. Ketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing strategi, dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membuat keputusan yang terbaik bagi Anda. Dan jangan lupa Anda selalu dapat memanfaatkan keduanya.

Related Post :