Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebuah ulasan sangat penting di zaman digital ini karena dari sinilah banyak bisnis dan usaha memperoleh kepercayaan dari pelanggan mereka. Mulai dari berbagi pengalaman secangkir kopi di sebuah cafe, produk dan layanan sebuah organisasi atau bisnis hingga ulasan mengenai suatu layanan umum/publik. Tidak mengherankan kalau review, feedback maupun testimonial sangatlah diperlukan hingga menjadi sebuah bisnis tersendiri.

Sedangkan ulasan itu sendiri sangat berarti karena dari sini setiap calon pelanggan atau pembeli dapat melihat pengalaman pelanggan terdahulu dalam mencoba produk maupun jasa. Maka semakin bagus dan jujur ulasan tersebut, maka semakin banyak pulalah calon pelanggan akan percaya dari bisnis dan usaha tersebut. Belum lagi, ulasan saat ini bisa dilihat secara real-time sehingga turut mempengaruhi bisnis.

Ulasan tersendiri ada banyak jenis mulai dari review, feedback maupun testimonial. Ini semua bagian dari usaha dan bisnis terpenting saat ini terutama bisnis online. Mari ketahui ketiga jenis ulasan review, feedback dan testimonial berikut ini yang sangat berpengaruh pada bisnis online seperti saat ini dalam memperoleh kepercayaan para calon pelanggan baru.

 

Mengenal Apa itu Review

Review berbeda dari testimonial dalam beberapa hal penting. Untuk memulai, ulasan biasanya lebih pendek daripada testimonial. Isi review dari pelanggan umumnya akan menggambarkan interaksi tertentu atau gambaran umum tentang perasaan pelanggan terhadap perusahaan. Review bisa berupa satu atau dua kata, satu atau dua kalimat, atau paragraf pendek. Karena lebih pendek, kuantitas ulasan review yang baik umumnya lebih penting daripada seberapa detailnya. Meskipun testimoni pelanggan hampir selalu positif, karena diberikan oleh pelanggan langsung ke perusahaan, ulasan pelanggan bisa positif atau negatif. Pelanggan dapat memberikan ulasan ke situs web pihak ketiga, seperti Google, Facebook, Yelp, Trip Advisor, atau situs lain. Karena review ini secara teknis merupakan kekayaan intelektual dari situs ulasan dan pelanggan, sulit bagi bisnis untuk menggunakannya kembali di situs web atau materi promosi mereka.

 

Baca Juga  :      Apa itu Disclaimer : Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

 

Mengenal Apa Itu Feedback

Feedback adalah suatu reaksi atau informasi yang terjadi sebagai akibat dari tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh individu atau kelompok sebagian dalam konteks Pembelajaran & Pengembangan (Learning & Development), feedback positif dan negatif sangat penting. Sebuah feedback memberikan rasa keterlibatan dan interaktivitas, dan memungkinkan pelajar untuk mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka. Feedback yang efektif menunjukkan kepada pelajar tingkat kinerja mereka saat ini, dan memberi tahu mereka apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.

 

Mengenal Apa itu Testimonial

Perbedaan terbesar pertama antara testimonial dari review adalah testimonial lebih mendalam. Dalam testimonial, pelanggan menjelaskan pengalaman mereka dengan produk atau layanan Anda, mengapa mereka memilihnya, dan bagaimana hal itu meningkatkan kehidupan mereka. Perbedaan penting kedua adalah di mana testimonial muncul. Testimoni umumnya diberikan oleh pelanggan langsung ke perusahaan sedangkan review, di sisi lain, umumnya diberikan ke situs pihak ketiga. Bisnis tersebut biasanya akan meminta izin kepada pelanggan untuk menggunakan testimoni dalam materi promosi mereka, seperti iklan, brosur, atau di situs web bisnis. Terakhir, konten antara testimonial dan review bervariasi karena bisnis biasanya meminta pelanggan untuk memberikan testimonial secara langsung, testimonial hampir selalu positif. Bagaimanapun, perusahaan tidak akan meminta pelanggan yang tidak senang dan pelanggan yang tidak senang tidak akan memberikan testimonial juga.

 

Baca Juga :    Mengenal Digital Branding & Strategi Penerapannya

 

Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial

Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis
 

Meski terlihat sama dan mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda, berikut ini beberapa perbedaan dari ketiga jenis ulasan yang sangat pentingbagi setiap bisnis ini.

