Mengenal Penerapan dan Penggunaan API (Application Programming Interfaces)

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Di zaman digitalisasi dan serba online ini, hidup kita juga tidak lepas dari dunia yang semakin berpusat pada API. API ada di mana pun dan Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi sebenarnya API atau Application Programming Interfaces selalu bersinggungan di keseharian Anda, aplikasi yang Anda gunakan adalah contoh yang paling umum dan sederhana.

API sendiri muncul pada hari-hari awal ilmu komputer sebagai perpustakaan untuk sistem operasi yang telah memungkinkan berbagi kode dan modifikasi. Meskipun kadang-kadang digunakan untuk mengirim pesan antar mainframe, fungsinya pada dasarnya adalah untuk mengirimkan data antar lingkungan lokal. Penggunaan antarmuka ini seperti yang kita kenal sekarang, berdasarkan protokol terbuka, baru-baru ini dan terbentuk hampir tiga dekade kemudian.

Faktanya adalah bahwa alat-alat ini telah melampaui lingkungan lokal dan menjadi sangat relevan dalam integrasi data jarak jauh. API menjadi gerbang informasi yang memungkinkan bagian belakang perangkat lunak dan layanan untuk berkomunikasi satu sama lain. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana pengalaman digital modern menjadi begitu saling berhubungan dan nyaman, jawabannya adalah API.

 

Cara Kerja API (Application Programming Interfaces)

Mengenal Penerapan dan Penggunaan API (Application Programming Interfaces)
 

Informasi dan data biasanya disimpan dalam database yang dihosting di server fisik. Sedangkan untuk dapat mengakses dan mengambil data itu, Anda perlu tahu cara berbicara dengan database itu untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Disinilah API mengambil peran penting dengan membantu dengan menerima permintaan dan merespons dengan data yang diperlukan untuk menyediakan beberapa fungsi atau layanan.

Selain mengekstrak data, API juga dapat digunakan secara internal, untuk memungkinkan tim yang berbeda berbagi sumber daya, atau secara eksternal untuk memungkinkan aplikasi pihak ketiga membangun dari teknologi inti Anda. singkatnya, Anda dapat menganggap API sebagai antarmuka pengguna.user interface (UI) yang dapat digunakan oleh aplikasi, database, dan perangkat untuk bertukar data secara terprogram satu sama lain.

Ini juga termasuk semudah mengakses URL untuk mengunjungi situs web yang akan mengirimkan permintaan ke server untuk semua data yang diperlukan untuk menampilkan halaman web itu. Contoh sederhana lainnya adalah ketika Anda mengklik putar untuk memulai streaming konten video, Anda mengirim permintaan ke server untuk mengakses file video dan mulai memutar kontennya.

 

Penerapan dan Alasan Penggunaan API (Application Programming Interfaces)

Baik Anda mengelola alat yang ada atau merancang yang baru, Anda dapat menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk menyederhanakan proses pekerjaan Anda. Beberapa manfaat utama dari penerapan API adalah sebagai berikut.

  • Memudahkan inovasi

    API menawarkan fleksibilitas, memungkinkan perusahaan untuk membuat koneksi dengan mitra bisnis baru, menawarkan layanan baru ke pasar mereka yang sudah ada, dan, pada akhirnya, mengakses pasar baru yang dapat menghasilkan keuntungan besar dan mendorong transformasi digital.

  • Menambah dan menguatkan keamanan

    API dapat membuat lapisan perlindungan tambahan antara data Anda dan server. Pengembang dapat lebih memperkuat keamanan API dengan menggunakan token, tanda tangan, dan enkripsi Transport Layer Security (TLS) juga dengan menerapkan gateway API untuk mengelola dan mengotentikasi lalu lintas atau semudah dengan mempraktikkan manajemen API yang efektif.

  • Meningkatkan kolaborasi

    Rata-rata perusahaan menggunakan hampir 1.200 aplikasi cloud yang sayang sekali banyak di antaranya terputus dalam penggunaan. Maka API memungkinkan integrasi sehingga platform dan aplikasi ini dapat berkomunikasi dengan lancar satu sama lain. Melalui integrasi ini, perusahaan dapat mengotomatisasi alur kerja dan meningkatkan kolaborasi di tempat kerja. Tanpa API, banyak perusahaan akan kekurangan konektivitas dan akan menderita silo informasi yang mengganggu produktivitas dan kinerja.

