4 Alasan Mengapa Networking Penting Untuk Mengembangkan Karir

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di dunia modern serba mudah seperti sekarang dimana semua orang bisa terhubung dengan lebih mudah dan praktis, membuat networking menjadi salah satu hal yang biasa. Networking itu sendiri bisa dalam hal apa saja termasuk dalam pekerjaan dimana mempunyai networking juga dapat membantu karir seseorang.

Jika dijelaskan secara sederhana, networking bisa didefinisikan sebagai tindakan membuat kontak dan pertukaran informasi dengan orang lain, kelompok dan institusi untuk mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan, atau untuk mengakses dan berbagi informasi antar komputer.

Contoh membangun jaring yang dulu umum dilakukan adalah dengan saling bertukar kartu nama sehingga dapat membuka peluang bagi kolaborasi bisnis baru untuk terbentuk dan untuk mempertemukan calon pemberi kerja dan orang-orang baru yang berbakat yang mungkin sedang mencari posisi pekerjaan baru. Saat ini mungkin berbagi kartu nama sudah tidak umum dilakukan karena siapa saja terhubung secara online.

Namun begitu, ketahui 4 alasan mengapa networking sangat penting dalam mengembangkan karir dan persahabatan Anda.

 

4 Manfaat dan Alasan Mengapa Networking Sangat Penting

4 Alasan Mengapa Networking Penting Untuk Mengembangkan Karir
 

Umumnya orang- orang lebih sering beranggapan bahwa networking hanya berguna saat mencari pekerjaan. Tapi, tujuan membangun networking sendiri tidak hanya berpusat pada mencari pekerjaan saja. Dibawah ini mengapa networking sangat penting dalam bersosialisasi.

  • Networking berkontribusi pada kesejahteraan sosial seseorang

    Melakukan networking dapat meningkatkan kesejahteraan sosial Anda dan membantu Anda mengembangkan teman seumur hidup. Anda mungkin fokus pada aspek profesional jaringan saja, tapi banyak persahabatan telah dimulai di tempat kerja atau di acara profesional.
    Selain itu networking bukan hanya tentang menerima tapi ini juga tentang memberi diantara sesama manusia. Banyaknya pertemanan dalam hidup Anda akan dapat membantu Anda bertemu dengan sahabat baru Anda dan meningkatkan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

  • Networking bisa menambah kepercayaan diri seseorang

    Jaringan profesional bisa menjadi tempat latihan kepercayaan diri, terutama bagi orang-orang yang pemalu atau tertutup. Disini dapat Anda menemukan sisi lain hobi atau kemampuan baru Anda serta mendiskusikan minat bersama Anda dengan teman baru.
    Acara networking sebenarnya adalah tempat yang bagus untuk melatih kepercayaan diri Anda. Mengembangkan hubungan baru membantu Anda menumbuhkan kepercayaan diri yang baru ditemukan dalam kemampuan profesional Anda.

  • Networking dapat memberikan ide- ide baru dan segar

    Ide-ide baru dapat membuat Anda terus berkembang secara profesional dan mencoba hal-hal baru juga. Kisah seseorang bisa menginspirasi Anda baik itu dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi Anda.
    Bahkan dengan ide baru yang segar, membantu Anda menonjol dan berhasil dalam karir Anda saat ini. Selain itu, membahas pekerjaan Anda dengan koneksi baru menawarkan perspektif yang unik dimana juga akan membantu meningkatkan motivasi dan pemikiran kreatif.

  • Networking akan membantu Anda bertemu orang-orang di berbagai tingkat profesional

    Adanya networking dapat memperkenalkan Anda kepada para profesional yang lebih berpengalaman. Kesempatan untuk mengakses kebijaksanaan dan nasihat karir dari orang- orang yang sukses dibidang mereka bisa menjadi kunci untuk pertumbuhan masa depan Anda.
    Koneksi ini menghadirkan peluang baru untuk bimbingan dan pengembangan karir. Inilah mengapa jaringan sangat penting disamping juga memberdayakan Anda untuk berbagi keterampilan Anda. Jaringan profesional dengan rekan kerja yang Anda kagumi dapat mengarahkan Anda untuk menemukan mentor baru.

 

Baca Juga  :     Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien

 

Tips dan Cara Memulai Networking Pertama Kali

4 Alasan Mengapa Networking Penting Untuk Mengembangkan Karir
 

Pada dasarnya, networking bersifat pribadi mengingat membentuk hubungan baru melibatkan emosi dan mencurahkan waktu untuk membuat koneksi. Menemukan cara yang membuat Anda merasa nyaman untuk mengenal seseorang akan membuat Anda lebih siap untuk sukses.

