Monetize YouTube : Panduan Mendaftar, Persyaratan dan Memahami Cara Kerjanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Siapa yang tidak mengenal platform YouTube yang sangat populer di dunia saat ini. Bisa dikatakan ini adalah dimana banyak penduduk modern yang sudah mengenal hidup online dan digitalisasi berkumpul, menonton, membuat konten dan berbagi apa saja. Bahkan setiap harinya lima orang miliar telah menonton video yang ada di YouTube.

Ini berarti YouTube menjadi sama dengan pengguna yang telah menghabiskan rata-rata 40 menit per sesi YouTube. Tidak mengherankan kalau platform ini menjadi nomor 2 setelah Google karena orang- orang juga melakukan pencarian disini. Sejalan dengan pergeseran digital ini, banyak orang yang tertarik untuk bergabung menjadi content creator karena mereka juga mencari popularitas serta pendapatan.

Meski yang dibutuhkan oleh content creator baru hanyalah perangkat lunak pengeditan video dan komputer untuk dapat memulai di YouTube, tetapi mereka juga perlu memahami seluk beluk di platform ini. Jika menyinggung menghasilkan uang atau monetize/monetisasi, maka siapa saja bisa mendapatkan kesempatan juga peluang yang sama. Mari simak penjelasan singkat mengenai monetisasi di bawah ini.

 

Panduan Mendaftar dan Persyaratan Monetize YouTube

Monetize YouTube : Panduan Mendaftar, Persyaratan dan Memahami Cara Kerjanya
 

Sebelum Anda memulai memonetisasi saluran Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa saluran Anda memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan persetujuan monetisasi. Diperlukan waktu hingga 30 hari bagi YouTube untuk meninjau saluran Anda dan Anda harus menunggu tambahan 30 hari untuk mengajukan permohonan jika permohonan Anda ditolak. Salah satu alasan paling umum mengapa YouTube tidak menyetujui aplikasi monetisasi adalah duplikasi.

Untuk dapat menghindari masalah ini, saat menggunakan rekaman stok dan audio, pastikan Anda memiliki semua lisensi yang tepat. Hindari memakai video atau musik yang tidak memberikan lisensi bebas sehingga Anda bisa dianggap mencuri hak cipta nantinya. Dari sini Anda bisa mendaftar di YouTube Partner Program (YPP) yang merupakan cara paling umum dan sederhana untuk menghasilkan uang melalui akun YouTube. Maka untuk dapat memenuhi persyaratan untuk dapat mulai monetisasi video Anda, ikuti semua daftar berikut :

  • Anda harus mengikuti semua kebijakan YouTube Partner Program.
  • Anda tinggal di negara atau wilayah tempat YouTube Partner Program.
  • Anda setidaknya telah memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik dalam 12 bulan terakhir.
  • Akun Anda juga harus telah memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Akun AdSense telah ditautkan.

 

Baca Juga   :   Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Cara Kerja Monetize dan Pembayaran di YouTube

Agar dapat memonetisasi saluran YouTube, Anda harus menjadi bagian dari YouTube Partner Program. Pada peraturan sebelumnya, Anda harus mencapai 10.000 tampilan total untuk terdaftar dalam program ini. Sekarang, mereka mempertimbangkan aspek lain seperti ukuran saluran, keterlibatan pemirsa, dan perilaku pembuat konten. Sehingga peraturan dan persyaratan saat ini dinilai cukup mudah untuk dilakukan dan capai oleh YouTuber pemula.

Lalu setelah video Anda berhasil dimonetisasi, Anda akan dibayar setiap kali pemirsa menonton iklan yang tayang di sela- sela konten Anda. Anda juga bisa mendapatkan bayaran dari langganan YouTube Red, yang memungkinkan anggota menonton video tanpa iklan. Anggota YouTube Partner Program dibayar untuk konten mereka bergantung pada bagaimana pemirsa mereka terlibat dengan iklan. Beberapa pengiklan membayar per klik, sementara yang lain membayar per tampilan. Misalnya, pengiklan mungkin membayar biaya per klik sebesar $3, artinya mereka membayar $3 setiap kali pemirsa mengklik iklan mereka. Dalam model biaya per tampilan, pengiklan tidak membayar kecuali pemirsa terlibat dengan iklan setidaknya selama durasi 30 detik.

