Apa Itu Mind Mapping, Teknik dan Cara Membuatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Salah satu cara untuk membuat kinerja Anda lebih terstruktur adalah mind mapping. Anda bisa menggunakan mind mapping untuk memetakan apa pun. Mind mapping dapat membantu Anda dalam memetakan banyak hal dalam sebuah grafik untuk memudahkan Anda dalam mengingat hal tersebut.

Mind mapping bisa membuat pekerjaan Anda juga lebih terstruktur, bahkan dapat membuat Anda bisa mengingatnya dalam jangka panjang. Menurut riset, 78% Anda bisa lebih mengingat sesuatu dengan Mind Mapping. Anda bisa mulai menggunakan teknik mind mapping ini untuk mempelajari materi yang kompleks.

Anda pasti sering sekali kesulitan saat mempelajari hal yang kompleks dan rumit. Anda bisa memecahnya menjadi beberapa bagian, setelah itu baru Anda bisa memulai untuk menyusun mind mapping. Sebelum Anda membuat mind mapping, Anda harus mengetahui apa itu mind mapping, apa saja manfaatnya dan teknik-teknik mind mapping. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tentang mind mapping.

 

Apa Itu Mind Mapping dan Manfaatnya

Apa Itu Mind Mapping, Teknik dan Cara Membuatnya
 

Bagi Anda yang belum tahu apa itu mind mapping, mind, mapping adalah sebuah struktur dua dimensi, bukan sekedar catatan biasa, biasanya mind mapping ini bisa berupa gambar grafik yang saling terhubung dan terbagi ke dalam beberapa bagian. Mind mapping pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan. Mind mapping adalah sebuah jawaban untuk Anda yang ingin membuat pekerjaan kompleks Anda bisa lebih terorganisir dan bisa Anda bagi ke dalam beberapa bagian.

Mind mapping biasanya lebih ringkas dibandingkan bentuk catatan pada umumnya. Berbeda dengan rangkuman yang berisi ringkasan, mind mapping berfokus pada pemetaan hal besar dan membaginya menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini membuat mind mapping memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memetakan Hal Kompleks

    Mind mapping dapat membantu Anda untuk memetakan hal yang kompleks. Anda akan membagi suatu hal kompleks ke dalam beberapa bagian yang saling terhubung ke satu sama lain. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengingat setiap rincian dari bagian-bagian tersebut tanpa takut ada bagian yang tertinggal. Misalnya saja, Anda menggunakannya untuk merencanakan bisnis Anda, ini akan membuat Anda bisa lebih teliti dalam merencanakan setiap hal.

  • Lebih Ringkas

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa mind mapping ini lebih ringkas dari catatan biasa, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membaca mind mapping disaat Anda membutuhkannya. Anda juga bisa menghemat kertas jika Anda membuat mind mapping di kertas.

  • Efektif

    Anda bisa memasukan hal-hal penting dan kompleks menjadi bagian-bagian yang kecil. Hal ini akan membuat Anda bisa efektif dalam mengerjakan tugas Anda. Terkadang Anda pasti bingung jika tugas-tugas Anda begitu kompleks, hingga membuat Anda frustasi karena tidak tahu harus memulai pekerjaan darimana. Dengan mind mapping, semua itu bukan masalah besar, mind mapping bisa membuat Anda lebih efektif dalam mengerjakan sesuatu.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Alat/Aplikasi Untuk Membantu Meningkatkan Produktivitas Kerja Terbaik

 

Cara Membuat Mind Mapping dengan Cepat

Ada beberapa langkah untuk membuat mind mapping dengan cepat, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat mind mapping dengan cepat dan mudah. Anda bisa menggunakan komputer, laptop, atau bahkan kertas untuk membuat mind mapping. Anda hanya perlu mengikuti tahap-tahapannya secara urut untuk membuat mind mapping yang baik.

  • Buat Judul per Subjek

    Anda perlu menuliskan judul per subjek dari setiap grafik yang Anda buat. Pertama, Anda bisa memulainya dengan menggambar bentuk apa pun, misalnya lingkaran. Setelah Anda menggambarkan gambar lingkaran, Anda perlu memasukan judul per subjek yang telah Anda petakan tersebut ke dalam lingkaran.

