Pada Bulan Maret 2020 benar-benar menjadi sebuah momen yang mimpi buruk untuk negara-negara didunia. Wabah Virus Corona (Virus Covid 19) yang semula sejak desember 2019 yang lalu ada di wuhan China kini menyebar lebih luas diseluruh dunia.

Tepatnya pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wabah Virus Corona (Virus Covid 19) secara resmi telah mencapai tingkat pandemi. Semulanya masuk ke epidemi namun kali ini Virus Corona (Virus Covid 19) menjadi tidak terkendalikan dan mulai masuk ke negara-negara di seluruh dunia termasuk negara Indonesia.

Nah, bagi kamu yang belum tahu perbedaan Wabah, Epidemi, dan Pandemi pada artike ini kita akan mengulas secara details pengertian semuanya.

Mengenal Apa itu Wabah

Wabah merupakan istilah bagi sebuah kejadian dengan cangkupan geografis atau wilayah tertentu. Wabah bersifat kecil tapi luar biasa dampak yang ditimbulkan dalam hal ini bisa terjadi pada periode waktu, tempat, dan populasi tertentu.

Peningkatan jumlah kasus masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan jumlah ‘normal’ yang bisa diantisipasi. Wabah sendiri biasanya bisa dapat dikendalikan karena dengan cangkupan yang kecil setidaknya bisa diatasi hingga akhirnya wabah berakhir.

Pada awalnya seperti yang kita ketahui Virus Corona (Virus Covid 19) menyerang beberapa orang di suatu tempat di Wuhan. Virus ini menjangkit beberapa orang sekaligus. Maka ini berarti corona telah menjadi wabah di Wuhan.

Dalam hal ini kejadiannya adalah kejadian Wabah Ebola yang sempat menggencarkan Afrika, dikarenakan afrika merupakan salah satu wilayah yang terpencil dan aktifitas untuk keluar yang tidak banyak menyebahkan wabah ebola yang terjadi di afrika saat itu bisa dikendalikan dan tidak menyebar di seluruh dunia.

Mengenal Apa itu Epidemi

Epidemi merupakan skala yang lebih besar dan menyebar dibandingkan wabah. Epidemi lebih besar dan menyebar yang awalnya bermula pada 1 wilayah, sekarang bisa terjadi diluar dari wilayah tersebut.

Singkatnya, Ketika wabah telah menyebar pada area yang lebih luas, maka penyakit tersebut telah masuk dalam kategori epidemi. Oleh karena itu pada saat Virus Corona (Virus Covid 19) sudah keluar dari Wuhan dan ternyata ada kasus Virus Corona (Virus Covid 19) di wilayah selain wuhan maka Wabah Virus Corona (Virus Covid 19) yang semula di Wuhan menjadi Epidemi Virus Corona (Virus Covid 19) yang menyebar lebih luas lagi.

Para ahli epidemiologi pun tahu bahwa wabah Virus Corona (Virus Covid 19) telah menyebar luas, yang menandakan bahwa upaya pengurungan tidaklah cukup atau sudah terlambat. Ada banyak upaya yang dilakukan pada fase ini salah satunya adalah melakukan lockdown untuk mencegah keluar masuknya kasus Virus Corona (Virus Covid 19) yang terjadi.

Mengenal Apa itu Pandemi

Hal ini yang terjadi paling parah, dimana Status Pandemi ini akan keluar jika suatu kejadian berlangsung sudah meluas di berbagai wilayah yang ada didunia. Artinya dalam hal ini Virus Corona (Virus Covid 19) dikatakan pandemi yang merupakan kejadian luar biasa yang menyebabkan banyak orang terjangkit bahkan meninggal.

Ada sebuah kasus yang perlu Anda ketahui untuk membedakan epidemi dan pandemi, contohnya jika seorang pelancong yang sakit dengan Virus Corona (Virus Covid 19) yang kembali ke AS dari Cina tidak membuat pandemi, tetapi begitu mereka menginfeksi beberapa anggota keluarga atau teman, ada beberapa perdebatan. Jika wabah lokal baru terjadi, ahli epidemiologi akan setuju bahwa upaya untuk mengendalikan penyebaran global telah gagal dan merujuk pada situasi yang muncul sebagai Status Pandemi.

Dari Wikipedia sendiri, melansirkan bahwa Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suatu pandemi dikatakan terjadi bila ketiga syarat berikut telah terpenuhi:

  • Timbulnya penyakit bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan,
  • Agen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit serius,
  • Agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.

Baca Juga : Mengapa Virus Corona Bisa Cepat Menyebar? Berikut Ulasan Grafiknya!

Apa yang harus dilakukan Saat Wabah, Epidemi, Pandemi Terjadi?

Ini yang menjadi langkah-langkah dan tindakan penting yang mestinya dilakukan disaat kejadian seperti Wabah, Epidemi, Pandemi terutama di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah masuk sejak bulan maret dan dikabarkan puncaknya akan terjadi pada akhir maret atau bulan April sehingga untuk hal ini disarankan untuk banyak orang di Indonesia melakukan Social distancing.

Social distancing adalah suatu kegiatan melakukan penjagaan jarak dengan orang lain dan dalam hal ini tidak banyak beraktifitas di luar dan disarankan untuk berada didalam rumah untuk melakukan isolasi atau menjauh dari orang lain.

Hal ini sangat bermanfaat untuk menekan jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona (Virus Covid 19) sehingga bisa dikontrol dengan baik dan tidak banyak juga korban yang meninggal akibat dari pandemi Virus Corona (Virus Covid 19) yang ada di Indonesia.

Mencegah puncak infeksi yang tajam pada suatu Pandemi, yang dikenal sebagai meratakan kurva Pandemi, membuat layanan kesehatan tidak kewalahan dan tidak menimbulkan banyak korban jiwa. Buat kamu yang bekerja disarankan untuk Bekerja dari Rumah atau yang kita kenal dengan Work From Home, dan bagi yang sekolah juga disarankan untuk belajar di rumah. Kita pun ketahui juga bahwa banyak sekolah di Indonesia yang sudah meliburkan untuk sekolah dari Rumah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang ada.

Baca Juga : Apa Itu Work From Home? Keunggulan dan Kelemahannya

Semoga Pandemi ini segera selesai di Indonesia! Nah IDCloudhost juga memberikan pilihan dan juga kamu bisa dukung dan ikut campaign IDCloudhost yang bernama Save The World dengan melihat informasi lengkapnya di https://idcloudhost.com/save-the-world/. Suka dengan artikel ini? Yuk Komentar di bawah ini!