Online Review : Pengertian dan Kegunaannya Dalam Membantu Menaikkan Bisnis Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Ulasan online sangat penting untuk bisnis, karena konsumen semakin mengandalkannya untuk memandu pengambilan keputusan mereka. Ulasan positif dapat meningkatkan penjualan dan membangun kepercayaan untuk brand Anda, sementara ulasan negatif dapat menakuti calon pelanggan dan merusak reputasi brand Anda. Terlebih jika Anda memiliki bisnis e-niaga, perlu untuk memahami betapa pentingnya ulasan online untuk penjualan.

Statistik menunjukkan 79% pembeli mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi. Google adalah yang paling populer dalam hal ulasan online dengan 59% konsumen menggunakannya untuk membaca ulasan. Lebih dari separuh membaca setidaknya empat ulasan sebelum membeli suatu produk. Empat ulasan tidak banyak menjadi dasar keputusan, jadi Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Oleh karena itu, untuk membantu Anda agar lebih memahami online review, artikel ini akan memberikan informasi lebih rinci terkait dengan pengertian dan kegunaan online review dalam membantu menaikkan bisnis Anda secara online.

 

Baca Juga :  Tips Memaksimalkan Online Review Bagi Meningkatkan Bisnis Online

 

Mengenal Apa Itu Online Review

pentingnya online review
 

Online Review memainkan peran penting dalam membentuk bisnis Anda di pasar digital. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan brand, menarik prospek baru, mendorong lebih banyak pendapatan, dan mendidik diri sendiri tentang strategi untuk menumbuhkan dan meningkatkan bisnis Anda. Mereka benar-benar merupakan sumber penting bagi perusahaan Anda, dan mereka hanya menjadi lebih penting dari hari ke hari.

Beberapa pemilik bisnis tidak memperhatikan ulasan online. Ada tingkat sikap apatis tertentu yang mereka rasakan terhadap umpan balik dari pelanggan. Bagi mereka, pelanggan dapat mengharapkan apapun yang mereka inginkan tentang bisnis mereka, dan hanya itu. Sementara pebisnis lain berpikiran terbuka. Mereka tahu pasti bahwa ulasan online dapat menarik pelanggan baru tetapi menganggapnya sebagai salah satu taktik pemasaran lainnya. Beberapa pebisnis yang tidak ingin menaruh perhatian pada online review terkadang ketakutan mendapatkan ulasan negatif atau bahkan tidak percaya diri dengan produk atau jasa yang dijual. Lebih buruk lagi adalah banyak pemilik bisnis melihat ulasan online sebagai buang-buang waktu.

Pada kenyataannya, ulasan dari pembeli dapat mendatangkan pembelian lain dari calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa Anda. Merupakan salah satu kesalahan besar jika Anda mengabaikan elemen penting yaitu ulasan online. Mereka benar-benar dapat membuat atau menghancurkan online presence Anda. Dan di dunia digital yang semakin pesat dan kompetitif saat ini, Anda tidak dapat mengabaikannya. Adapun alasan kenapa Anda harus memperhatikan ulasan daring adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Memahami Pentingnya Online Review Bagi E-commerce dan Toko Online

  • Konsumen melihat review sebelum memutuskan untuk membeli

    Ulasan telah menjadi sumber informasi utama yang digunakan konsumen untuk memutuskan di mana, apa, dan kapan harus membeli. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Spiegel Research Center dalam kemitraan dengan PowerReviews, 95% konsumen membaca ulasan online sebelum membuat keputusan pembelian produk dan layanan. Faktanya, 30% responden dari survei yang dilakukan oleh PowerReviews melaporkan bahwa mereka membaca ulasan sebelum setiap pembelian yang mereka lakukan.

