Microsoft Office 365 : Kelebihan dan Keunggulan Serta Manfaatnya Bagi Bisnis

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

Praktis dan efisiensi sangat penting untuk bisnis karena akan membantu dalam membuat, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan lancar membuat organisasi mana pun menjadi lebih efektif. Memiliki akses ke alat produktivitas yang memungkinkan orang melakukan pekerjaan mereka dengan lebih mudah dan dari mana saja, membuat organisasi gesit dan memungkinkan mereka bersaing di sektor mereka. Office 365 adalah rangkaian produktivitas Microsoft dengan alat seperti Word, Exchange, Excel, SharePoint, Teams, dan lainnya. Karena Office 365 berbasis cloud, pengalaman berfitur lengkap dapat diakses dari mana saja, di perangkat apa pun, selama online.

Alat di Office 365 saling melengkapi dan bekerja sama dengan mulus, sehingga harus dimiliki untuk bisnis apa pun. Namun, penelitian telah mengungkapkan bahwa dalam hal suite produktivitas di cloud, Office 365 dua kali lebih populer dari Google G Suite di Eropa. Menurut data dari EMEA Cloud Report, ditemukan bahwa 43% perusahaan menggunakan Office 365. Sedangkan hanya 22% yang menggunakan Google G Suite. Berikut adalah 7 keunggulan Office 365 terbesar, yang semuanya pasti akan menjadi alasan Office 365 begitu populer di kalangan organisasi.

Menerapkan Office 365 dapat memberikan banyak manfaat bagi organisasi mana pun. Anda akan menggunakan sesuatu yang sudah Anda kenal, dan siapa pun yang menggunakan Office 365 dapat bekerja dari mana saja selama ada koneksi internet. Microsoft 365 merupakan bagian dari Microsoft Modern Workplace, solusi terintegrasi ini memberi Anda akses ke aplikasi bisnis Microsoft terbaru seperti Outlook, Word, Excel, OneDrive, SharePoint, dan Microsoft Teams yang semuanya membantu memfasilitasi transformasi digital di seluruh bisnis Anda.

 

Memahami Kelebihan dan Keunggulan Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 : Kelebihan dan Keunggulan Serta Manfaatnya Bagi Bisnis
 

 

Dirancang untuk membantu pekerjaan lebih mudah, Microsoft menyediakan banyak pilihan dukungan dan fitur yang lebih spesifik untuk mengakomodasi setiap pekerjaan yang juga tidak kalah spesifik selain juga kompleks. Berikut kelebihan yang akan didapatkan pekerja dan perusahaan jika menggunakan Microsoft Office 365 :

 

  • Akses file dimana saja

    Office 365 memungkinkan organisasi Anda untuk menyimpan semua file di awan. Ini berarti mereka dapat diakses di perangkat apa pun, dari lokasi mana pun dengan koneksi internet. Untuk organisasi di mana kerja seluler sangat penting, dapat mengakses semua aplikasi dan file yang Anda butuhkan saat di luar kantor sangat berharga.

  • Penyimpanan cloud yang terjamin aman

    Office 365 adalah lingkungan yang benar-benar aman dengan langkah-langkah keamanan yang kuat, seperti autentikasi dua faktor, yang memastikan orang yang tidak berwenang tidak dapat mengakses file Anda jika mereka masuk ke perangkat Anda. Deteksi ancaman dan anti-malware berarti ancaman keamanan diidentifikasi dan dihentikan segera, yang sangat penting bagi organisasi yang berurusan dengan data atau informasi rahasia. Menggunakan Office 365 berarti bisnis Anda bebas beroperasi tanpa masalah keamanan.

  • Meningkatkan komunikasi

    Office 365 memberi pengguna alat untuk menjaga komunikasi tetap terpusat dan langsung di Skype dan Outlook. Skype for Business memungkinkan Anda mengadakan panggilan konferensi dan rapat dengan staf dan agensi eksternal di mana saja di dunia, sehingga Anda selalu dapat berkolaborasi dan berkomunikasi terlepas dari jarak atau perbedaan waktu. Teams menyediakan fungsi pesan instan di mana komentar dapat ditambahkan dan file diunggah secara bersamaan, yang berguna untuk kolaborasi lintas departemen dan saat menulis dokumen bersama. Yammer adalah fitur lain dari Office 365 yang bertindak sebagai semacam jaringan sosial untuk organisasi Anda. Dengan memposting di ‘umpan berita’ perusahaan Anda, Anda dapat langsung mengirim pesan ke seluruh tenaga kerja, dan staf menerima pemberitahuan email ketika ada postingan baru sehingga pesan tidak terlewatkan. Siapapun dapat mengomentari postingan, dan Anda dapat membuat ‘saluran’ berbeda di Yammer untuk tujuan berbeda, sehingga Anda tidak harus selalu memposting ke seluruh perusahaan.
    &nbps;
    Baca Juga   :    Cara Mengubah File Microsoft Word ke PDF dengan Mudah dan Cepat

