Mengenal Sejarah Singkat Domain untuk Website

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Seperti yang sudah Kita ketahui sebelumnya bahwa sejarah singkat domain merupakan suatu nama yang digunakan di dalam server komputer, dimana untuk identifikasi yang dilakukan akan lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan internet protocol atau IP Address.

Apabila Anda mempunyai suatu website tentu akan sangat penting bagi Anda mempunyai sebuah nama domain yang akan membuat website Anda akan bisa dengan mudah untuk diakses. Tentu hal ini akan disebabkan karena domain ini juga merupakan suatu karakter ataupun suatu identitas yang akan digunakan oleh suatu website sehingga akan bisa dengan mudah untuk ditemukan. Jika dilihat dari sejarah domain yang ada di dunia tentu nama domain hanya ada 6 saja di seluruh dunia.

Namun seiring dengan perkembangan zaman kini domain tentu akan bertambah jumlahnya, yakni sekarang sudah ada 265 domain yang sudah terdaftar. Tentu Anda akan setuju bahwa domain ini bisa digunakan untuk membantu setiap kegiatan Anda yang Anda lakukan di dalam jaringan internet.

Nah setelah Anda sudah mengetahui pengertian dari domain itu apa maka langkah yang selanjutnya kini Kita akan membahas sedikit tentang sejarah singkat domain. Dengan Anda mengetahui sejarah singkat domain yang akan di bahas kali ini maka Anda setidaknya akan memiliki sedikit wawasan mengenai sejarah singkat domain yang mana sering Anda gunakan di dalam website yang Anda miliki.

Baca Juga : Sejarah Singkat Asal Nama Domain Dunia

Sejarah Singkat Domain Berdasarkan Tahunnya

Inilah beberapa sejarah singkat domain mulai dari tahun 1985 hingga 2014:

1. 1985

Sejarah singkat domain pertama terjadi di tahun 1985. Pada tahun 1985 ini tepatnya pada tanggal 15 maret domain .com pertama kali digunakan. Yang pertama kali menggunakan nama domain .com ini adalah SymbolicsInc dengan nama domain yang didaftarkan adalah symbolics.com. Sehingga menjadikan nama domain ini menjadi domain .com pertama yang ada di dunia.

Nama domain ini masih berada di dalam kepemilikan yang sama hingga selama kurang lebih 25 tahun bertahan. Namun pada tahun 2009 domain tersebut sudah dibeli oleh XF Investments.

2. 1995

Pada tahun 1995 ini pendaftaran nama domain tidaklah gratis seperti pada tahun sebelum 1995, dimana pada tahun ini siapa pun yang ingin mendaftarkan nama domain tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Lalu National Science Foundation diberikan wewenang mengenai biaya yang akan dikenakan untuk mengenakan biaya bagi yang ingin mendaftarkan nama domain tertentu. Untuk harga domain pada saat itu adalah sekitar $100 untuk pendaftaran di dua tahun yang pertama.

3. 1998

Lalu berlanjut kembali ke tahun 1998, dimana departemen perdagangan yang pada saat itu masih di bawah desakan presiden Clinton, mengeluarkan suatu proposal dimana isinya mengenai DNS atau Domain Name System. Dan kemudian saat ini dikuasai oleh pemerintah amerika serikat.

Lalu diciptakan dokumen dengan nama green paper dimana dokumen ini diciptakan dengan mempunyai tujuan untuk peningkatan persaingan di pasar serta juga untuk mendorong lebih banyak partisipasi internasional. Sehingga hal ini juga akan menyebabkan timbulnya dokumen white paper yang berisikan mengenai keprihatinan yang disebabkan oleh dokumen yang asli.

4. 2003

Pada tahun 2003 ini kemudian domain dimasukkan ke dalam suatu undang undang PROTECT 2003. Dimana undang undang ini akan berisikan hukuman bagi pencipta domain yang akan digunakan untuk hal hal yang berhubugan dengan tindakan kejahatan. Untuk pelaku awal sudah ditemukan dua situs dimana situs ini yang menyebabkan pengunjungnya beralih ke situs porno.

5. 2007

Pada tahun 2007 ini terjadi hal unik terkait dengan domain. Dimana pada saat itu ada sebuah domain yang terjual dengan harga yang paling tinggi bahkan hingga saat ini. Dimana domain ini bernama vacationrentals.com yang dihargai setara dengan Rp 397 miliar.

Untuk alasan pembelian domain yang mahal ini adalah agar tidak bisa dipakai oleh kompetitor yang bersaing bersama pemilik domain ini. Dimana domain ini berhasil terjual di tahun 2010 dengan harga sekitar Rp 147 miliar. Sungguh harga yang sangat fantastis untuk harga sebuah domain tentunya.

6. 2012

Nah di tahun ini ada suatu tindakan unik yang dilakukan oleh seseorang yang bernama Mike Mann. Dimana Dia telah mendaftarkan hampir 15.000 domain hanya dalam waktu 12 jam saja. Tentu aksi yang dilakukannya ini merupakan suatu aksi yang gila mengingat Dia telah mendaftarkan jumlah domain yang tidak main main jumlahnya hanya dalam waktu yang singkat.

7. 2013

Di tahun 2013 ini internet benar benar kehabisan empat kombinasi nama yang akan digunakan untuk domain .com. ada sekitar 400.000 lebih data untuk kombinasi empat huruf yang sudah habis di tahun 2013 ini. Dan untuk kombinasi tiga angka sudah habis didaftarkan pada tahun 1997.

8. 2014

Sejarah singkat domain yang terakhir adalah di tahun 2014. Nah di tahun 2014 ini sudah mulai ditambahkan hingga lebih dari 100 TLD atau Top Level Domain yang baru. Top Level Domain merupakan ekstensi akhir dari domain seperti misalnya .com, .net, .org dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan ditambahkannya 100 TLD baru ini akan bisa memungkinkan munculnya situs situs yang baru. Dimana untuk TLD yang baru direncanakan akan menggunakan kata-kata umum yang akan mudah untuk dikenali seperti misalnya .cars, .music dan yang lainnya. Atau bahkan akan menggunakan nama-nama dari perusahaan besar seperti misalnya Samsung, dan Apple.

Itulah penjelasan mengenai sejarah singkat domain yang bisa Anda pahami. Dengan Anda sudah mengetahui tentang sejarah singkat domain maka akan bisa membuka sedikit wawasan Anda mengenai domain. Dan untuk Anda yang ingin membeli domain yang murah dan berkualitas maka Anda bisa membelinya di IDCloudHost.

Related Post :