Panduan Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Salah satu cara mendapatkan pemasukan pasif yang cukup mumpuni melalui internet saat ini adalah dengan mendaftar pada program Google AdSense. Program periklanan diluncurkan oleh Google pada tahun 2003 ini memungkinkan penerbit situs web untuk menampilkan iklan teks, video, atau gambar yang ditargetkan pada halaman situs web. Dari sini iklan dikelola, diurutkan, dan dikelola oleh Google, tetapi dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka.

Sedangkan pendapatan yang dihasilkan baik berdasarkan per klik atau per tayangan, dan jumlah yang dihasilkan pemilik situs bervariasi tergantung pada apa yang dibayar pengiklan untuk iklan yang akan ditempatkan. Pemilik situs web dapat menghasilkan pendapatan dari lalu lintas trafik web mereka dengan mendaftarkan diri mereka ke program gratis ini.

Program Google AdSense ini semakin umum karena adanya keamanan antara pengiklan dan penerbit, berbagai format dan jenis iklan, kemudahan pembayaran, dan kemampuan untuk menjalankan iklan di perangkat seluler dan RSS feed. Hanya saja meski memang menggiurkan tetap tentu saja Google AdSense mempunyai kekurangan karena Google dapat menghentikan akun kapan saja dan melakukan banned jika pengguna melanggar peraturan mereka. Simak penjelasan dan panduan singkat bagaimana Google AdSense bisa menjadi ladang penghasilan yang cukup baik bagi banyak pemilik situs web.

 

Mengenal Jenis- Jenis Google AdSense

Google AdSense adalah jaringan iklan untuk penerbit web untuk memonetisasi konten online mereka. Ini adalah platform yang mengambil iklan dari Google Display Network (seperti Google Ads) dan menampilkannya di situs web penerbit. Google saat ini menawarkan sejumlah jenis AdSense yang berbeda, termasuk :

  • Teks

    Iklan yang menggunakan kata-kata dan tersedia dalam berbagai ukuran. Disini warna kotak, teks, dan tautan dapat disesuaikan.

  • Gambar

    Iklan grafis yang juga tersedia dalam berbagai ukuran. Penayang dapat memilih opsi umpan iklan untuk menggabungkan iklan teks dan gambar.

  • Video

    Format video mencakup iklan video linier, iklan hamparan yang menampilkan teks AdSense serta iklan bergambar di atas konten video.

  • Multimedia

    Jenis iklan interaktif yang menyertakan HTML, video, flash, dan lain- lain.

  • AdSense for Search

    Memungkinkan pemilik situs memiliki kotak pencarian Google di situs web mereka. Saat pengguna memasukkan istilah, halaman hasil pencarian menampilkan iklan AdSense. Pemilik situs dapat menyesuaikan skema halaman untuk berkorelasi dengan branding situs web.

 

Baca Juga  :     Langkah-Langkah Mendaftar Google AdSense dan Tips Mengoptimalkannya

 

Cara Kerja Google AdSense

Panduan Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense
 

Google AdSense adalah bagian dari jaringan periklanan Google yang melayani pemilik situs web. AdSense memungkinkan penayang konten kesempatan untuk memperoleh pendapatan dari situs web atau blog mereka dengan menyisipkan iklan di halaman web mereka. Secara singkat, cara kerja Google AdSense bisa dijelaskan dibawah ini.

  • Pilih jenis dan penempatan unit iklan yang akan ditampilkan

    a) Tentukan di mana Anda ingin iklan muncul
    b) Pilih jenis iklan yang dapat bersaing untuk slot tersebut

  • Tampilan iklan dengan bayaran tertinggi

    a) Pengiklan menawar inventaris Anda dalam lelang waktu nyata
    b) Selalu tampilkan iklan dengan bayaran tertinggi

  • Mendapatkan bayaran

    a) Google menagih pengiklan dan jaringan iklan
    b) Dapatkan bayaran melalui berbagai opsi pembayaran

 

Baca Juga  :   Jenis Iklan Google Ads (Google Adwords) yang Perlu Kamu Ketahui

 

Kelebihan Bergabung Dalam Program Google AdSense

Sebagai bagian produk dari Google yang memungkinkan penerbit menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di situs web, blog, atau video YouTube mereka, AdSense menjadi program yang sangat menarik dan masih diminati hingga saat ini. Anda selaku pemilik situs web akan dibayar oleh Google ketika pengunjung mengklik iklan atau berdasarkan tayangan iklan, sesuai dengan jenis iklannya. Iklan tersebut dapat berupa teks, gambar, video, atau media interaktif yang mana inkan ini akan dipilih oleh sistem lelang iklan otomatis. Lelang akan memilih penawar tertinggi di antara pengguna Google AdWords yang menawar. Berikut kelebihan bergabung dalam program ini :

  • Gratis

    AdSense bekerja dengan metode atau model bagi hasil, yang berarti AdSense tidak menghasilkan uang kecuali Anda sebagai penerbit menghasilkan uang.

