Panduan Mengenal Apa Itu dan Fungsi Mind Mapping

Informasi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Mind mapping adalah cara grafis untuk mewakili ide-ide dan konsep. Ini adalah alat berpikir visual yang membantu Anda menyusun informasi, membantu Anda menganalisis, memahami, mensintesis, mengingat, dan menghasilkan ide-ide baru dengan lebih baik. Sama seperti dalam setiap ide hebat, kekuatannya terletak pada kesederhanaannya. Dalam mind mapping, berbeda dengan pencatatan tradisional atau teks linier, informasinya disusun sedemikian rupa sehingga lebih mirip dengan cara kerja otak Anda yang sebenarnya.

Karena ini adalah aktivitas yang analitis dan artistik, ini melibatkan otak Anda dengan cara yang jauh lebih baik, n dammembantu dalam semua fungsi kognitifnya. Yang terbaik dari semuanya, mind mapping adalah kegiatan yang menyenangkan. Meskipun mind mapping dan model serupa telah digunakan selama berabad-abad, pertama kali dipopulerkan oleh psikolog Inggris Tony Buzan, yang juga menemukan teknik membaca cepat pertama. Dia berpendapat bahwa garis tradisional mengharuskan pemikir untuk mengambil informasi dari kiri ke kanan dan atas ke bawah. Menurut Buzan, metode tersebut secara inheren membatasi dan bertentangan dengan cara kita memproses informasi secara alami. Peta pikiran memungkinkan kita untuk mengikuti preferensi alami otak, yaitu memproses informasi secara lebih holistik dan non-linier.

Untuk lebih memahami mengapa pemetaan pikiran begitu efektif, mari mengambil jalan memutar singkat ke dunia ilmu kognitif. Apa yang terjadi ketika Anda menggigit makanan favorit Anda? Atau mengingat kenangan? Atau menonton film? Setiap kali sepotong informasi memasuki otak Anda, itu menjadi bagian dari jaringan saraf yang kompleks. Jaringan ini hanyalah kumpulan informasi dalam bentuk simpul pusat dengan cabang-cabang terkait yang lebih kecil yang memancar dari setiap simpul. Dengan kata lain hal ini adalah sebuah peta pikiran atau mind mapping.

 

Baca Juga :  Manfaat dan Cara Melakukan Mind Mapping 

 

Mengenal Apa Itu Mind Mapping

Panduan Mengenal Apa Itu dan Fungsi Mind Mapping
 

Mind mapping adalah cara mudah untuk bertukar pikiran secara organik tanpa mengkhawatirkan keteraturan dan struktur. Hal ini memungkinkan Anda untuk secara visual menyusun ide-ide Anda untuk membantu dengan analisis dan mengingat. Mind Map terkadang menggunakan diagram untuk mewakili tugas, kata, konsep, atau item terkait dan diatur di sekitar konsep pusat atau subjek menggunakan tata letak grafis non-linear yang memungkinkan Anda untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep pusat. Mind mapping dapat mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir yang bekerja sesuai dengan cara alami otak Anda dalam melakukan sesuatu.

Ketika Anda mempelajari fungsi otak dan sistem memori, Anda akan menyadari tingkat luar biasa dari kapasitas dan potensinya. Mind mapping adalah alat yang digunakan untuk memikat, menyenangkan, merangsang, dan menantang Anda. Anda akan menemukan beberapa fakta menakjubkan tentang otak Anda dan fungsinya, dan Anda akan mengambil langkah besar pertama di jalan menuju kebebasan pikiran. Mind mapping merupakan cara yang sangat efektif untuk mendapatkan informasi masuk dan keluar dari otak Anda dimana ini adalah cara yang kreatif dan logis untuk mencatat dan membuat catatan yang secara harfiah memetakan ide-ide Anda.

Salah satu cara sederhana untuk memahami Mind Map adalah dengan membandingkannya dengan peta kota sebagai contoh. Pusat kota mewakili ide utama, jalan utama yang mengarah dari pusat mewakili pikiran-pikiran kunci dalam proses berpikir Anda, kemudian jalan atau cabang sekunder mewakili pikiran sekunder Anda, dan seterusnya. Gambar atau bentuk khusus dapat mewakili landmark yang menarik atau ide yang sangat relevan.

