Menjadikan VPS Menjadi Mail Server

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Menjadikan VPS Menjadi Mail Server

Dalam membuat email domain sendiri di VPS linux, teman-teman harus membuat dan mengatur mail server terlebih dahulu di VPS kalian. Caranya dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis. Yang dimaksud cara manual disini adalah teman-teman tidak perlu menginstall control panel apapun pada vps teman-teman, tapi langsung menginstall dan mengatur berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat mail server teman-teman, seperti mySQL, Postfix, Dovecot, Squirrelmail dan lain-lain. Cara manual ini untuk pemula cukup merepotkan, karena terlalu banyak aplikasi yang harus disetting.

Sedangkan yang otomatis dengan menginstall control panel yang memiliki fitur pengaturan mail server secara otomatis di VPS teman-teman. Control panel yang digunakan boleh berbayar ataupun gratis. Dengan control panel lebih mudah karena teman-teman hanya perlu menginstall control panel pada VPS teman-teman dan mail server siap untuk digunakan.

Salah satu cara membuat mail server di centos adalah denga menginstall Postfix, Devecot dan Squirrelmail. Postfix digunakan untuk mengirim email (Mail Transfer Agent) menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan Devocot digunakan untuk memberikan layanan IMAP (Internet Mail Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol) ini merupakan protokol standar internet yang biasa digunakan untuk menerima email atau mengambil email yang tersimpan pada server. Sedangkan Squirrelmail digunakan untuk mempermudah dalam mengakses email melalui tampilan web (website access).

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat teman-teman gunakan dalam menggunakan mail server teman-teman. Sebut saja sendmail yaitu aplikasi Mail Transfer Agent (MTA) default yang biasa digunakan dalam Centos dan RedHat. Ada juga aplikasi MTA lain seperti Zimbra, Qmail, Exim, Courier Mall server, Meidware, ESMTP dan lainnya. Untuk aplikasi IMAP/POP3, selain Devocot masih ada lagi yaitu Citadel, Bongo, Indimall, Open-Xchange, Xmail dan lainnya. Tetapi Devocot cenderung lebih cepat dalam proses instalasi IMAP dan POP3nya dan lebih mudah mengkonfigurasi serta lebih dapat menghemat memori (RAM) pada saat menjalankannya sehingga aplikasi ini lebih banyak diminati.

Baca Juga : Tutorial Membuat Email Terlihat Profesional Menggunakan Domain Website

Untuk aplikasi Webmail access ada aplikasi lainnya yaitu seperti Horde dan RoundCube yang dapat teman-teman pilih untuk diinstall pada server teman-teman. Tetapi yang populer dan banyak digunakan adalah squirremail karena hemat memory (RAM) dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sebelum melakukan proses instalasi dan konfigurasi mail server (postfix, dovecot dan squirrelmail) di VPS ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu.

  • Membuat A record dan MX record
  • Membuat PTR record
  • Setting hostname dan FQDN
  • Menghapus sendmail
  • Install LAMP stack
  • Atur settingan ip tables (optional)

Cara manual diatas dapat dilakukan jika teman-teman dapat melakukannya, jika tidak teman-teman dapat membuat mail server di VPS dengan control panel. Control panel dapat membuat mail server secara otomatis, mungkin ada yang harus disetting lebih lanjut atau bahkan ada juga yang tidak menyediakan fitur tersebut sama sekali, sehingga teman-temn tetap harus menginstall dan mengaturnya secara manual. Teman-teman dapat menggunakan control panel EHCP yang gratis dan mudah diakses.

Related Post :