Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Open Source

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Anda yang sedang mengembangkan projek sistem informatika atau projek lainnya yang membutuhkan bantuan software atau sistem operasi untuk menjalankan projek Anda, maka Anda bisa menggunakan banyak software yang mendukung projek Anda tersebut dengan software-software yang bersifat open source.

Software yang bersifat open source bisa Anda gunakan secara gratis. Open source tidak memandang siapa yang ingin menggunakannya, semua orang bisa menggunakan software yang bersifat open source kapan pun. Alasannya adalah Open Source Code atau OSS ini bisa didefinisikan sebagai sebuah perangkat lunak atau software yang tersedia untuk umum.

Software-software yang bersifat open source ada sejak lama, ini membantu banyak orang untuk mengerjakan berbagai hal. Anda yang menggunakan software open source, bebas untuk mengedit, membuat, dan memodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Anda harus mengetahui kelebihan lain dari open source beserta kekurangannya. Artikel kali ini akan membahas sampai tuntas apa saja kelebihan dan kekurangan open source.

 

Kelebihan Menggunakan Open Source

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Open Source
 

 

Open source memiliki banyak kelebihan, Anda bisa mendapatkan banyak kelebihan meskipun software yang Anda gunakan gratis. Berikut ini adalah kelebihan dari open source.

  • Fleksibilitas

    Pada dasarnya para developer harus memberikan fleksibilitas untuk perusahaannya. Bagi Anda seorang developer, Anda bisa menggunakan teknologi open source untuk mengembangkan aplikasi atau website Anda. Open source menawarkan berbagai fleksibilitas yang tinggi, bahkan beberapa software yang bersifat open source memiliki kecepatan yang tinggi untuk menjalankan software tersebut. Open source juga memberikan dukungan lisensi yang terbuka untuk umum, sehingga ini akan membantu Anda dari pemblokiran secara sepihak.

  • Kecepatan

    Seperti yang disinggung sebelumnya, perusahaan pasti menuntut Anda untuk bergerak semakin cepat. Open source memungkinkan Anda untuk bisa bekerja secara cepat. Ini karena open source mempunyai komunitas yang besar untuk membantu para developer atau siapa pun yang sedang mengalami masalah terhadap software open source bisa langsung bertanya kepada forum. Anda bahkan bisa bertanya mengenai apa pun yang berkaitan dengan software open source Anda ke forum komunitas.

  • Keamanan yang Terjamin

    Anda tidak perlu khawatir dengan software yang tersedia secara open source. Vendor pemilik open source akan menjamin keamanan dari software yang dibuat. Ada juga komunitas dari software yang siap menangani masalah keamanan. Faktanya adalah software bersifat open source hampir jarang mengalami masalah peretasan yang serius.

  • Cocok untuk Pengguna Baru

    Open source hadir karena banyaknya dukungan dan kontribusi secara kolektif yang sukarela. Banyak orang yang turut terlibat dalam pembuatan open source, Anda tidak perlu ragu untuk mencoba software yang bersifat open source, terlebih lagi jika Anda merupakan seorang pemula. Anda bisa langsung bertanya kepada komunitas, meminta bantuan jika ada hambatan, meminta saran terkait projek yang Anda kerjakan. Semua itu bisa dilakukan ketika Anda menggunakan software bersifat open source.
     
    Baca Juga  :   Memahami Kelebihan dan Kekurangan CMS (Content Management System)

  • Komunitas yang Besar

    Anda bisa bergabung ke komunitas yang dibangun oleh orang-orang yang ingin berkontribusi terhadap pengembangan software yang bersifat open source. Anda bisa bertanya mengenai banyak hal terkait software yang Anda gunakan, bahkan Anda dapat meminta bantuan jika Anda memerlukan saran terkait proyek yang Anda jalankan ketika Anda sedang menggunakan software bersifat open source.

  • Bisa Diandalkan

    Anda tidak perlu takut jika software open source yang Anda gunakan tidak berfungsi atau mengalami hambatan. Anda bisa mempercayakan semua ketakutan Anda terhadap sistem yang error ke software open source ini. Teknologi dari software open source bisa Anda andalkan ketika Anda sangat membutuhkannya. Dukungan yang diberikan oleh vendor software open source ini sangat luas, sehingga Anda tidak perlu lagi ragu untuk menggunakannya.

  • Hemat Biaya

    Pada umumnya open source jauh lebih hemat biaya, dibandingkan dengan software yang harus membeli lisensinya. Hemat biaya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan open source merupakan keunggulan yang tidak bisa dipungkiri oleh semua orang. Walau tergolong sangat murah dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, kemampuannya dalam menyediakan kebutuhan kinerja software oleh penggunanya juga tidak bisa diremehkan. Open source adalah solusi untuk Anda yang baru membangun bisnis.

  • Efisien

    Open source benar-benar berperan besar bagi kemajuan teknologi, ini semua karena open source dibuat untuk semua orang. Bahkan jika Anda seorang pemula, Anda bisa menggunakan teknologi ini. Anda juga bisa melakukan edit untuk mengoperasikan kode yang terdapat pada apa pun yang bersifat open source. Open source sangat bersifat efisien dan bisa membantu Anda dalam kondisi apa pun.

 

Baca Juga  :    8 Rekomendasi Platform CMS (Content Management System) yang Terintegrasi Dengan Baik Terhadap SEO

 

Kekurangan Mengandalkan Open Source

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Open Source
 

Setiap teknologi pasti memiliki kekurangannya tersendiri, termasuk software yang bersifat open source. Anda harus memastikan bahwa software open source yang Anda gunakan benar-benar aman. Demi menghindari hal yang tidak menyenangkan saat menggunakan software open source, Anda harus mengetahui beberapa kekurangan dari open source berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda dalam menggunakannya.

  • Tidak Ramah Pengguna

    Tidak semua aplikasi open source mudah digunakan. UI (User Interface) dari software bersifat open source mungkin tidak ramah pengguna untuk dipahami oleh pengguna yang baru saja menggunakannya. Mungkin hanya sebagian orang yang sudah pro teknologi yang bisa memahami software open source. Anda perlu memahami lebih banyak tentang UI software yang bersifat open source.

  • Keamanan yang Rentan

    Seperti disebutkan sebelumnya, kode sumber yang ada dalam perangkat lunak sumber terbuka bebas untuk diedit. Masalahnya muncul ketika seseorang menyalahgunakan kode untuk keuntungan mereka sendiri. Peretasan sistem dan pencurian identitas bisa saja terjadi ketika Anda menggunakan software yang bersifat open source ini. Disarankan untuk Anda selalu mengamankan perangkat Anda agar tidak dimasuki malware jahat.

  • Kompatibilitas Rendah

    Anda perlu memeriksa kembali software open source yang Anda gunakan kompatibel dengan hardware atau perangkat yang Anda gunakan atau tidak. Cek kembali apakah software open source Anda membutuhkan driver tambahan pihak ketiga atau tidak. Pasalnya, beberapa software yang bersifat open source memang sering tidak bisa berjalan dengan baik di beberapa perangkat karena kompatibilitas yang rendah.

  • Terdapat Biaya Tambahan

    Banyak orang yang mengira bahwa software open source benar-benar gratis, mungkin ada benarnya jika software ini gratis, tapi Anda perlu memperhatikan bahwa terkadang ada biaya lain yang tersembunyi. Terlebih lagi dengan perawatan software open source yang juga membutuhkan dana lebih, serta diperlukannya dukungan pihak ketiga untuk melakukan perbaikan jika software yang Anda gunakan mengalami kerusakan sehingga Anda mengeluarkan dana yang lebih banyak.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Ghost CMS dan Fitur Serta Dukungan Terbaiknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Anda yang baru saja belajar untuk mempelajari sebuah keterampilan yang membutuhkan software tertentu, Anda bisa menggunakan software yang bersifat open source. Artinya, Anda tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakan software tersebut. Anda bisa dengan bebas untuk menggunakannya. Selain itu, ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan di antaranya adalah fleksibilitas, keamanan yang terjamin, hemat biaya, komunitas yang besar, dan lain sebagainnya.

Di balik semua kelebihan tersebut, tentu saja terdapat kekurangan yang menyertainya. Anda juga harus waspada jika terjadi masalah keamanan, ini karena kode open source bebas di edit oleh siapa saja. Maka dari itu, terkadang software yang bersifat open source juga mudah rentan walaupun vendor software tersebut dan para komunitas bisa langsung memperbaikinya. Setelah itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kompatibilitas, biaya tambahan, dan software yang terkadang tidak ramah pengguna.

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :