Mengenal Tentang William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia & Quotes Pentingnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Tidak diragukan lagi kalau banyak masyarakat Indonesia yang suka berbelanja di salah satu marketplace terbesar di Indonesia, yakni Tokopedia. Namun mereka hanya sekedar berbelanja tanpa paham siapa perintis dibalik marketplace yang terkenal ini. Dengan motto kuat “Usaha keras tidak akan pernah mengkhianati hasil”, William Tanuwijaya berhasil membawa perusahaan teknologi yang juga lebih dikenal bergerak dalam bidang e-commerce ini semakin dikenal publik.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar negeri, Tokopedia sekarang ini mampu mendominasi pasar dengan menyediakan banyak platform lengkap dengan kualitas terjamin bagi pelaku-pelaku bisnis sehingga mereka akan mudah memasarkan banyak produk. Bahkan menurut laporan dari iPrice Group, Tokopedia adalah e-commerce yang paling dikunjungi pelanggan dari Juli hingga September 2019 lalu dengan estimasi pengunjung 65, 953, 400 pengunjung tiap bulannya yang berhasil menaikkan 25 persen dari total market share keseluruhan.

Ini tentu tidak lepas dari kerja keras serta dedikasi sang pendiri, William Tanuwijaya dan para karyawan Tokopedia tersebut. Meski pun begitu hasil buah kerja keras yang ia rasakan saat ini tidak pernah terlepas dari berbagai macam kendala yang muncul selama ia berusaha mendirikan platform belanja online ini. Sama dengan latar belakang setiap pengusaha tidak terkecuali William Tanuwijaya, Tokopedia pun pernah mengalami masa dan proses rintis yang tidak semudah dikira banyak orang.

 

Biografi William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Mengenal Tentang William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia & Quotes Pentingnya
 

William Tanuwijaya yang lahir di Sumatera Utara, 11 November 1981 membesar di tanah kelahirannya sampai ia menyelesaikan sekolah menengah atas (SMA). Sosok William lahir dari keluarga dengan ekonomi menengah ternyata harus melakukan perjuangannya tersendiri agar dapat menyekolahkan William karena kedua orang tuanya menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak mereka.

Demi melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, sang Ayah meminta William melanjutkan jenjang pendidikannya ke Jakarta mengingat ibu kota lebih mempunyai peluang pembelajaran yang baik. William pun melanjutkan sekolahnya ke Jakarta dengan menggunakan transportasi kapal laut yang memakan waktu perjalanan kurang lebih 4 hari jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Berlabuh di Tanjung Priok, William Tanuwijaya mulai merantau untuk bersekolah di Universitas Bina Nusantara di Jakarta.

Pada tahun kedua perkuliahan, sang Ayah jatuh sakit yang memaksa William untuk merubah cara hidupnya. Untuk tetap menyambung hidup dan tetap berkuliah, William memutuskan untuk bekerja menjadi penjaga warung internet (warnet) dengan menjadi pekerja paruh waktu yang bekerja malam dan lokasi yang berdekatan dengan kampusnya. Dari sinilah William mendapatkan kecintaannya kepada dunia digital dan mulai bereksplorasi.

Baca Juga :   Mengenal Fajrin Rasyid (Direktur Telkom) : Pendidikan, Pengalaman & Penghargaannya

 

Berkiblat pada kesuksesan Google, membuat William juga turut terinspirasi untuk dapat memperoleh pengalaman kesuksesan dalam dunia digital yang sama. Ia ingin membangung dan mengembangkan usaha yang menjadikan internet sebagai basisnya. Tetapi setamatnya kuliah di tahun 2013, William memutuskan untuk menimbang ilmu dan pengalaman dengan menjajal kemampuan di beberapa perusahaan pengembag perangkat lunak (software) mulai dari industri pembuat game dan lainnya demi untuk mengumpulkan semua pengalaman demi untuk membuka perusahaannya sendiri nanti.

Pada tahun 2007 dengan membulatkan tekad dan niatnya, dengan meminta bantuan dan dukungan kepada seorang teman yang nantinya akan bekerja bersama memambangun Tokopedia, yakni Leontinus Alpha Edison, William mulai membangun marketplace Tokopedia. Tetapi semua ini tidak mudah karena hampir 2 tahun lamanya William dan Leontinus harus mencari pemodal atau investor yang berani dan sudi menanamkan modal mereka ke perusahaan baru yang belum dikenal ini.

Tahun 2009 mencatat kemajuan untuk dua sekawan ini dengan peluncuran resmi Tokopedia pada 17 Agustus 2009. Kedua pendiri yang sama- sama datang dan berlatar belakang dari kota -kota kecil di Indonesia ini berharap platform e-commerce ini akan dapat memecahkan masalah perbedaan di negara ini. Inilah yang menjadi misi perusahaan yang bertujuan untuk mendemokrasikan perdagangan melalui teknologi dan menggapai semua pelanggannya tanpa batas demografis.

