Panduan Cara Install Laravel Cepat dan Mudah Untuk Pengguna Windows

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Para pengembang situs dan aplikasi web mungkin sudah tidak asing dengan salah satu framework PHP yakni Laravel yang dayang dengan berbagai keunggulan jika dibandingkan kerangka kerja PHP lainnya. Tidak mengherankan juga banyak pengembang yang memilih menggunakan Laravel karena ini adalah open source dan bahkan sepenuhnya bisa digunakan secara gratis.

Sebagai kerangka kerja atau framework populer, Laravel juga menyediakan seperangkat alat serta sumber daya untuk membantu pengembang dalam membangin aplikasi PHP modern. Didukung oleh ekosistem lengkap yang memanfaatkan fitur bawaannya juga berbagai paket dan ekstensi yang kompatibel membuat popularitas Laravel semakin meningkat dalam berapa tahun terakhir. Terlebih lagi dengan banyaknya pengembang yang mengadopsi framework ini karena proses pengembangan yang disederhanakan.

Ini juga di didukung dengan alat database yang andal termasuk ORM (Object Relational Mapper) yang disebut Eloquent, dan mekanisme built-in untuk membuat migrasi database dan seeder. Dengan alat baris perintah Artisan, pengembang dapat melakukan bootstrap model baru, pengontrol, dan komponen aplikasi lainnya, yang mempercepat pengembangan aplikasi secara keseluruhan. Mari simak salah satu framework yang terkenal di antara pengembang web berikut ini.

 

Contoh Penggunaan dan Penerapan Laravel

Panduan Cara Install Laravel Cepat dan Mudah Untuk Pengguna Windows
 

Laravel adalah framework berbasis PHP dan open source backend yang digunakan untuk membangun berbagai aplikasi web kustom. Ini adalah kerangka kerja sisi server yang mengelola data dengan bantuan desain Model-View-Controller (MVC) yang memecah arsitektur backend aplikasi menjadi bagian-bagian logis. Framework ini mengasumsikan sebagian besar pekerjaan monoton seperti templating HTML, otentikasi bangunan, perutean (routing), dan aktivitas lainnya. Dengan cara ini, Laravel dapat meringankan dan mempercepat proses pengembangan web berkali-kali tanpa mengurangi kualitas aplikasi Laravel.

Ada beberapa penggunaan dan penerapan yang menggunakan Laravel untuk aplikasi web seperti dari industri IT, retail, keuangan, dll. Ini dikarenakan penerapan framework backend multiguna ini bisa membantu dalam membangun :

  • Halaman web yang bersifat statis dan dinamis
  • Situs web e-commerce yang kompleks
  • Aplikasi web portal, seperti forum, portal pekerjaan, berita, dan lainnya
  • Sistem manajemen konten/content management systems
  • Aplikasi untuk tingkat perusahaan
  • Aplikasi Satu Halaman/single page applications (SPA) dan Aplikasi Multi-halaman/Multi-page Applications (MPA)
  • Situs jejaring sosial, dan lain-lain.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa Itu Framework Beserta Jenisnya

 

Panduan Cara Install Laravel Dengan Xampp di Windows

Kenapa memilih Xampp sebagai bantuan untuk menginstal Laravel? Ini karena Xampp adalah lingkungan pengembangan PHP paling populer yang sepenuhnya gratis, mudah untuk menginstal distribusi Apache yang berisi MariaDB, PHP, dan Perl. Mari simak panduan install berikut ini.

  • Instal XAMPP

    XAMPP adalah lingkungan pengembangan PHP paling populer, gratis dan mudah untuk menginstal distribusi Apache yang berisi MariaDB, PHP, dan Perl. MariaDB adalah fork MySQL yang dikembangkan oleh komunitas dan didukung secara komersial. Disini, Xampp akan membantu menginstal dan mengatur Laravel di OS Windows. Mengingat Laravel adalah kerangka kerja PHP dan membutuhkan dukungan PHP, server untuk menjalankan dan database untuk menyimpan data, persyaratan ini termasuk dalam XAMPP.

  • Instal Composer

    Composer adalah manajer paket tingkat aplikasi untuk bahasa pemrograman PHP yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi perangkat lunak PHP dan pustaka yang diperlukan. Jadi pengembang perlu menginstal composer sebelum menginstal Laravel.

  • Instal Laravel

    Sekarang saatnya menginstal Laravel di sistem dengan menggunakan composer yang dapat dilakukan dengan menjalankan perintah composer global require “laravel/installer” di Command prompt.

