Rekomendasi Playlist Musik yang Enak Didengar Saat Bekerja

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Banyak orang memerlukan musik selama mereka bekerja untuk membuat produktivitas mereka lebih baik lagi. Selain membantu memeriahkan suasana dan meningkatkan mood, musik ternyata juga telah terbukti meningkatkan produktivitas dan kinerja kognitif, terutama pada orang dewasa.

Dengan mendengarkan musik dapat membantu seseorang mengurangi rasa kecemasan, menjadi termotivasi, dan tetap produktif. Bahkan musik klasik yang terkenal seperti Mozart sering dianggap dapat membantu produktivitas manusia dan membuat pintar.

Maka dengan banyaknya opsi dan pilihan musik saat ini, siapa saja dapat mendengarkan musik dimana dan kapan saja, terutama jika mereka sedang bekerja. Jika Anda ingin mencari inspirasi dan rekomendasi playlist musik untuk membuat suasana kerja Anda lebih baik lagi, mari simak artikel berikut.

 

Manfaat dan Pengaruh Musik Terhadap Produktivitas Secara Ilmiah

Rekomendasi Playlist Musik yang Enak Didengar Saat Bekerja
 

Kaitan ilmiah antara musik dan produktivitas tidak sesederhana musik membuat seseorang itu lebih produktif. Ada banyak penelitian berbeda yang menunjukkan bagaimana musik dapat mempengaruhi produktivitas, tetapi dengan cara yang lebih tidak langsung. Tapi, walau bagaimana pun, musik dapat memberikan :

  • Musik membuat suasana hati lebih baik

    Salah satu cara terbaik musik dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda adalah dengan mengubah suasana hati Anda jadi lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Trends in Cognitive Science menemukan bahwa musik lebih baik dalam memerangi stres dan kecemasan daripada obat anti-kecemasan yang sebenarnya.
    Meski memang tidak berhubungan langsung dengan produktivitas, tetapi Anda sudah tahu bahwa Anda melakukan pekerjaan lebih baik ketika Anda tidak stres, cemas, atau kesal. Jika musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati Anda, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas Anda di waktu kerja.

  • Musik membuat pekerjaan yang monoton lebih mudah

    Sebuah studi lain oleh JAMA Network, menunjukkan bahwa seorang ahli bedah yang ditugaskan dengan tugas berulang di lab di luar melakukan operasi, menunjukkan peningkatan kinerja ketika mereka bekerja sambil mendengarkan musik. Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka bekerja lebih baik karena mendengarkan musik mengurangi beberapa kebosanan yang datang dengan melakukan tugas-tugas hafalan.

  • Mendengarkan musik dapat meningkatkan produktivitas

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music menemukan bahwa ketika siswa mendengarkan musik di sela-sela tugas, mereka dapat berkonsentrasi untuk waktu yang lebih lama dan pada akhirnya mendapatkan nilai lebih baik secara akademis.

 

Baca Juga   :     Rekomendasi Software Pemutar MusikTerbaik dan Gratis untuk Laptop

 

Rekomendasi Playlist Musik Saat Bekerja

Walau masih ada pro kontra manfaat musik terhadap pengaruhnya pada produktivitas kerja, tapi jika Anda mempunyai daftar musik yang sesuai, maka akan mempengaruhi mood dan memberi semangat. Simak beberapa jenis dan rekomendasi musik yang bisa Anda dengarkan selama bekerja.

  • Musik klasik

    Salah satu studi yang paling sering dikutip terkait musik dan produktivitas adalah Efek Mozart, yang menyimpulkan bahwa mendengarkan Mozart bahkan untuk waktu yang singkat setiap hari dapat meningkatkan kemampuan penalaran abstrak. Penelitian yang dipimpin oleh peneliti Gordon Shaw, Frances Rauscher, dan Katherine Ky ini membagi 36 siswa menjadi tiga kelompok dimana kelompok satu mendengarkan Mozart, kelompok dua mendengarkan musik relaksasi sedangkan kelompok tiga tidak mendengarkan apapun.
    Setelah itu, semua siswa yang terlibat diberikan tes yang sama dimana kelompok yang mendengarkan Mozart menunjukkan peningkatan yang cukup kuat dalam poin IQ mereka dibandingkan kelompok lainnya. Sejak itu, Efek Mozart menuai pro kontra meski lebih banyak yang mempercayai.