  • Pembelian besar pada pelanggan sangat memperhatikan ulasan

    Semakin tinggi harga produk, semakin besar pentingnya ulasan pelanggan lain. Ini karena produk mahal seperti gadget pribadi, peralatan, dan bahkan mobil didasarkan pada preferensi pribadi. Konsumen lebih menuntut harapan mereka ketika membayar lebih untuk produk atau layanan tertentu. Mereka ingin dapat mencocokkan harapan mereka dengan tingkat kepuasan pelanggan lain yang telah berpengalaman menggunakan suatu brand. Jadi, jika Anda menjual sesuatu dengan harga yang lebih tinggi, Anda harus lebih berhati-hati di sini. Meminta ulasan online dari orang-orang setelah mereka membeli dari Anda dan memiliki waktu untuk menggunakan produk/layanan akan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

  • Ulasan negatif dapat menjadi hal yang baik

    Meskipun ulasan negatif tidak dapat dihindari, tetapi mereka benar-benar dapat menguntungkan Anda. Menurut Reevoo, ulasan negatif dapat meningkatkan konversi hingga 85%. Dan lebih dari dua pertiga pelanggan lebih mempercayai bisnis ketika mereka melihat campuran ulasan yang baik dan buruk. Ini adalah kabar baik untuk bisnis Anda karena beberapa ulasan buruk tidak akan menggagalkan skor rata-rata Anda selama Anda memiliki aliran ulasan yang kebanyakan positif yang stabil.

  • Kualitas ulasan yang lebih tinggi, mempengaruhi kredibilitas

    Selain peringkat bintang secara keseluruhan, jumlah ulasan online juga merupakan faktor kuat yang dipertimbangkan pelanggan saat mengevaluasi bisnis. Berapa banyak ulasan yang cukup? Salsify mengungkapkan bahwa rata-rata 112 ulasan akan membuat konsumen mempercayai sebuah bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa karena konsumen lebih menyukai bisnis dengan volume ulasan yang lebih tinggi, pemilik bisnis seperti Anda harus secara aktif dan konsisten mendorong pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka tentang bisnis Anda. Semakin banyak ulasan yang dimiliki bisnis Anda, semakin kredibel Anda terlihat di mata konsumen. Anda dapat meminta ulasan melalui email dan juga saluran media sosial Anda. Facebook, Yelp, dan Google Bisnisku adalah tempat penting untuk mengumpulkan ulasan.

  • Ulasan membangun reputasi bisnis

    Menciptakan dan mempertahankan reputasi yang baik bukanlah pencapaian dalam semalam. Menurut Penelitian Dimensi Zendesk , 95% pelanggan lebih cenderung berbagi pengalaman buruk mereka dengan rekan kerja. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk menjangkau pelanggan yang tidak puas dan segera mengatasi situasi tersebut. Terkadang, yang diperlukan hanyalah menawarkan permintaan maaf yang cepat untuk mengubah pelanggan yang tidak bahagia menjadi pelanggan yang setia. Pada akhirnya, reputasi brand yang baik mengarah ke rujukan. Untuk mencapai ini, Anda perlu memperkuat suara pelanggan dan membangun budaya dimana ulasan dianggap berharga.

 

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan Review, Feedback, dan Testimonial untuk Bisnis

 

Kegunaannya Online Review Dalam Membantu Menaikkan Bisnis Online

Online Review : Pengertian dan Kegunaannya Dalam Membantu Menaikkan Bisnis Online
 

Ulasan online sangat kuat. Penelitian menemukan bahwa 82% konsumen membaca ulasan online tentang bisnis lokal, dan mereka membaca rata-rata sepuluh ulasan sebelum mereka merasa dapat mempercayai sebuah bisnis. Hal ini menunjukkan seberapa sering konsumen membaca ulasan online untuk bisnis lokal. Bagi konsumen, ulasan online terasa seperti gambaran terbaik yang mereka miliki tentang apa yang akan mereka dapatkan saat melakukan pembelian dari Anda. Adapun kegunaan lain dari online review dalam membantu menaikkan bisnis online Anda adalah sebagai berikut :

  1. Bagus untuk SEO

    SEO atau optimasi mesin pencari adalah bidang pemasaran yang terdiri dari semua taktik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peluang situs web Anda muncul di mesin pencari. SEO itu kompleks, dan mesin pencari mempertimbangkan banyak faktor peringkat yang berbeda ketika memutuskan tautan mana yang akan diletakkan di halaman pertama dari halaman hasil mesin pencari (SERP). Tetapi untuk bisnis, ulasan memainkan peran penting. Ulasan online adalah sinyal peringkat google, meskipun itu berarti mendapatkan banyak ulasan bagus tidak akan menempatkan Anda di posisi teratas Google, ini menunjukkan bahwa ulasan dapat membuat perbedaan besar. Jika bisnis Anda peduli dengan SEO, maka mencoba mendapatkan lebih banyak ulasan online adalah taktik cerdas untuk dimasukkan dalam strategi Anda.