  • Pembelanjaan yang dapat diprediksi

    Office 365 dibayar per pengguna, per bulan, seperti langganan yang biaya lisensi Anda tergantung pada tingkat fungsionalitas yang Anda pilih untuk bisnis Anda. Tingkat perusahaan yang berbeda mencakup aplikasi dan produk yang berbeda, yang menentukan biaya setiap lisensi. Membayar per pengguna, per bulan memberi Anda pengeluaran yang dapat diprediksi dan membantu Anda menganggarkan pengeluaran Anda. Upgrade termasuk dalam biaya lisensi Anda, jadi tidak ada biaya tak terduga atau tambahan. Jika Anda membeli lisensi Anda melalui Core, Anda juga dapat mengubah jumlah lisensi yang Anda miliki kapan saja, jika Anda menyewa atau orang pergi, misalnya. Dengan begitu, Anda tidak pernah memiliki lisensi berlebihan dan tidak ada pemborosan.

  • Membantu keberlangsungan bisnis

    Dengan file yang disimpan di cloud dan dicadangkan secara teratur, organisasi Anda terus beroperasi seperti biasa jika terjadi bencana di kantor. Apapun yang terjadi pada perangkat fisik Anda, email, file, dan data Anda disimpan dengan aman di cloud. Exchange juga memiliki fitur pemulihan yang berarti email individual atau bahkan seluruh kotak masuk dapat dipulihkan jika diperlukan. Apapun situasinya, bisnis dapat berjalan seperti biasa jika Anda menggunakan Office 365.

  • Peningkatan otomatis

    Semua aplikasi penting seperti Word, Excel, dan Outlook disertakan dan berfungsi secara online tanpa perlu menginstal perangkat lunak apa pun. Upgrade dilakukan secara otomatis pada interval yang telah ditentukan, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan versi terbaru yang akan terjadi secara otomatis. Biaya untuk membeli perangkat lunak baru juga dihapus karena pembaruan disertakan dalam langganan untuk lisensi Office 365 Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Menggabungkan File Microsoft Word secara Online dengan Mudah dan Cepat

 

Manfaat Microsoft Office 365 Bagi Bisnis

Microsoft Office 365 : Kelebihan dan Keunggulan Serta Manfaatnya Bagi Bisnis
 

 

Dengan Microsoft 365, bisnis bisa menghubungkan karyawan ke orang, informasi, dan konten yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda, dari perangkat apa pun. Microsoft Office 365 for Business lebih dari sekadar Microsoft Office di cloud. Ini menawarkan banyak manfaat untuk bisnis, membantu pertumbuhan, menghemat uang untuk beberapa nama. Berikut manfaat Microsoft 365 untuk bisnis Anda :

  • Skalabilitas

    Office 365 memberi Anda fleksibilitas untuk menskalakan bisnis Anda dengan cepat karena dapat berkembang bersama Anda. Bisnis memiliki kemampuan untuk mencampur dan mencocokkan aplikasi untuk membuat solusi kustom Anda sendiri untuk setiap pengguna atau departemen, dan mudah untuk menambahkan atau menghapus pengguna hanya dengan menambahkan atau menghilangkan lisensi. Karena Anda dapat meningkatkan sesuai kebutuhan, tim Anda dapat terus bekerja dengan alat yang mereka kenal saat Anda berkembang, Anda tidak perlu mengubah ke sistem baru atau beradaptasi dengan alat baru.

  • Tanpa batasan

    Salah satu manfaat utama Office 365 adalah kemampuan untuk bekerja dari mana saja selama Anda memiliki konektivitas internet. Karena sepenuhnya berbasis cloud, email, file, dan program Office (termasuk Word, PowerPoint, Excel, dll.) dapat diakses dari lokasi mana pun dan perangkat apa pun. Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi dari PC, Mac, atau perangkat iOS, Android, atau Windows Anda dengan siapa pun secara real time. Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan dengan banyak lokasi, karyawan jarak jauh, atau karyawan yang sering bepergian.

