Mengenal Virus Corona dan Cara Memantau Perkembangan Virus Corona Secara Online

News & Release, Serba Serbi / 6 | | 0

Awal Tahun Dunia kembali digegerkan oleh berbagai kejadian yang bisa menjadi perhatian besar sebagai salah satu bencana besar untuk dunia. Adapun pada Bulan Januari ini, China menjadi negara awal yang  terjangkit Virus Corona. Virus Corona sendiri berasal dari sebuah Kota bernama Wunan dimana awal kejadiannya banyak orang serentak jatuh sakit setelah mengunjungi pasar grosir makanan laut Hua Nan dan Jumlah penderita tersebut terus meningkat dengan sangat cepat.

Pada Akhirnya, Pasar tersebut akhirnya ditutup pada 1 Januari 2020 untuk sanitasi dan desinfeksi dikarenakan banyak kasus dan laporan yang muncul. Namun, Faktanya juga banyak laporan  yang muncul terkait terjangkitnya Virus Corona juga dialami oleh orang-orang yang tidak pernah mengunjungi pasar grosir makanan laut Hua Nan.

Virus Corona ini biasanya ditularkan dari hewan ke manusia, dimana hewan yang terinveksi dapat menularkan virus corona ini melalui makanan, maupun kontak secara langsung dengan hewan yang terinveksi. Namun, fakta yang baru pada Virus Corona ini, penularan dapat terjadi dari manusia ke manusia yang menyebabkan jumlah penderita semakin meningkat dari hari ke hari.

Seperti apa Gejala inveksi dari Virus Corona ini ? Gejala awal yang muncul adalah seperti pilek atau flu biasanya muncul dari dua hingga empat hari setelah infeksi virus corona. Kemudian juga muncul gejala lainnya meliputi: Bersin, Pilek, Kelelahan, Batuk, Demam tinggi yang dialami penderita, Sakit tenggorokan, Memperburuk asma, Sesak nafas.

Pada kasus yang lebih parah infeksi dapat menyebabkan pneumonia, Sindrom pernapasan akut, Gagal ginjal, adn paling parah bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Total Jumlah penderita yang sudah terinveksi ada 1,438 orang yang dilaporkan terkena Virus Corona dan lebih dari 40 Orang meninggal Dunia dimana mmayoritas kasus banyak terjadi di China yang merupakan negara awal kemunculan Virus Corona ini.

 

Infografis Virus Corona

Sumber Foto: Infografis/Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya/Edward Ricardo (CNBC Indonesia)

 

Virus dapat menyebar dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau kontak dekat sehingga lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya. Masalah lainnya dari penyebaran Virus ini adalah belum ada vaksin yang bisa mencegah infeksi Virus Corona ini yang menyebabkan penyebarannya semakin cepat dan tidak diketahui pasti.

Di Indonesia saat ini dilakukan penjagaan ketat untuk pengunjung dari China ke Indonesia terutama bagi penumpang yang berasal dari negara-negara yang sudah terjangkit virus corona ini. Saat ini sudah banyak bandara, pelabuhan dan akses masuk lainnya di Indonesia yang menggunakan thermal scanner, memberikan health alert card, dan KIE kepada penumpang untuk mengantisipasi masuk dan meluasnya virus ini ke Indonesia.

Kamu dapat memantau secara realtime penyebaran virus ini secara online melalui Situs berikut ini : Online Realtime Virus Corona.

 

 

Kita tidak perlu Khawatir dengan virus ini, namun kita juga perlu waspada untuk dapat menghindar dari virus ini. Gunakan masker dan selalu memakan makanan yang matang dan bersih serta juga menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terkena dampak dari Virus Corona ini. Keep Safe Guys!

Related Post :

popup image