Teknik mind mapping terbukti membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dan pengorganisasian diri, meningkatkan kreativitas, merangsang penciptaan ide, dan meningkatkan visualisasi. Lebih dari 250 juta orang di dunia mempraktekkan teknik mind mapping untuk brainstorming, mengatur dan mempresentasikan ide dan pemikiran, mencatat, belajar, mengelola proyek, merencanakan, dan untuk banyak tugas lain dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mind mapping bekerja berdasarkan prinsip penggunaan kata kunci untuk mewakili ide dan/atau pemikiran yang terkait dengan satu subjek utama. Metode ini memicu kreativitas dan imajinasi Anda dan merangsang otak untuk mengembangkan lebih banyak ide dan pemikiran yang terkait dengan subjek utama peta pikiran.

 

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan cPanel dan WHM (WebHost Manager)

 

Fungsi dari Mind Mapping

Panduan Mengenal Apa Itu dan Fungsi Mind Mapping
 

Mind mapping dapat menyimpan dan menyusun sejumlah besar informasi untuk Anda. Ketika Anda mulai mencoba untuk menyusun informasi atau ide menggunakan mind mapping, ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan seperti dibawah ini.

  1. Melibatkan pikiran

    Mind mapping bermanfaat karena memicu kekuatan mental Anda, memungkinkan Anda untuk berpikir kritis tentang materi pelajaran inti dan bagaimana ide-ide terkait dan terhubung. ini adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan analitis.

  2. Memecah konsep kompleks

    Mind mapping sangat bagus untuk menyaring ide-ide kompleks menjadi potongan informasi yang lebih kecil. Karena mind mapping berfokus pada kata kunci dan diringkas, ini membantu menyederhanakan konsep dan fokus pada poin-poin penting.

  3. Meningkatkan memori

    Mind mapping melibatkan mengidentifikasi ide sentral dan menunjukkan dengan tepat bagaimana sub-ide terhubung dan terhubung ke ide sentral. Koneksi ini diilustrasikan secara hierarkis non linier dengan penggunaan visual dan warna, yang meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat kembali informasi.

  4. Meningkatkan produktivitas

    Manfaat pemetaan pikiran yang dipegang secara luas adalah bahwa pemetaan pikiran itu membebani dan meningkatkan produktivitas, memungkinkan Anda memanfaatkan waktu dengan lebih bermakna. Orang yang menggunakan peta pikiran untuk belajar, membuat catatan, manajemen proyek, dan presentasi sering kali membuktikan bahwa alat ini membantu mereka mengambil kendali penuh atas tugas dan tetap sangat terorganisir dan kreatif.

  5. Mudah ditinjau

    Mind mapping disusun sedemikian rupa sehingga topik sentral terhubung ke beberapa sub-ide terkait menggunakan cabang. Pendekatan ini memudahkan untuk memindai dan mendapatkan gambaran singkat tentang peta pikiran. Tidak seperti pencatatan linier tradisional di mana Anda harus membaca baris demi baris, Anda dapat dengan mudah memindai mind mapping, mengidentifikasi pusat dan sub-kata kunci untuk mengetahui fokus peta pikiran.

Baca Juga :  Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Setelah mengetahui sejumlah manfaat dari mind mapping, tidak lengkap rasanya jika Anda belum mengetahui langkah dalam membuat mind mapping. berikut cara atau langkah-langkah yang dapat Anda terapkan sebelum memulai menuangkan sebuah informasi atau ide menjadi format mind mapping.

  • Putuskan apakah akan menggambar di atas kertas atau digital
  • Cari tahu ide/subjek utama dari mind mapping Anda
  • Tentukan sub-ide utama yang secara langsung berdampak pada ide/konsep sentral
  • Buat lebih banyak koneksi dengan menggambar lebih banyak cabang

 

Baca Juga : Contoh Penerapan Aplikasi DBMS (Database Management System) dan Fungsi Penggunaanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Mind mapping menyajikan informasi secara visual. Metode ini menampilkan beberapa pemicu mental yang kuat seperti gambar, warna, bentuk, dan koneksi, yang membantu otak memproses dan menghafal sejumlah besar informasi. Studi telah menemukan bahwa mind mapping dapat meningkatkan memori dengan 10-15 persen. Menariknya, siswa dengan kesulitan belajar seperti disleksia atau autisme yang berfungsi tinggi telah melaporkan bahwa mind mapping dapat menjadi alat bantu belajar yang sangat berharga.

Kesimpulannya, manfaat menerapkan metode mind mapping dalam rutinitas sehari-hari Anda sangat besar. Setiap orang bisa menjadi pengguna mind mapping. Jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar, mind mapping pasti akan merangsang pemikiran kreatif Anda dan memungkinkan untuk memecahkan masalah dengan lebih efektif. Anda hanya perlu mengikuti semua langkah sebelumnya yang kami sertakan dalam artikel ini dan Anda akan mahir dalam mind mapping.

 

Related Post :