 

Baca Juga  :   Perbedaan Laravel Framework dan Django Framework

 

Setelah instalasi Laravel dasar ini berhasil, maka pengembang bisa melanjutkan dan bekerja membuat proyek mereka dengan lanjutan langkah :

  • Membuat aplikasi baru
  • Membuat sasis data
  • Mengubah File .env
  • Melakukan migrasi basis data
  • Terakhir, menjalankan aplikasi

 

Baca Juga  :    Mengenal Lebih Dekat Tentang Framework Symfony

 

Fitur- Fitur Terbaik Laravel Framework

Panduan Cara Install Laravel Cepat dan Mudah Untuk Pengguna Windows
 

Ide pembuatan Laravel adalah karena kebutuhan untuk memperluas batasan dari apa yang mampu dilakukan oleh perangkat lunak kerangka kerja versi lama dan untuk membuat tugas sehari-hari lebih mudah. Dengan demikian, Laravel selalu fokus pada fitur yang akan membuat pengembangan menjadi lebih sederhana, aplikasi lebih andal dan kompleks, namun mudah dinavigasi pada saat yang bersamaan. Fitur-fitur berikut ini dapat dianggap sebagai fitur andalan Laravel dan tidak dikategorikan dalam urutan terkait paket tertentu diantara banyak fitur Laravel lainnya.

  • Keamanan yang baik

    Sebagian besar pengembang memuji Laravel karena kemampuannya membuat aplikasi web yang aman. Dukungan keamanan ini karena adanya sistem otentikasi kerangka kerja, juga, ORM yang fasih menggunakan pengikatan PDO yang berfungsi sebagai perlindungan dari injeksi SQL. Laravel juga menawarkan dukungan asli untuk perlindungan kode dari serangan XSS disamping juga menawarkan paket keamanan yang berbeda untuk lebih meningkatkan keamanan aplikasi web.

  • ORM yang fasih

    ORM (Object-Relational Mapper) yang fasih dapat membantu meringankan pekerjaan pengembang web dengan database selain juga dalam membantu untuk membangun dan memelihara interaksi sederhana antara arsitektur aplikasi web dan database-nya. Untuk dukungan ini maka ORM menggunakan sintaks PHP ekspresif alih-alih kode SQL yang kompleks sehingga dapat menghemat banyak waktu pengembang web.

  • Routing

    Laravel menyediakan pendekatan yang fleksibel kepada pengguna untuk menentukan rute dalam aplikasi web. Perutean membantu menskalakan aplikasi dengan cara yang lebih baik dan meningkatkan kinerjanya.

  • Manajemen konfigurasi

    Aplikasi web yang dirancang di Laravel akan berjalan di lingkungan yang berbeda, yang berarti akan ada perubahan konstan dalam konfigurasinya. Laravel menyediakan pendekatan yang konsisten untuk menangani konfigurasi dengan cara yang efisien.

  • Caching

    Kemampuan menyimpan data yang dapat diambil dengan mudah dan cepat juga menjadi andalan dalam pengembangan web dan Laravel juga dilengkapi dengan fitur praktis ini. Fitur ini sangat praktis karena memungkinkan aplikasi web bekerja lebih baik dengan mengurangi waktu pemrosesan informasi saat mengakses aplikasi.

  • Modularitas

    Selanjutnya fitur ini untuk melihat sejauh mana komponen aplikasi dapat digabungkan, dipisahkan, dan kemudian digabungkan kembali. Memisahkan komponen menjadi modul berbeda yang bekerja sama untuk membuat aplikasi web berfungsi penuh, Laravel dirancang dengan mempertimbangkan modularitas karena perangkat lunak itu sendiri adalah kumpulan besar komponen yang berbeda. Modularitas memungkinkan Anda membuat dan mengembangkan aplikasi skala besar dengan mudah dan dengan penanganan kesalahan dan deteksi bug yang lebih baik. Kerangka kerja Laravel memberi pengembang cara sederhana dan mudah untuk mengikuti panduan untuk memulai dan menjalankan proyek mereka dengan lebih praktis.

  • Otentikasi

    Berkaca pada penulisan otentikasi di masa lalu yang harus melewati proses yang cukup panjang, maka Laravel berusaha menyingkat ini ini dengan menyediakan fitur yang mampu mengatasi masalah ini. Maka fitur ini pun menjadi bagian integral dari aplikasi web yang memerlukan perhatian serius yang membuat Laravel memberikan kemudahan bagi pengembang dalam menjalankan perintah sederhana untuk membuat sistem otentikasi yang fungsional dan berjalan dengan lancar. Bahkan beberapa opsi memungkinkan pengembang membuat otentikasi mereka sendiri.

 

Baca Juga :    4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Popularitas sebuah perangkat lunak terletak pada kemudahan penyesuaian, memungkinkan pengembang membuat struktur proyek unik untuk aplikasi web yang unik. Tentunya juga dalam kemampuan untuk menampilkan sintaks yang elegan yang membuat penulisan kode menjadi sederhana, ekspresif, dan cukup jelas. Ini semua bisa didukung oleh Laravel yang menampilkan banyak fitur serta paket luar biasa jika dibandingkan dengan framework lain.

Secara keseluruhan, Laravel memungkinkan pengembang membangun aplikasi web lebih cepat, dengan lebih mudah, dalam ekosistem di mana hanya ada sedikit kerentanan teknis dan dengan keamanan dan penanganan kesalahan yang lebih tinggi. Oleh karenanya banyak pengembang yang memuji dan menggunakan framework Laravel karena dukungan, kemampuan keseluruhan dan fungsionalitas dalam pekerjaan mereka sehingga lebih efisien dan praktis.

Related Post :