Mengenal Storyboard : Jenis dan Manfaatnya Untuk Kepentingan Bisnis dan Marketing

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di zaman yang selalu online dan telah berada dalam digitalisasi global, membuat trik dan cara pemasaran ikut bergeser. Saat ini marketing video menjadi pilar penunjang penting bagi sebagian besar strategi konten bisnis saat ini karena saluran ini telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Tapi karena internet penuh dengan konten, pemasar mulai berinvestasi dalam video untuk mengukuhkan ceruk brand disamping juga untuk melibatkan prospek mereka.

Jadi bisa dikatakan kalau pemasaran video menjadi bagian yang sangat relevan dari strategi marketing digital. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa 72% konsumen lebih suka menonton video untuk belajar tentang layanan atau produk daripada membaca teks. Tidak mengherankan kalau 80% dari semua trafik online nantinya akan berfokus pada video yang terus bertambah seiring waktu.

Maka untuk dapat menarik pengunjung dan konsumen menonton konten dan melihat iklan dari brand maupun video lainnya yang mudah dicerna, diperlukan suatu bantuan. Beruntungnya, dengan banyaknya alat yang membuat pekerjaan lebih mudah dalam membuat video yang menarik, juga turut adanya peran penting storyboard. Simak pengaruh penting storyboard dalam memajukan bisnis dan marketing berikut ini.

 

Memahami Apa Itu Storyboard

Secara sederhana, storyboard adalah urutan gambar, bingkai demi bingkai, dengan sketsa berbagai adegan yang dipikirkan untuk sebuah konten video. Visual sketsa ini mirip dengan buku komik yang tujuannya adalah untuk menguraikan dan merinci urutan narasi sebagai panduan nantinya. Umumnya storyboard cenderung berfokus pada animasi, film dan game yang seiring waktu, itu juga menjadi sangat digunakan dalam proyek grafis untuk periklanan dan pemasaran.

Karena keserbagunaannya, storyboard memungkinkan Anda menyusun gerakan film atau kinematika permainan yang bahkan dapat menunjukkan bagaimana navigasi pengguna di situs atau aplikasi terjadi. Di perusahaan, langkah proyek video ini biasanya menjadi tanggung jawab tim kreatif yang harus fokus pada persona pembeli, terlepas dari jenis konten video yang akan diproduksi. Dengan kata lain, tujuan pembuatan storyboard adalah untuk mengembangkan urutan tindakan dengan cara yang paling menghibur, meyakinkan dan tepat secara visual untuk mengoptimalkan keterlibatan publik.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Marketing Terbaik Bagi Bisnis Online di Tahun 2021

 

Manfaat Storyboard Untuk Kepentingan Bisnis dan Digital Marketing

Mengenal Storyboard : Jenis dan Manfaatnya Untuk Kepentingan Bisnis dan Marketing
 

Dengan semakin meningkatnya pencarian video di internet dan mendominasi pasar global saat ini, maka siapa saja yang bergelut dalam bidang ini dan mengedepankan pengetahuan tentang produksi ini pasti akan menjadi yang terdepan. Dalam dunia Pemasaran Digital (Digital Marketing) dan terutama dalam Pemasaran Konten, video sudah berguna serta memegang peranan penting dalam banyak hal, termasuk menghadirkan produk, pengumuman konten baru, atau revitalisasi konten yang sudah ada.

Selain mempermudah pengambilan gambar yang sudah dikenal, grafik gerak adalah cara lain yang banyak digunakan untuk membuat karya yang menarik. Tidak jarang juga storyboard berguna untuk membuat konten pemasaran yang menggunakan teknik cerita. Sedangkan dalam storyboard, perlu dikembangkan skema kreatif yang menarik perhatian pengguna di detik-detik pertama setelah mereka menekan tombol putar di konten video yang dibuat.

 

Baca Juga  :     Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

 

Jenis- Jenis Storyboard

Sekilas, storyboard adalah urutan kronologis gambar yang akan sepenuhnya dianimasikan atau diambil. Sama seperti ada banyak jenis video yang diproduksi, ada juga banyak jenis storyboard yang mana jenis storyboard yang dibuat akan bergantung pada video yang Anda buat dan siapa yang terlibat dalam proses kreatifnya. Berikut adalah beberapa jenis storyboard yang umum ditemukan :

  • Storyboard tradisional

    Jenis storyboard tradisional adalah ketika sketsa digambar dengan pensil di atas kertas. Pendekatan ini digunakan pada awal produksi video dan industri film ketika alat lain tidak ada dan contoh terkenal dari jenis storyboard ini adalah storyboard pertama Mickey Mouse dibuat secara manual.