Tapi jangan kuatir, dunia saat ini telah lebih mudah karena semua orang berhubungan secara online dimana peran platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter atau TikTok membuat networking bisa dilakukan tanpa batas lagi. Sedangkan jika Anda ingin menjalin networking secara profesional, Anda bisa menggunakan LinkedIn atau Glints.

Dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan sendiri dalam membangun jaringan networking Anda :

  • Selalu mulai dan mengembangkan jaringan sebelum Anda membutuhkannya. Bangun hubungan sebelum Anda keluar dari pekerjaan atau mencari klien baru.
  • Tetap berhubungan dengan semua orang yang terlibat dan pertahankan jaringan Anda bahkan ketika Anda tidak memiliki kebutuhan khusus lagi.
  • Tumbuhkan rasa hormat dan kepercayaan terhadap semua orang.
  • Memiliki tujuan yang jelas dan etahui apa yang ingin Anda dapatkan dari networking yang Anda bangun.
  • Ketahui apa yang Anda tawarkan kepada orang lain, dan jangkau mereka sebelum mereka bertanya.
  • Lakukan penelitian Anda dengan melajari semua yang Anda bisa tentang kontak Anda dan minat serta kebutuhan mereka.
  • Tunjukkan ketertarikan dengan tulus untuk mengenal orang lain dan tunjukkan minat Anda dengan cara mengajukan pertanyaan.
  • Jika Anda bertemu seseorang, tindak lanjuti dengan catatan, telepon, atau email.
  • Jaga ucapan dan tingkah laku Anda. Jika Anda mengatakan Anda akan berjanji melakukan sesuatu kepada seorang relasi, maka tepati janji itu untuk menjaga kepercayaan orang lain terhadap Anda.
  • Jadilah responsif dengan selalu menjawab panggilan, membalas pesan suara dan email.

 

Baca Juga  :      Panduan Mengenal Apa Itu dan Fungsi Mind Mapping

 

Tips lain yang bisa Anda coba untuk membangun networking pertama kali terhadap orang baru yang Anda temui secara langsung yaitu :

  • Bersikap sopanlah dengan mematikan ponsel Anda dan jangan memeriksa pesan saat berbicara dengan seseorang.
  • Buat singkat yang memberi tahu siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Tapi gunakan hanya dalam keadaan darurat karen percakapan nyata secara personal akan lebih baik.
  • Mempersiapkan diri karena ketika Anda pergi ke konvensi, cari tahu siapa yang akan hadir sehingga Anda tahu networking seperti apa yang bisa Anda terapkan.
  • Kembangkan jabat tangan yang baik tegas, tetapi tidak terlalu keras yang akan membuat lawan bicara Anda berfokus pada Anda.
  • Selalu terlibat seperti mengambil peran kepemimpinan dalam organisasi dan menjadi sukarelawan di masyarakat.
  • Jika Anda bergabung dengan grup networking pastikan grup tersebut menawarkan apa yang Anda cari baik itu rujukan, karier baru, praktik bisnis yang lebih baik, atau lainnya

 

Baca Juga  :    Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)

 

Kesimpulan dan Penutup

Jaringan bisnis melibatkan membuat koneksi tidak hanya dengan calon pelanggan atau klien, tetapi juga dengan individu lain yang mungkin merujuk bisnis kepada Anda. Selain itu networking juga bisa melibatkan membuat kontak dengan orang-orang yang memberikan informasi atau pelatihan, dan dapat menjadi cara terbaik untuk menemukan vendor terkemuka untuk disewa untuk bisnis Anda sendiri.

Meskipun banyak orang mengasosiasikan networking dengan meminta bantuan, tetapi networking juga bisa membentuk persahabatan dan bisnis yang lebih langgeng. Networking dalam konteks bisnis adalah tentang menciptakan hubungan saling percaya dan persahabatan dengan pebisnis lain.

Bagian penting dari networking yang efektif adalah membantu pebisnis lain dengan kebutuhan mereka. Itulah mengapa Anda akan menemukan bahwa mereka yang mempunyai networking terbaik sering kali menjadi penghubung yang membantu orang lain dengan merujuk pelanggan, memberikan testimonial, atau membantu mempromosikan acara dan bisnis lain dengan cara tertentu.

Related Post :

popup image