Midtrans Payment Gateway: Panduan Dasar, Cara Kerjanya

Business, Marketing / 0 | | 0

Metode pembayaran yang paling sering digunakan biasanya ialah transfer via atm. Namun, tahukah anda? Jika ada banyak jenis selain atm untuk pembayaran pembelanjaan. Nah, salah satunya ialah Payment Gateway. Teknologi yang memanfaatkan internet ini memang sudah berkembang di Indonesia menjadi salah satu sistem pembayaran yang banyak digunakan. Selain cepat, Payment Gateway relatif aman digunakan.

Jika anda ingin membeli pakaian contohnya pada sebuah toko online. Biasanya pihak toko sudah menyediakan sistem pembayaran payment gateway. Payment Gatwey sebenarnya ada banyak macamnya, salah satunya ialah Midtrans.

Bahkan sudah banyak beberapa bank yang kini juga menggunakan Midtrans. Nah, sebelum menggunakan Midtrans yuk simak penjelasannya sebagai berikut ini.

 

Apa Itu Payment Gateway?

Payment Gateway merupakan sebuah gerbang atau medium transaksi yang disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce yang bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/ online. Payment gateway ini bisa mempermudah pebisnis sekaligus kliennya dalam bertransaksi

Baca Juga : Kunci Sukses Bagaimana Memulai Binis Online yang Baik dan Benar

Apa Itu Midtrans?

 

Midtrans merupakan salah satu digital payment gateway. Midtrans biasanya banyak digunakan oleh Teknologi dari MidTrans ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan ukm atau bisnis anda. Dengan memanfaatkan teknologi ini, pembayaran online akan semakin cepat dan mudah untuk digunakan.

Bahkan Midtrans sudah bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia misalnya Mandiri dan BNI yang merupakan Bank BUMN. Midtrans membuat pertumbuhan perekonomian di Indonesia menjadi maju, berkat transaksi online dari beberapa ukm dan bisnis yang sedang berkembang.

 

Keuntungan Payment Gateway

Setelah mengetahui definisi payment gateway, selanjutnya sebelum menggunakan dan memilih jenis payment gateway yang tepat. Anda dapat memahami keuntungan payment gateway berikut ini :

 

  1.  Transaksi Pembayaran Pelanggan Anda Dijamin Aman

    Ketika melakukan transaksi pembayaran, semua data-data pelanggan terjamin keamanannya. Sistem Payment Gateway sudah terintegrasi dengans sistem, sehingga data anda kan terlindungi. Sehingga pelanggan Anda tidak ragu dan khawatir akan resiko penipuan yang mungkin saja terjadi pada waktu transaksi.

  2. Melalui Toko Online Dengan Layanan Lengkap dan Responsif

    Dengan memanfaatkan teknologi saat ini dapat memudahkan anda untuk membangun toko online dan mendapatkan pelanggan dengan cakupan lebih luas. Anda tidak perlu repot – repot untuk mendirikan toko offline dengan biaya yang mahal, hanya dengan modal yang dibutuhkan dapat ditekan atau tidak perlu banyak, asalkan Anda tepat melihat peluang pasar dan dapat memanfaatkan internet sebaik-baiknya sebagai alat penjualan. Transaksi jaman sekarang sudah berubah ke arah serba digital atau online yang mau tidak mau harus Anda ikuti.

  3. Pembelian Mudah Dilakukan dengan Jangkauan Internet yang Sangat Luas

    Keuntungan lain dalam menggunakan payment gateway adalah jangkauan pasar Anda sangat luas, karena akses pembayaran dapat dengan mudah dilakukan melalui sistem digital. Sehingga memungkinkan calon pelanggan Anda merupakan masyarakat berbagai kalangan dengan jumlah yang banyak. Hal ini akan mempercepat penjualan Anda.

  4. Tidak Merepotkan Pelanggan

    Sistem pembayaran online yang sudah bekerja sama dengan beberpa abank, membuat sistem pembayaran payment gateway ini lebih memudahkan pelanggan. Sehingg pelanggan tidak perlu kerepotan untuk datang ke atm ataupun menginstall satu persatu aplikasi e- banking.

 

Cara Kerja Midtrans

 

Midtrans merupakan salah satu sistem payment gateway di Indonesia yang mudah digunakan. Cara kerjanya ialah pertama, Anda perlu mendaftarkan toko online Anda sendiri dengan cara terhubung ke merchant admin portal MidTrans didalam mode testing. Di mode tersebut, Anda dapat mencoba berbagai macam pengaturan yang telah tersedia tanpa perlu mengubah apapun.

Selanjutnya, silakan anda lanjutkan pendafaran dengan memenuhi beberapa dokumen yang ada. Dokumennya berupa persyaratan yang akan diverifikasi oleh MidTrans. Kelengkapan dokumen ini menjadi penting supaya Anda segera bisa menerima pembayaran dari bisnis online yang dijalankan. Dokumennya ada dua jenis yaitu KTP dan NPWP. Keduanya agar Anda diberi kewenangan untuk masuk ke sistem pembayaran card payment atau transfer via bank.

Akun yang Anda punya bisa juga dimanfaatkan untuk bisnis, baik bersifat individu maupun kolektif seperti sebuah perusahaan. Terakhir Anda dapat mengintegrasikan teknis yang sudah disediakan ke situs bisnis online atau e-commerce milik Anda dengan tim developer.

Ini dilakukan agar bisa memudahkan proses check out dari pelanggan. Jangan khawatir tentang kesulitan dalam mengintegrasikannya. Mengapa? Sebab di MidTrans, ada banyak sekali pilihan untuk berbagai macam platform yang dapat Anda pakai.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Gateway (Gerbang Jaringan)

Biaya Penggunaan Midtrans

Nah, setelah anda tau cara kerja Midtrans. Selanjutnya jika anda ingin menggunakan Midtrans ini, Anda hanya perlu membayar ketika proses pembayaran atau transaksinya telah berhasil. Harga yang dikenakan juga sudah termasuk dengan biaya proses dari bank dan sistem deteksi fraud.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya awal, biaya maintainance atau terkena berbagai macam biaya atau tarif lainnya. Selain itu, kemudahan Midtrans juga dapat Anda coba sendiri nantinya ketika menerima pembayaran dari pembeli yang berbelanja pada anda.

Pilihan yang disediakan beragam sekali, seperti tranfer, debit, pembayaran kartu, e-wallet, dan juga bisa melalui konter seperti indomaret. Biayanya pun sangatlah bervariasi serta terjangkau, tidak lebih dari uang Rp 5000 setiap transaksi.

 

Kesimpulan dan Saran

Bagaimana menurut anda? Payment Gateway dapat memudahkan anda dalam bertransaksi baik antar bank maupun kredit. Midtrans salah satu contohnya. MidTrans bahkan sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Bank BNI yang merupakan bank BUMN.

MidTrans juga bekerja sama dengan alfamart serta Gopay. Jika anda ingin mendirikan sebuah bisnis, dengan kemudahan bertransaksi hanya dengan satu aplikasi saja. MidTrans sangat cocok anda gunakan.

Sistem pembayaran online saat ini banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini karena lebih aman dengan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Selamat mencoba.

Related Post :

popup image