  • Monetisasi data

    Tidak sedikit perusahaan yang memilih untuk menawarkan API secara gratis, setidaknya pada awalnya, sehingga mereka dapat membangun audiens pengembang di sekitar merek mereka dan menjalin hubungan dengan calon mitra bisnis. Namun, jika API memberikan akses ke aset digital yang berharga, Anda dapat memonetisasinya dengan menjual akses yang juga disebut sebagai ekonomi API.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Memahami API Publik dan Integrasi API

Mengenal Penerapan dan Penggunaan API (Application Programming Interfaces)
 

API adalah konsep lama dalam pemrograman komputer, dan telah berkemang pesat menjadi bagian tak terpisahkan dari perangkat pengembang selama bertahun-tahun. Secara tradisional, API digunakan untuk menghubungkan komponen kode yang berjalan pada mesin yang sama. Dengan munculnya jaringan di mana-mana, semakin banyak API publik, kadang-kadang disebut API terbuka, turut tersedia bagi penggunaan umum.

Adapun API publik menghadap ke luar dan dapat diakses melalui Internet, memungkinkan Anda untuk menulis kode yang berinteraksi dengan kode vendor lain secara online yang proses ini sendiri dikenal sebagai integrasi API. Jenis mashup kode ini memungkinkan pengguna untuk mencampur dan mencocokkan fungsionalitas dari vendor yang berbeda pada sistem mereka sendiri. Dalam konteks ini, terbuka atau publik tidak boleh diartikan sebagai bebas biaya sama sekali. Anda masih harus menjadi pelanggan API tertentu agar mendapatkan keuntungan fiturnya. Tetapi ketersediaan API ini membuat integrasi menjadi proses yang jauh lebih sederhana daripada yang seharusnya.

 

Baca Juga  :     Alasan dan Manfaat Mengapa Dedicated Server Bagus Untuk Bisnis

 

Mengenal Twitter API yang Terkenal

Siapa yang tidak mengenal platform cuitan Twitter yang juga terkenal dengan penerapan API mereka. Twitter API adalah JSON API berbasis web yang memungkinkan pengembang berinteraksi secara terprogram dengan data Twitter. Berbeda dengan Java API, yang disertakan dalam Java Development Kit, Twitter API adalah API berbasis web. Ini bermakna harus diakses dengan membuat permintaan melalui Internet ke layanan yang dihosting oleh Twitter. Dengan API berbasis web seperti Twitter, aplikasi Anda mengirimkan permintaan HTTP, seperti halnya browser web.

Namun, alih-alih respons dikirim sebagai halaman web, untuk pemahaman manusia, respons tersebut dikembalikan dalam format yang dapat diuraikan dengan mudah oleh aplikasi. Berbagai format tersedia untuk tujuan ini, dan Twitter menggunakan format yang populer dan mudah digunakan yang disebut JSON. Salah satu elemen dasar dalam Twitter adalah tweet. Twitter API memberi tahu Anda apa yang dapat Anda lakukan dengan tweet yakni baik itu mencari tweet, membuat tweet, favoritkan tweet. Selain juga memberi tahu Anda cara melakukan tindakan ini. Untuk mencari tweet, Anda perlu menentukan kriteria pencarian Anda: istilah atau tagar yang harus dicari, geolokasi, bahasa, dll.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Aplikasi Android dengan Bermacam Website Pembuat Aplikasi

 

Layanan Penyedia API Terbaik IDCloudHost

Mengingat peran dan penggunaan API jauh lebih besar jika kita melihatnya tidak hanya dari sudut pengembangan perangkat lunak tetapi juga dari sudut kolaborasi bisnis. Antarmuka yang dapat dibaca mesin untuk pertukaran sumber daya ini seperti layanan pengiriman yang bekerja di bawah kap dan memungkinkan konektivitas teknologi yang diperlukan. Dalam hal ini, dua tugas utama pembuat keputusan dan pengembang adalah memilih API yang sesuai untuk kebutuhan bisnis spesifik perusahaan dan memahami cara menggunakannya secara efektif selain juga mencari layanan API yang sesuai demi mengembangkan bisnis mereka.

Sebagai salah satu penyedia cloud nasional yang berdedikasi, IDCloudHost mengembangkan layanan mereka demi mengakomodir berbagai kebutuhan termasuk API yang banyak dibutuhkan oleh pengmbang atau deverloper saat ini. Pengguna layanan API di IDCloudHost dapat memanfaatkannya untuk untuk membuat dan mengelola sumber daya komputasi dan penyimpanan seperti Mesin Virtual, Container Docker, dan Bucket Object Storage. Untuk mengetahui info lebih lanjut Anda bisa melayari laman https://api.idcloudhost.com/ dan dapatkan promosi serta support terbaik dari IDCloudHost Indonesia.

 

 

Related Post :