  • Kemudahan kolaborasi kerja

    Setiap orang yang perlu berkontribusi atau mengedit dokumen, atau spreadsheet, presentasi, dll, dapat mengerjakan versi yang sama dan mendapatkan perubahan waktu nyata (real-time) daripada memiliki banyak salinan. Pembuatan versi juga disertakan jika Anda perlu kembali ke versi yang lebih lama. Selain itu, dengan video HD multipartai, kalender bersama, dan obrolan tim, anggota tim akan selalu sinkron.

  • Model berbasis langganan untuk pertumbuhan bisnis yang scalable

    Office 365 memberi Anda fleksibilitas yang ditingkatkan dan dapat dengan cepat menskalakan seperti halnya bisnis Anda. Sebagai permulaan, Anda akan dapat mencampur dan mencocokkan aplikasi bisnis untuk membuat solusi kustom Anda sendiri untuk memenuhi kebutuhan yang tepat dari setiap pengguna atau departemen. Plus, salah satu manfaat utama model berbasis langganan Office 365 adalah Anda dapat menambahkan atau menghapus pengguna hanya dengan menambahkan atau menghapus lisensi.
    Dengan cara ini, jika seorang karyawan pergi, Anda dapat berhenti membayar perangkat lunak sebagai layanan daripada terus membayar akun yang tidak lagi digunakan. Jika karyawan baru dipekerjakan, Anda dapat menambahkan akun baru tanpa harus mengubah seluruh sistem. Tanpa harus membuat komitmen permanen untuk lisensi perangkat lunak untuk setiap karyawan, bisnis Anda dapat ditingkatkan dengan cara yang disederhanakan dan hemat biaya.

  • Kolaborasi bisnis yang efisien

    Jika Anda memiliki banyak karyawan jarak jauh dalam bisnis Anda, kolaborasi dapat terganggu ketika setiap anggota tim tidak bekerja dari lokasi yang sama. Tanpa interaksi tatap muka yang konstan, karyawan Anda akan memerlukan akses ke alat kolaborasi bisnis modern yang memungkinkan untuk bertukar pikiran, bekerja sama dalam sebuah proyek, atau melakukan pengeditan dan persetujuan dari jarak jauh dan waktu nyata. Karena Office 365 adalah layanan berbasis langganan yang menggunakan fitur konektivitas online, fitur kolaborasinya dirancang dengan mempertimbangkan pekerja jarak jauh. Misalnya, dengan Office 365 Bisnis Premium, karyawan Anda akan dapat menggunakan Microsoft Teams, pusat kolaborasi lengkap Microsoft. Pengguna akan dapat mengerjakan dan mengedit dokumen online secara bersamaan, berbagi catatan dan melakukan pengeditan secara real time, dan bergabung dengan konferensi audio atau video untuk mendiskusikan perubahan atau memberikan persetujuan, bahkan ketika semua anggota tim yang terlibat tidak bersama secara fisik.

 

Baca Juga  :   Cara Install dan Aktivasi Microsoft Office di Laptop Windows dan Mac OS

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap pekerjaan di era digital saat ini bisa dikatakan sangat kompleks dengan ritme kerja yang dinamis bahkan hingga cepat dan tinggi. Tidak mengherankan kalau diperlukan dukungan yang mampu perusahaan maupun pekerja untuk tetap dapat produktif dengan pekerjaan mereka. Terlebih lagi juga, digitalisasi membuat semuanya serba mudah sehingga pekerjaan dilakukan dan disimpan secara online.

Disinilah diperlukan dukungan yang handal seperti yang ditawarkan Microsoft Office 365 yang data dengan berbagai fitur yang mampu mengakomodir banyak kebutuhan pekerjaan. Bahkan dengan Fitur Penulisan Bersama memungkinkan Anda mengedit, menyimpan, dan berbagi dokumen secara virtual dari mana saja, baik di kantor, rumah, atau di seluruh dunia. Anda dan tim Anda akan selalu berada dalam lingkaran. Setiap orang dapat menambahkan konten mereka dan mengedit dokumen (dokumen Word, slide PowerPoint, dll) secara bersamaan dan melihat siapa yang melakukan apa. Ini tentunya membuat pekerjaan era teknologi lebih mudah serta praktis bagi mereka yang terlibat didalamnya.

Related Post :