  2. Membantu memahami audiens

    Salah satu aturan emas dalam bisnis adalah Anda perlu memahami siapa audiens Anda, dan belajar bagaimana berbicara langsung dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Bisnis berusaha keras untuk lebih memahami prospek dan pelanggan mereka melalui penelitian audiens, grup fokus, wawancara, survei pelanggan, dan analisis data tentang perilaku pengguna. Semua itu berharga, tetapi ulasan memberi Anda jenis informasi yang sama secara gratis. Setiap kali pelanggan memberikan ulasan, mereka memberikan umpan balik yang jujur ​​dan tidak memihak tentang produk dan layanan Anda. Selain memberi tahu Anda apakah mereka puas atau tidak, ulasan sering kali masuk ke detail perasaan mereka. Mereka mungkin menyertakan penyebutan spesifik fitur yang mereka sukai atau pikir bisa lebih baik. Mereka mungkin menyoroti jika mereka menyukai produk, tetapi bukan layanan pelanggan. Atau mereka mungkin memberikan secara spesifik tentang bagaimana berbagai jenis audiens menggunakan produk Anda.

  3. Meningkatkan penjualan

    Ketika ulasan online mudah diakses oleh prospek yang tertarik, mereka meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam melakukan pembelian. Seseorang di situs web Anda yang mencoba memutuskan apakah suatu produk bernilai uang atau tidak akan jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian jika mereka dapat menggulir ke bawah dan melihat ulasan dari lusinan pelanggan lain yang mempertimbangkan apa yang mereka sukai dan tidak tidak suka tentang item tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa ulasan dapat menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 18%. Tidak heran menambahkan ulasan online adalah praktik terbaik CRO. Namun yang mengejutkan, bukan hanya ulasan bagus yang memiliki efek itu. Ulasan buruk dapat meningkatkan tingkat konversi sebesar 67%. Awalnya, itu tidak masuk akal. Tapi pikirkanlah ketika pelanggan melihat campuran ulasan baik dan buruk, itu membuat ulasan bagus lebih meyakinkan. Jika suatu produk memiliki 1.000 ulasan dan semuanya adalah lima bintang dan hanya berbicara tentang produk dalam istilah yang superlatif, Anda mungkin mulai sedikit curiga karena tidak satu dari 1.000 orang memiliki pengalaman yang kurang sempurna.

 

Baca Juga :  Tips Memilih Marketplace yang Tepat Bagi Pengusaha dan Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Terlepas dari apakah bisnis Anda memilih untuk secara sengaja mendorong dan memantau ulasan bisnis online Anda, ulasan tersebut akan tetap berperan dalam keputusan yang dibuat audiens Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan pada brand Anda dan mendorong lebih banyak penjualan, menjadikan ulasan online sebagai bagian dari model bisnis Anda adalah hal yang cerdas. Anda tidak dapat memaksa pelanggan untuk meninggalkan ulasan, keputusan akhir selalu ada di tangan mereka. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah yang meningkatkan kemungkinan mereka akan meluangkan waktu untuk memberi Anda ulasan online.

Disisi lain, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang mengapa bisnis Anda membutuhkan ulasan online dan bagaimana hal itu dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda secara keseluruhan. Ingatlah bahwa pendapat pelanggan dan pengunjung situs web Anda memberikan nilai bagi Google dan mesin telusur lainnya. Manfaatkan sumber daya berharga ini dan lihat bagaimana mereka membantu meningkatkan peringkat situs web Anda.

Related Post :

popup image