Panduan Menggunakan VPS Untuk Pemula

Development & Security, Tutorial / 0 | | 1

Pada artikel kali ini IDCloudhost ingin berbagi tentang bagaimana menggunakan VPS (Virtual Private Server). Sebelumnya teman-teman harus mengetahui apa itu VPS? VPS adalah layanan Server/Hosting yang membagikan satu Server Fisik (Physical Server) menjadi beberapa Server Virtual sedangkan Cloud Server adalah gabungan beberapa server yang terkoneksi menjadi suatu platform yang dapat menjalankan beberapa Server Virtual.

Salah satu kelebihan Cloud Server jika dibandingkan dengan VPS adalah kemampuannya yang memungkinkan kita untuk menaikan atau menurunkan Kapasitas Penyimpanan (Storage), CPU dan RAM sesuai dengan kebutuhan kita tanpa harus melakukan Migrasi Server (Pemindahan Server). Kemudahan untuk menaikan dan menurunkan Storage, CPU dan RAM ini biasanya disebut dengan “On Demand”. Cloud Server juga memiliki Security (Keamanan) yang lebih baik jika dibanding dengan VPS. Namun biaya sewa Cloud Server sedikit lebih mahal daripada VPS.

Beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pemula, yaitu sebagai berikut:

Apa yang di dapatkan jika menyewa sebuah VPS ?

Teman-teman akan mendapatkan akses control panel (tergantung reseller) dan juga akses root untuk VPSnya.

Apa itu control panel dan akses root ?

Control panel adalah sebuah panel yang berbentuk web dimana kita mengelola VPS kita, fungsi dari control panel yaitu seperti reboot, reinstall, shutdown dan semua yang berhubungan dengan hardware, sedangkan untuk akses root adalah sebuah akses admin untuk kita menjalankan VPS, fungsi – fungsi untuk instalasi aplikasi, kita wajib menggunakan akses root, seperti install VPN, webmin, Ptunel .dll.

Lalu setelah mendapatkan control panel dan akses root tersebut ?
Lalu coba login ke control panel teman-teman untuk melakukan pengecekan apakah VPS yang anda dapat sesuai dengan apa yang reseller itu janjikan sebelumnya, untuk mengakses control panel teman-teman, teman-teman bisa melihat di email yang reseller kirimkan.

Untuk Instalasi atau Setup sebuah VPS atau Cloud Server ini, kita memerlukan beberapa perlengkapan penting yakni VPS atau Cloud Server, Operating System (OS), Control Panel dan Platform Blog. Di Tutorial ini, kami akan mengunakan layanan Cloud Server dari DigitalOcean, OS Linux ubuntu, Control Panel Vestacp dan platform Blog WordPress. Aplikasi ssh client yang kami gunakan adalah Putty untuk windows.

Berikut ini beberapa langkah menggunakan VPS di windows:

  • Langkah awal, bukalah aplikasi Putty kemudian masukkan IP VPS, kolom port biarkan terisi default 22 lalu klik open.
  • Setelah muncul permintaan login silahkan masukan saja root dan enter.
  • Selanjutnya akan ada permintaan password yang dapat diisikan sesuai dengan password yaang diberikan oleh pihak pemberi VPS.
  • Selain itu, bisa juga melakukan pengaturan atau melakukan update terlebih dahulu dengan apt-get update (debian) untuk centos dan untuk update bisa dengan perintah yum update.

Sementara itu, bagi pengguna Mac OS silahkan untuk menggunakan open SSH macOS X. Nah, cara menggunakan VPS untuk pemula bagi pengguna linux tidak perlu menginstal aplikasi lainnya lagi dan langsung saja menggunakan terminal yang ada.

 

Related Post :