Baca Juga :   Mengenal Tentang Ferry Unardi : Pendiri Traveloka & Quotes Pentingnya

 

William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia Adalah Sosok Yang Membanggakan

Mengenal Tentang William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia & Quotes Pentingnya
 

Pembentukan Tokopedia sebagai wadah berkumpulnya para penjual yang memasarkan berbagai dagangan mereka juga berkumpulnya para pembeli yang memerlukan berbagai barang dalam 1 tempat atau platform sajat. Misi pertama ini menjadi andalan dari Tokopedia yang setidaknya membutuhkan waktu selama 5 tahun sampai akhirnya marketplace serba ada.

Tokopedia juga berhasil membuktikan kalau mereka akhirnya mendapatkan kepercayaan tidak hanya dari investor tetapi dari konsumen pasar Indonesia juga. 2014 mencatat bahwa Tokopedia mampu mendapat banyak suntikan dana senilai $100 juta yang diperoleh dari Softbank Internet and Media dan dari Sequoia Capital. Besarnya data tersebut menjadi titik balik Tokopedia yang telah sukses dalam promosi serta branding dengan cara massive sebelumnya.

Tentunya demi mengimbangi kemajuan ini, Tokopedia pun turut menaikan dan meningkatkan kualitas e-commerce mereka. Peningkatan ini juga berimbas pada pengakuan di berbagi media sektor ekonomi dan masuknya suntikan dana besar dari perusahaan e-commerce besar asal Cina, yanki Alibaba Group. Adanya kepercayaan besar ini juga membuat nilai market Tokopedia semakin naik dan para merchant yang kini juga tertarik untuk membuka merek dan produk mereka di platform belanja online ini.

Kerja keras William Tanuwijaya berbuah manis dengan kuatnya image branding nama perusahaan yang unik ini menggabungkan kata toko dan ensiklopedia ini, berhasil menanamkan image atau top of mind dan karakter mereka dengan baik serta melekat kuat di benak masyarakat Indonesia. Dimulai dari bisnis pasar (marketplace) sederhana, Tokopedia telah berhasil tumbuh menjadi perusahaan teknologi dengan pasar, fintech, pembayaran, logistik, pemenuhan keperluan umum dan bisnis ritel baru.

Baca Juga :   Mengenal Tentang Achmad Zaky : Pendiri Bukalapak & Quotes Pentingnya

 

Quotes Penting William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Kegigihan yang dilakukan oleh William Tanuwijaya pendiri Tokopedia banyak menginspirasi banyak kawula muda Indonesia. Sosoknya yang pekerja keras, tidak pantang menyerah, tanggung jawab, dan kedisiplinan bisa dijadikan panutan dalam meningkatkan semangat para kaum muda, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita benar-benar berusaha.

William Tanuwijaya pendiri Tokopedia sering mengucapkan kata sebagai bentuk motivasi baik bagi dirinya sendiri untuk lebih bersemangat mengembangkan Tokopedia, juga untuk masyarakat terutama kaum muda, supaya mereka bisa menjadi sosok yang kuat, pantang menyerah, dan bertanggung jawab atas apa yang sudah dijanjikan dan inginkan.

Berikut ini beberapa Quotes dari William Tanuwijaya pendiri Tokopedia :

  • “Kami percaya kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses.”
  • “Bermimpilah dengan mata terbuka, karena tidak ada hal-hal besar yang sulit dicapai selama kita bermimpi dengan mata terbuka.”
  • “The past is something we cannot change, but the future is still on our own hands.”
  • “Setiap saya mempunyai kesempatan untuk berbicara, saya akan ambil, karena saya akan bertemu dengan banyak orang cerdas dan belajar banyak hal baru.”
  • “Bekerjalah sampai idola anda menjadi rival anda.”
  • “Di era internet, semua orang, bahkan underdog memiliki kesempatan untuk menantang status quo, melawan segala rintangan. Entah bagaimana caranya bertahan hidup, untuk mencapai menang.”
  • “Tokopedia adalah komodo di negara kepulauan 17.000 pulau. Pertempuran sengit, komodo memiliki kesempatan yang cukup baik untuk menang.”
  • “Aset terbesar perusahaan adalah manusianya untuk membangun perusahaan kelas A dan harus merekrut orang-orang kelas A pula, jika anda merekrut orang kelas B maka kualitas perusahaan anda akan menurun. “
  • “Filosofi kami di Tokopedia adalah untuk terus berusaha memberikan kesempatan kepada setiap individu di Indonesia untuk memulai bisnis dengan mudah dan gratis.”
  • “Melakukan pemerataan ekonomi secara digital, itu misi kami.”

Baca Juga :   PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

Ke-10 quotes dari William Tanuwijaya pendiri Tokopedia diatas bisa dijadikan motivasi bagi para penerus bangsa. Karena kesempatan akan terbuka untuk siapa saja tidak peduli latar belakang mereka selama setiap orang itu mau bekerja keras, berkomitmen, berdisiplin dan berdedikasi dengan kuat. Jangan lupa untuk melakukan kerja sama yang adil dan jujur karena setiap bisnis yang berhasil tidak akan lepas dari faktor tersebut. Semoga perjalanan hidup dari William Tanuwijaya pendiri Tokopedia bisa memberikan motivasi terhadap masyarakat Indonesia selain juga lebih menghargai produk buatan asli anak negeri yang secara tidak langsung menaikkan derajat bangsa dan perekonomiannya.

 

Related Post :