  • Thumbnail

    Pada jenis storyboard ini menyiratkan gambar yang sangat rinci dari setiap bingkai. Jenis storyboard ini sangat detail dan dipikirkan dengan matang sehingga proses produksi menjadi mudah sekali.

  • Digital

    Storyboard digital dibuat dengan software khusus yang merupakan pendekatan modern yang memungkinkan Anda memulai dari papan cerita sederhana untuk menggambarkan ide pertama, dan kemudian, menambahkan lebih banyak detail dengan menambahkan sulih suara dan elemen lainnya.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Storyboard untuk Video Marketing yang Baik dan Buruk

 

Alasan Penerapan dan Penggunaan Storyboard

Mengenal Storyboard : Jenis dan Manfaatnya Untuk Kepentingan Bisnis dan Marketing
 

Penerapan dan penggunaan storyboard telah umum digunakan dalam pembuatan film dan video yang juga kini ikut melebar kepada pemasaran digital. Itu tidak lain karena adanya alasan dan manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan storyboard. Berikut beberapa alasan penerapan dan penggunaan storyboard :

  • Membuat visual lebih mudah dicerna

    Gunanya storyboard adalah mengomunikasikan ide jauh lebih baik daripada sekadar naskah. Urutan visual yang memandu audiens Anda melalui konsep membuat mereka memahami setiap langkah.

  • Pemetaan adegan

    Untuk video, storyboard mengungkapkan seperti apa tampilan video sebelum Anda merekam atau menganimasikannya.

  • Membantu membuat dan menata rencana produksi

    Saat Anda membuat video storyboard, Anda juga menunjukkan berapa banyak shot yang Anda butuhkan, urutannya, dan bagaimana shot ini mengikuti skrip yang Anda inginkan.

  • Membantu menghemat waktu dalam jangka panjang

    Penerapan storyboard yang tepat akan menjelaskan visi Anda dengan mudah dan membuat proses pembuatan menjadi lancar, serta Anda akan memiliki segalanya yang dipetakan dan diatur sehingga Anda tidak akan melupakan detail terkecil sekalipun.

  • Menegaskan proses sejak dini

    Berbagi konsep Anda dengan storyboard sejak awal akan memastikan klien atau anggota tim Anda memahami prosesnya sejak awal. Oleh karena itu, akan ada lebih sedikit ruang untuk kesalahpahaman atau revisi di kemudian hari.

  • Melihat dan melakukan evaluasi

    Selama proses pembuatan storyboard Anda, Anda bisa memvisualisasikan dan membersihkan konsep untuk orang yang paling penting dalam hal ini. Anda akan dapat melihat elemen kunci yang hilang, detail yang tidak perlu atau dialog yang tidak memiliki tempat di sana, dan banyak lagi. Dengan cara ini Anda akan dapat memperbaiki masalah bahkan sebelum Anda memulai proyek.

  • Membantu kemudahan revisi

    Semua pekerjaan pasti mempunyai kesalahan dan memerlukan perbaikan. Maka membuat revisi pada storyboard Anda selalu lebih mudah daripada nanti selama produksi.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika harus dijelaskan dengan cepat, storyboard adalah representasi visual dari video Anda yang pada dasarnya menunjukkan bagaimana Anda membayangkan video Anda terungkap, adegan demi adegan. Setiap shot disajikan dalam rangkaian gambar yang menggambarkan apa yang terjadi dalam video Anda dari awal hingga akhir. Juga setiap gambar thumbnail menyertakan catatan yang memberikan lebih banyak detail tentang adegan, termasuk dialog yang akan dikatakan aktor atau apa yang akan ditampilkan layar.

Bisa dikatakan, storyboard adalah versi buku komik dari skrip Anda. Siapa pun yang melihat storyboard Anda, mereka harus dapat memvisualisasikan seperti apa video yang sudah jadi. Jika Anda ingin membuat video menarik yang ingin dilihat orang dalam hal ini untuk membantu pemasaran online Anda, storyboard adalah langkah penting dalam prosesnya. Mengingat storyboard dapat membantu Anda memilih ide-ide Anda dan menjelaskan visi Anda kepada anggota tim Anda.

 

Related Post :