 

Baca Juga  :   Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Cara dan Strategi Menghasilkan Uang di YouTube

Monetize YouTube : Panduan Mendaftar, Persyaratan dan Memahami Cara Kerjanya
 

Meskipun dimungkinkan untuk menghasilkan pendapatan yang signifikan dari YouTube sebagai pembuat konten, tapi cara ini bukan opsi yang termudah karena adanya sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi lebih dulu agar YouTube menerima Anda. Dikarenakan ada 500 jam video diunggah ke YouTube setiap menit di seluruh dunia, maka persaingan menjadi sangat ketat sehingga untuk benar- benar menghasilkan uang di platform terkenal ini menjadi menjadi lebih menantang. Berikut adalah beberapa strategi ampuh yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda dari YouTube.

  • Memanfaatkan program afiliasi

    Mempromosikan tautan afiliasi dapat menjadi peluang penghasilan besar-besaran untuk saluran yang menawarkan tutorial mendalam serta ulasan produk yang lebih luas lagi. Jika Anda merekomendasikan produk dan pengguna mengunjungi tautan Anda untuk membeli, Anda akan mulai mendapatkan komisi. Tipsnya adalah Anda dapat menempatkan tautan ini di beberapa baris pertama deskripsi Anda dan menyinggungnya di setiap konten video Anda.

  • Menguasai praktik dan menerapkan trik SEO YouTube

    Untuk pembuat video yang belum memiliki pengikut yang signifikan, maka Anda harus meningkatkan permainan Anda dan memaksimalkan SEO YouTube sepenuh mungkin. Dalam melakukan ini, lakukan riset kata kunci seperti biasanya namun, pikirkan sedikit berbeda berdasarkan apa yang ditelusuri orang di YouTube. Selanjutnya, pastikan Anda menggunakan kata kunci bernilai tinggi dalam judul, deskripsi, dan tag video Anda. Setelah diluncurkan, Anda dapat memeriksa laporan Sumber Lalu Lintas: penelusuran YouTube”, di YouTube untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dicari orang ketika mereka menemukan video yang Anda luncurkan di saluran Anda.

  • Bergabung menjadi mitra YouTube dan ads

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa bagi banyak YouTuber, iklan adalah aliran pendapatan yang paling penting. Sebagai Mitra YouTube, Anda menghasilkan uang dengan berbagai cara seperti Anda dapat menghasilkan uang dari iklan sebelum video, membership channel, atau iklan banner Google AdSense Anda. Namun, ada beberapa aturan dasar yang harus dipatuhi sebelum menjadi Mitra YouTube bersertifikat serta beberapa prasyarat yang diperlukan untuk memulai. Selain mematuhi aturan iklan YouTube, Anda harus mengumpulkan minimal 4.000 jam tontonan video di saluran Anda dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 pelanggan.
    Tidak ada garis waktu atau format baku untuk mendapatkan 4.000 jam dasar ini, karena Anda bisa saja mendapatkan masing-masing 100 jam pada 40 video atau kombinasi apa pun untuk mendapatkan total 4.000. Perhatikan kualitas konten Anda, waktu penayangan dan terapkan praktis SEO, sehingga Anda bisa mencapai terget ini dengan cepat.

 

Baca Juga :   Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Walau Anda telah mengikuti semua peraturan yang diberikan oleh pihak YouTuber, sayangnya monetisasi di YouTube tidak sesederhana itu. Biasanya diperlukan waktu 30 hari bagi YouTube untuk meninjau aplikasi yang mana backlog memang menumpuk dari waktu ke waktu. Penting untuk diingat karena ini berarti Anda mungkin tidak akan dapat mulai menghasilkan pendapatan setidaknya selama 30 hari.

Usaha yang bisa Anda lakukan selama menanti keputusan YouTube ini adalah tetap memposting secara teratur mengingat algoritma YouTube menghargai saluran yang memposting secara konsisten. Pastikan juga Anda tetap fokus pada SEO, dan tetap terlibat dengan audiens Anda, jangan biarkan saluran YouTube Anda kosong dan tidak ada penayangan dalam waktu yang lama karena ini bisa merugikan Anda dalam jangka panjang. Saluran Anda selalu dapat memperoleh manfaat dari pelanggan tambahan dan waktu tonton dimana kedua faktor ini dapat membuka aliran pendapatan baru selain hanya monetisasi saja.

Related Post :