 

Review

  • Gambaran singkat tentang pengalaman pelanggan menggunakan produk atau layanan
  • Seringkali diberikan kepada pihak ketiga
  • Biasanya ditampilkan di situs web lain atau dengan layanan lain
  • Seringkali ditemukan dalam format tertulis, terkadang dengan rating bintang
  • Lebih berdampak dalam jumlah yang lebih besar

 

Testimonial

  • Kisah yang lebih panjang dan lebih mendetail tentang pengalaman pelanggan sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan
  • Customer memberikan testimoni langsung kepada perusahaan
  • Dapat digunakan di situs web, dalam iklan, brosur, dan materi promosi lainnya
  • Bisa dibuat dalam format tulisan atau di video
  • Lebih berdampak dengan panjang atau detail yang lebih besar

 

Feedback

  • Membantu pembeli memutuskan apakah akan melakukan pembelian dari Anda berdasarkan peringkat skor umpan balik rata-rata (skor umpan balik positif biasanya mengarah pada peningkatan penjualan, sementara skor umpan balik negatif dapat menyebabkan keraguan pembeli)
  • Dampaknya pada kemampuan penjual untuk menambah lebih kepercayaan dan pengaruhnya terhadap kemungkinan pembelian

 

Baca Juga  :      Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Menggunakan Testimonial

Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis
 

Cara terbaik untuk menggunakan testimonial dibandingkan review bervariasi. Testimoni lebih panjang dan memberikan informasi yang lebih detail tentang bisnis Anda, dan apa yang diharapkan pelanggan Anda. Ini sangat ideal untuk calon pelanggan yang sedang mempertimbangkan untuk membeli dari atau bekerja dengan Anda, tetapi belum yakin. Pertimbangkan di mana pelanggan ini dapat mencari informasi tentang Anda, dan bagaimana Anda dapat menyajikan informasi ini dengan cara terbaik.

 

  • Situs web Anda

    Tempatkan testimonial Anda di halaman web testimonial khusus, di halaman produk, halaman arahan, halaman portofolio, atau di mana pun calon pelanggan Anda mungkin memerlukan penjelasan atau keyakinan lebih.

  • Brosur produk

    Gunakan testimonial tertulis Anda atau transkripsikan beberapa cuplikan dari video testimonial Anda untuk menunjukkan pendapat pelanggan tentang produk Anda.

  • Iklan televisi

    Calon pelanggan akan mempercayai pelanggan lain sebelum mereka mempercayai pemilik bisnis, karyawan, atau aktor. Ubah testimonial video Anda menjadi iklan televisi untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan pesan yang meyakinkan.

  • Iklan video online

    Sebuah study mengabarkan bahwa 73% orang dewasa Amerika menggunakan YouTube, menjadikannya platform online paling populer di negara ini. Memposting iklan di YouTube juga lebih mudah dan lebih terjangkau daripada di televisi. Gunakan testimonial video Anda di sini, atau gunakan dalam iklan online lainnya.

  • Email

    Anda mungkin menggunakan serangkaian email untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian, atau untuk membeli lagi. Tambahkan teks dari testimonial Anda atau tautan ke video testimonial Anda agar pelanggan Anda yang berbicara untuk Anda.

 

Baca Juga :     Pengertian Storyboard Beserta Fungsi & Aplikasinya

 

Kesimpulan dan Penutup

Hampir semua orang dapat memublikasikan ulasan mereka secara online, dan ulasan ini dapat berisi informasi yang baik, pengalaman negatif, dan terkadang bahkan konten palsu tentang bisnis Anda. Karena diposkan di situs pihak ketiga dan dari pengguna produk Anda yang sebenarnya, konsumen melihat ulasan tersebut sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

Faktanya, pelanggan menganggap ulasan online sangat membantu sehingga 85% konsumen mempercayai mereka seperti halnya rekomendasi pribadi. Mengingat pengalaman nyata sesama pelanggan akan lebih menarik dan relevan bagi mereka yang hendak membeli atau menyewa jasa yang sama. Oleh karenanya gunakan apa saja yang termasuk review, feedback, dan testimonial yang jujur agar pemilik bisnis dapat melihat celah mana saja yang harus ditingkatkan apabila ada ulasan yang tidak puas maupun ulasan baik yang agar tetap menerapkan layanan yang terbaik bisnis Anda.

Related Post :