Menjadikan VPS Sebagai Web Hosting

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Pada tulisan kali ini akan membahas banyak tentang VPS yaitu menjadikan VPS (Virtual Private Server) sebagai web hosting bagi pemula cukup banyak menemukan kendala-kendala. Apalagi yang masih baru mengenal VPS, tentunya akan kesulitan dalam mengkonfirugasi VPS untuk menjadikannya sebagai sebuah webhosting handal dan menginstall aplikasi-aplikasi penunjang yang diperlukan.

VPS selain dapat digunakan sebagai hosting juga dapat digunakan untuk fungsi-fungsi yang lain seperti VPN, Mail Server, DNS Server, SSH Tunneling, Proxy dan lainnya. Dengan banyaknya fungsi dari VPS tersebut, maka tak jarang pula orang yang ingin memanfaatkannya secara maksimal. Karena hanya dengan membayar satu kali mereka bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

Memilih menggunakan unmanaged VPS sebenarnya tidak cocok bagi teman-teman yang masih pemula karena butuh memanajemen sebuah server website atau blog. Dimana dalam menggunakan unmanage VPS segala bentuk troubleshooting kita sendiri yang mengatasinya. Mulai dari error Mysql atau permasalahan seputar webserver seperti Apache atau Nginx. Unmanage VPS artinya tidak dimanage oleh pihak layanan hosting atau VPS. Bebeda dengan VPS yang managed dimana keseluruhan dikelola oleh penyedia VPS.

Menjadikan VPS sebagai hosting tidak sesusah yang dibayangkan. Langkah awal yang teman-teman lakukan yaitu mempunyai VPS baik linux ataupun windows. Tetapi kali ini kita akan bahas VPS linux karena yang biasa dan banyak digunakan oleh webmaster serta paling terjangkau, paling aman, dan juga paling hemat resource.

Dengan menggunakan panel Webuzo kita dapat dengan mudah menjadikan VPS menjadi web Hosting tanpa rbet oleh setingan yang membingungkan. Karena control panel ini cukup bagus dalam memanajemen website atau blog teman-teman. Dan tingkat system security ya cukup baik dibandingkan dengan control panel lainnya.

Webuzo adalah sebuah singel panel dari softaculous yang bisa di installkan ratusan lebih aplikasi web seperti wordpress, joomla, openchart, WHMCS, drupal dan banyak lagi lainnya. Syarat menggunakan webuzo pada VPS adalah dengan OS Linux Centos versi terbaru dan model 64 bit. Sudah terinstall yum/ apt- get, wget dan tar, RAM VPS minimal 512, lebih besar lebih baik, kapasitas HDD VPS minimal 5 GB atau lebih.

Related Post :