  • Music yang ceria

    Umumnya jenis musik ceria dipakai untuk situasi atau tempat tertentu seperti pusat olahraga. Kenapa begitu? Ini karena sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan di Frontiers in Psychology menemukan bahwa mendengarkan musik bertempo tinggi (170-190 bpm) membuat olahraga terasa lebih mudah, dan karenanya, meningkatkan kinerja.
    Bahkan sebuah studi tahun 2003 yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Association of Cardiovascular and Pulmonary Rehabilitation menemukan bahwa mendengarkan musik yang ceria sambil mengayuh sepeda stasioner meningkatkan intensitas latihan peserta, semakin cepat musiknya, semakin cepat mereka mengayuh.

  • Suara alam

    Menurut data psikofisik dan analisis bidang suara yang diterbitkan dalam The Journal of the Acoustical Society of America, mendengarkan suara alami dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, mengoptimalkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, dan meningkatkan tingkat kepuasan Anda.

  • Musik instrumental

    2015 lalu, peneliti dari Middle Tennessee State University Carol A. Smith dan Larry W. Morris menemukan bahwa siswa yang mendengarkan musik penenang selama tes mendapat skor lebih tinggi daripada mereka yang mendengarkan musik yang mempunyai lirik.

  • White Noise

    Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Yamaguchi University, mencatat ketika melakukan aktivitas intelektual yang melibatkan memori atau tugas aritmatika, kebisingan menyebabkan peningkatan kesan psikologis gangguan, yang mengarah pada penurunan kinerja.
    Baik Anda bekerja dari jarak jauh atau bekerja di ruang kantor dengan rekan kerja yang berisik, mungkin sulit untuk dapat fokus dengan percakapan yang terjadi di sekitar Anda. Suara latar belakang non-verbal yang netral seperti white noise, yang tidak sama dengan suara alam, dapat membantu memblokir gangguan ini sehingga Anda dapat memusatkan fokus lebih tepat.

  • Musik ambiance

    Bagi mereka yang menikmati mendengarkan musik selama melakukan pekerjaan yang kreatif, suasana ambiance menjadi lebih sesuai. Para peneliti telah menunjukkan bahwa tingkat kebisingan dalam ukuran aman bisa membuat kreativitas mengalir, tetapi batasnya mudah dilewati mengingat suara keras membuatnya sangat sulit untuk berkonsentrasi. Bass yang menderu dan synth yang melengking akan lebih merugikan Anda daripada manfaatnya saat melakukan pekerjaan yang lebih menuntut konsentrasi yang tinggi.

 

Baca Juga  :     5 Cara Belajar yang Efektif Bagi Siswa Agar Mudah Menyerap

 

Tips Memilih Daftar Musik Untuk Kerja

Rekomendasi Playlist Musik yang Enak Didengar Saat Bekerja
 

 

Semua orang berbeda dan setiap orang memiliki selera musiknya masing-masing. Tetapi ada aturan tidak tertulis yang pada akhirnya berlaku dan berhasil untuk semua orang, karena aturan tersebut memanfaatkan alam bawah sadar dan terdalam bagi semua orang.

Itu sebabnya, suka atau tidak suka, ada lagu dan musik yang membuat sedih atau gembira, yang mengisi atau membuat rileks. Juga ada musik yang dapat membuat seseorang untuk berkonsentrasi atau membuat menjadi lebih kreatif, yang memberikan dan menyalurkan energi. Sedangkan jika Anda perlu istirahat, ada juga musik yang membantu untuk beristirahat, hingga memungkinkan Anda untuk meredakan ketegangan dan kembali tenang.

 

Baca Juga  :     Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya musik adalah selera yang tentu berbeda bagi setiap orang, Anda dapat memilih musik Anda sendiri. Lebih baik lagi, ada banyak pilihan yang bisa Anda coba dari YouTube Music atau Spotify yang mengklasifikasikan musik mereka sehingga Anda tidak perlu lagi membuat daftar lagu demi lagu secara manual.

Lingkungan yang Anda ciptakan mempengaruhi perilaku yang Anda dapatkan. Saat memutuskan suara apa yang akan mengisi hari kerja Anda, berhati-hatilah. Jangan lupa untuk menguji dan atur hingga Anda menemukan harmoni yang sempurna. Kemampuan untuk melakukan pekerjaan hebat secara konsisten adalah yang dipertaruhkan, jadi pikirkan sebelum Anda mendengarkan musik.

 

 

 

 

 

 

Related Post :