Pandi Akan Merilis Domain Indonesia Dengan Aksara Jawa

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Pengelola Nama Domain Indonesia ( PANDI ) tengah menjalin kerja sama dengan keraton Yogyakarta. mereka berencana menggunakan aksara jawa Hanacaraka sebagai nama Top Level Domain ( TLD ) untuk melestarikan budaya nusantara.

Lewat kerja sama ini, PANDI akan mendaftarkan Top Level Domain ( TLD ) dengan menggunakan aksara jawa “Hanacaraka”, untuk mewujudkannya membutuhkan persyaratan seperti proposal ke Internet Corporation for Assigned Names and Numbers ( ICANN ). Penyusunan proposal ini akan direncanakan pada februari ini.

Nanti dari ICANN nunggu prosesnya. Sampai tengah tahun beres ke ICANNnya,” kata Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo usai acra pemaparan laporan tahunan, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga : Domain – Hosting – Web Murah IDCloudHost

 

Setelah domain aksara jawa “Hanaracaka” didaftarkan, PANDI kemungkinan akan mendaftarkan Top Level Domain ( TLD ) dengan aksara lainnya yang ada di Nusantara.

 

 

Kalau kita tidak melakukannya sekarang, lalu budaya itu hilang, akan salah kita semua. Ini lebih ke preservasi budaya,” ujar ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo, dalam temu media di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Target bagi pengguna domain aksara jawa ini, memang tidak akan seluas Domain .id Yudho menganggap tindakan yang dilakukan PANDI dengan mendaftarkan domain aksara jawa lebih kepada pelestarian budaya.

Memang jumlah orangnya tidak akan seperti .id. Tapi kalau gak dilakukan sekarang terus budaya itu hilang kan salah kita juga,” pungkas Yudho.

Layanan Domain Indonesia Murah | IDCloudHost

Banyak negara memiliki nama domain dengan alfabet yang biasanya mereka gunakan, diantaranya korea dengan Hangul. Sementara negara yang telah mendaftarkan aksara mereka salah satunya adalah Ethiopia

Related Post :

popup image