  • Sambungkan Garis

    Anda bisa menyambungkan garis pada gambar yang sudah Anda buat. Anda harus menghubungkan garis tersebut sesuai dengan lingkaran yang memiliki sub judul yang saling berkaitan. Beri masing-masing label pada baris-baris yang Anda buat dengan sebuah sub judul

  • Hubungkan Tiap Sub-judul

    Setelah Anda sudah mendapatkan pemetaan yang sebelumnya, sekarang Anda harus menghubungkan lagi label tersebut ke label berikutnya yang memiliki keterkaitan topik. Anda bisa melanjutkan pekerjaan ini sampai semua topik yang kompleks bisa terbagi ke dalam beberapa label dan sub judul yang sesuai.

  • Letakan Sub Judul yang Relevan

    Anda bisa menambahkan sub judul selama topik yang Anda masukkan relevan dengan mind mapping Anda buat. Mind mapping yang baik akan menampilkan keseluruhan topik yang kompleks sehingga bisa dibaca dengan baik. Anda tidak perlu khawatir mengenai struktur seperti apa yang akan terbentuk, ini akan semakin berkembang dengan sendirinya jika Anda menambah sub judul baru.

 

Baca Juga  :       Manfaat Design Thinking dalam Pekerjaan dan Bisnis

 

Teknik-teknik Mind Mapping

Apa Itu Mind Mapping, Teknik dan Cara Membuatnya
 

 

Jika Anda bingung untuk membuat struktur mind mapping yang seperti apa, Anda bisa menggunakan teknik mind mapping ini. Teknik mind mapping berikut ini akan membantu Anda dalam membuat mind mapping yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Teknik The Buzan

    Tony Buzan adalah orang yang mencetuskan teknik mind mapping yang satu ini, teknik ini adalah teknik paling dasar pembuatan mind mapping. Teknik The Buzan memanfaatkan gambar sentral untuk membuat orang-orang yang memakainya dapat mengingat lebih cepat, selain itu dalam pembuatan mind mapping menggunakan teknik The Buzan ini menggunakan cabang lengkung yang memancar dari gambar pusat. Setelah itu terdapat juga cabang-cabang yang lebih kecil untuk memudahkan orang-orang dalam memetakan ide dan gagasannya. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk memisahkan ide berdasarkan topik. Pencetus teknik The Buzan menggunakan teknik ini kepada dirinya sendiri untuk menguji efektivitasnya dalam memetakan sesuatu yang kompleks.

  • Spider and Bubble Maps

    Teknik spider and bubble maps ini merupakan teknik yang lebih modern dari teknik The Buzan. Perbedaan teknik spider and bubble maps dengan teknik Buzan terletak pada bagaimana Anda menyajikan topik-topik kompleks tersebut ke dalam beberapa jaring yang memiliki inti topik di tengahnya. Berbeda dengan teknik Buzan yang memberikan label cabang, teknik spider and bubble menggunakan garis untuk menghubungkan ide, ditampilkan sebagai “gelembung” di sekitar tema utama yang terletak di tengah. Topik-topik ini juga dapat dibedah lebih lanjut menjadi subtopik untuk memberikan detail dan kedalaman. Anda bisa memilih topik Spider and Bubble Maps jika Anda ingin memasukkan topik yang sangat kompleks dan banyak sub topik yang Anda masukkan.

 

Baca Juga  :      4 Alasan Mengapa Networking Penting Untuk Mengembangkan Karir

 

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda yang kesulitan untuk bisa mengerjakan tugas yang banyak dan kompleks, Anda bisa menggunakan mind mapping. Mind mapping adalah sebuah metode untuk membuat Anda bisa memetakan hal kompleks menjadi beberapa sub judul, yang kemudian bisa Anda sambungkan selama itu merupakan satu kesatuan dari tugas-tugas Anda yang kompleks.

Ada dua teknik mind mapping, yaitu teknik The Buzan dan teknik Spider and Bubble. Kedua perbedaan teknik tersebut ada pada sambungan cabangnya. Teknik Spider and Bubble memungkinkan Anda untuk menyampaikan materi yang kompleks untuk membaginya dengan cabang-cabang lain yang Anda hubungkan dan menjadi kesatuan yang bisa Anda baca dengan mudah.

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :