Mengenal Ubersuggest, Alat Riset Keyword SEO dan Fitur- Fitur Terbaiknya

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Pemasar digital online, pemilik situs web dan blog serat siapa saja yang beroperasi secara online pasti mengetahui bahwa keyword atau kata kunci adalah hal krusial. Ini tidak terlepas peran utama keyword yang menentukan keberhasilan dari penerapan strategi konten. Oleh karena itu, perlu adanya pencarian dan penargetan katak kunci yang sesuai dengan kebutuhan sehingga situs web dapat dibaca dan menjadi relevan.

Ada beberapa alat untuk membantu Anda dalam kata kunci yang salah satunya adalah Ubersuggest. Awalnya disebut dengan Ubersuggest.io, alat penelitian kata kunci gratis ini dibeli oleh digital marketer Neil Patel sebagai alat percobaan untuk melihat apakah suatu bisnis dapat dikembangkan tanpa adanya pemasaran konten apa pun, melainkan dengan menawarkan alat gratis.

Ubersuggest sendiri memiliki dan menawarkan banyak fitur berbeda untuk membantu Anda menemukan ide kata kunci, data, dan menganalisis persaingan. Bisa dikatakan ini adalah alat yang cukup bernilai dalam praktik SEO online karena alat ini menyediakan keunggulan atas pesaing, membantu menggali lebih dalam strategi serta menemukan konten yang populer juga relevan di industri Anda.

 

Mengenal Apa Itu Ubersuggest

Mengenal Ubersuggest, Alat Riset Keyword SEO dan Fitur- Fitur Terbaiknya
 

Sedikit sejarah dari Ubersuggest, Neil Patel mengakuisisi alat riset kata kunci ini Ubersuggest pada 13 Februari 2017 seharga $ 120.000 yang saat itu memiliki lebih dari 38.000 backlink, 8.400 domain rujukan, dan 110.000 pengunjung bulanan ketika dia membelinya. Meski memang belum sepopuler alat lain, bagi yang tengah mencari alat penelitian kata kunci mungkin pernah menemukan alat ini ketika mereka mencarinya.

Ubersuggest sendiri adalah alat SEO gratis yang mengkhususkan diri dalam menghasilkan ide kata kunci baru. Awalnya didirikan sebagai alat yang menghapus persyaratan Google Suggest, Ubersuggest yang telah diakuisisi oleh pengusaha dan ahli dibidang SEO, Neil Patel kini lebih advance dengan memperluas set fitur secara signifikan.

 

Baca Juga  :   Apa Itu Keyword Stuffing : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

 

Cara Kerja Riset Keyword Ubersuggest

Sama seperti banyak alat SEO online lainnya, Ubersuggest bekerja dengan menganalisis kata kunci, tautan balik, dan data domain untuk membantu memberi Anda gambaran akurat tentang seberapa berharga dan kompetitifnya mereka. Anda dapat mengetikkan kata kunci di dalam bilah pencarian di Ubersuggest dan melihat semua data penting yang ditampilan alat ini untuk Anda analisis. Dengan alat ini juga, Anda juga dapat melakukan analisis backlink dan audit situs yang merupakan bagian dari penganalisis SEO yang tersedia di Ubersuggest yang pada dasarnya tersedia untuk Anda selaku pengguna di seluruh bagian lain dari alat ini. Pada dasarnya ada 5 level data yang dapat dilihat oleh alat ini yang meliputi :

  • Ikhtisar Kata Kunci
  • Ide Kata Kunci
  • Ide Konten
  • Halaman Peringkat Teratas
  • Kata kunci/keyword

 

Baca Juga  :   Panduan Cara Melakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci) Website

 

Fitur- Fitur Terbaik Alat Riset Ubersuggest

Mengenal Ubersuggest, Alat Riset Keyword SEO dan Fitur- Fitur Terbaiknya
 

Layaknya cara kerja alat riset keyword lainnya, Ubersuggest memberi Anda analitik yang berguna pada domain apa pun. Selain itu, website Neil Patel juga memiliki alat terpisah yang dikenal sebagai SEO Analyzer yang akan memungkinkan Anda mengetahui peluang praktik terbaik pengoptimalan mesin telusur/search engine optimization (SEO) yang ditinggalkan oleh situs web pribadi atau agensi SEO Anda sehingga Anda dapat meningkatkan peringkat situs Anda. berikut beberapa fitur terbaik yang diberikan oleh Ubersuggest bagi penggunanya :

  • Domain Overview/Ikhtisar Domain

    Menggunakan tampilan intuitif, Anda dapat dengan cepat melihat metrik berikut untuk URL Anda :
    a) Kata Kunci Organik/Organic Keyword yakni jumlah kata kunci yang diperingkat oleh domain secara organik.
    b) Lalu Lintas Bulanan Organik/Organic Monthly Traffic untuk melihat berapa banyak lalu lintas yang didapat situs web Anda relatif terhadap pencarian kata kunci organik.
    c) Skor Domain/Domain Score yang akan mencatat mulai dari 1 hingga 100, skor domain Anda dihitung menggunakan sejumlah faktor untuk memberitahu Anda seberapa otoritatif situs web Anda di Google.
    d) Skor Tautan Balik/Backlinks Score untuk melihat berapa banyak situs web mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda menggunakan tautan.
    e) Lalu Lintas/Traffic yang akan mencatat grafik garis menampilkan lalu lintas organik bulanan Anda.

  • Halaman Lalu Lintas Teratas/Top Traffic Pages

    Fitur ini dapat membantu pengguna untuk memperlihatkan halaman mana yang memindahkan lalu lintas ke situs web Anda. Menemukan negara asal lalu lintas Anda, dan apakah tautan masuk berasal dari Facebook atau Pinterest serta mencari tahu perkiraan jumlah kunjungan yang didapat halaman, dan jumlah pasti backlink dan apa backlink itu.

  • Kata Kunci SEO/SEO Keywords

    Disini pengguna bisa melihat istilah pencarian organik mana yang memindahkan lalu lintas ke situs web Anda. Selain juga untuk melihat bagaimana domain lain yang mendapatkan lalu lintas untuk kata kunci yang sama menumpuk ke situs web Anda.

  • Halaman SEO Teratas/Top SEO Pages

    Dalam laporan SEO yang lebih mendalam, Anda dapat melihat volume, taksiran kunjungan, biaya per klik (BPK), niat pembeli, dan kemungkinan peringkat situs Anda untuk kata kunci tertentu.

  • Ide Konten

    Pengguna alat ini juga dapat menemukan konten berkinerja terbaik untuk kata kunci tertentu, dan lihat otoritas domain dan taksiran klik untuk konten tertentu.

  • Data Tautan Balik/Backlink Data

    Berikutnya adalah fitur untuk membantu pengguna menemukan jenis konten yang ditautkan orang di arena yang dilayani situs web Anda, siapa yang melakukan penautan, dan berbagai metrik di situs tautan balik tersebut.

  • SEO Analyzer

    Meskipun bukan bagian dari Ubersuggest, website Neil Patel juga memiliki SEO Analyzer, yang merupakan alat yang merayapi seluruh situs web Anda dan menawarkan saran berdasarkan praktik terbaik SEO, termasuk:
    a) Pemeriksa SEO dimana Anda akan mendapatkan daftar semua hal yang Anda lakukan di situs web Anda yang melanggar praktik terbaik SEO. Anda dapat mengatur hasil berdasarkan kesulitan memperbaiki kesalahan dan dampak kesalahan tersebut pada lalu lintas pindah ke situs web Anda.
    b) Kecepatan Situs untuk mencari tahu seberapa cepat situs Anda dimuat saat dilihat di desktop atau seluler. Anda akan mendapatkan perincian menyeluruh tentang semua kesalahan yang harus diperbaiki sehingga situs Anda dimuat lebih cepat, meningkatkan rasio klik-tayang dan peringkat Google Anda.

 

Baca Juga  :   Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

 

Kesimpulan dan Penutup

Riset keyword sangat penting dan tak terleakkan bagi kegunaan pemasaran online maupun pemilik situs web. Dikarenakan keyword adalah penentu bagaimana strategi dalam konten, karenanya riset yang mendalam perlu dilakukan. Mengingat ada banyak alat riset keyword seperti Ahrefs, Buzzsumo, Semrush, dll yang memang efektif dalam praktik SEO membuat pengguna harus memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan atau bahkan budget mereka.

Pada dasarnya,Ubersuggest dan SEO Analyzer keduanya adalah alat gratis. Namun, begitu Ubersuggest juga mempunyai versi premium dengan menawarkan lebih banyak akses dan pendataan rinci dalam laporan nantinya. Selain itu, alat ini juga bagus untuk pekerja lepas yang ingin masuk ke arena pemasaran digital, pemula yang ingin belajar tentang SEO, dan siapa pun yang bekerja di agensi media yang memerlukan bantuan riset kata kunci yang bisa diandalkan.

Related Post :