  • Mudah digunakan dan dikelola

    Dengan dasbor sederhana untuk memeriksa penghasilan bulanan, membuat dan mengoptimalkan unit iklan, dan menjalankan eksperimen.

  • Standar kelayakan langsung

    Jika konten penayang asli dan tidak termasuk dalam kategori tidak aman dengan desain dan arsitektur yang layak, AdSense bisa saja menyetujui situs web bahkan yang berusia 3 bulan sekalipun.

  • Multi platform

    Penayang dengan beberapa platform seperti situs web, Blogger, saluran YouTube dapat menautkan semuanya ke akun AdSense yang sama. Ini akan sangat membantu dalam mengelola dan mengoptimalkan semua properti di satu tempat.

  • Mendukung hampir semua format iklan web

    Dengan berbagi format, Google Ads mendukung iklan teks, display, native, video, dan multimedia. Terutama iklan asli oleh AdSense dirancang untuk menyatu dengan baik dengan konten situs untuk menawarkan pengalaman iklan yang mulus kepada pengguna.

  • Periklanan yang aman

    Pihak Google akan selalu memeriksa semua materi iklan dari pengiklan untuk menghindari iklan yang menyinggung dan apa saja yang berbahaya yang muncul di halaman web penerbit.

 

Baca Juga  :    Panduan Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites

 

Pilihan Alternatif Selain Google AdSense

Panduan Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense
 

Teknologi iklan adalah pasar yang sangat fluktuatif. Teknologi datang, mencapai puncaknya, dan menghilang dalam rentang beberapa bulan. Hal ini membuat penayang bereksperimen dengan lebih banyak teknologi untuk memahami audiens, meningkatkan inventaris, dan masa depan bisnis mereka. Salah satu tes yang disukai penerbit adalah mencoba beberapa jaringan iklan dan platform pengoptimalan iklan sehingga mereka bisa memilih program yang sesuai dengan mereka. Berikut beberapa opsi lainya selain Google AdSense :

  • Adversal

    Adversal adalah platform periklanan swalayan yang memungkinkan Anda menyiapkan iklan hanya dalam beberapa menit.

  • Skimlinks

    Skimlinks mengotomatiskan afiliasi konten perdagangan Anda, memungkinkan Anda untuk fokus menjalankan situs web Anda tanpa khawatir tentang menyiapkan tautan afiliasi.

  • ylliX

    Beberapa orang mencari alternatif selain Google AdSense untuk tarif pembayaran yang lebih baik, dan ylliX adalah opsi yang cukup baik. Ini adalah jaringan periklanan yang menawarkan berbagai jenis iklan untuk desktop dan seluler, termasuk iklan popunder, pengalihan seluler, penggeser, iklan lapisan, dan iklan satu halaman penuh.

  • Adsterra

    Adsterra menawarkan opsi periklanan yang bagus untuk penerbit dan pengiklan, memungkinkan mereka untuk mencoba pendekatan berbeda yang tidak bergantung pada Google saja.

 

Baca Juga  :    Monetize YouTube : Panduan Mendaftar, Persyaratan dan Memahami Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Google AdSense adalah jaringan iklan terbesar di dunia, bekerja dengan jutaan pengiklan dan penerbit dari semua industri dan latar belakang. Sama seperti jaringan iklan lainnya, pengiklan meminta Google untuk menayangkan iklan mereka di situs web yang memenuhi kriteria tertentu, sementara penerbit meminta Google untuk menampilkan iklan di situs mereka yang memenuhi kriteria tertentu. Sistem program ini bekerja dengan menggunakan kode AdSense yang disisipkan penerbit ke situs web mereka.

Setelah situs terdaftar dengan jaringan iklan, maka jaringan akan mengevaluasi situs web kemudian mencari melalui inventaris pengiklan untuk mencocokkan dengan situs. Iklan kemudian akan dicocokkan berdasarkan konten situs web Anda, termasuk lokasi, topik blog, bahasa, dan tema situs web. Setelah iklan dicocokkan dengan situs, mereka muncul dengan pengunjung mendarat di halaman, ditampilkan sebagai iklan teks, iklan kaya gambar, atau keduanya tergantung pada preferensi Anda. Selain itu, iklan teks dapat disesuaikan agar sesuai dengan tampilan dan nuansa situs Anda sehingga tidak akan mengganggu tampilan.

Related Post :