Panduan Lengkap Belajar WordPress untuk Pemula

Development & Security, Web & Development / 0 | | 23

Disamping membuat situs web atau blog dengan Blogspot, Weebly, Wix, kita juga mengenal platform blogging siap jadi yaitu WordPress yang juga populer. WordPress datang menawarkan fitur- fitur yang kompleks, lengkap dan fungsional sehingga membuatnya juga dilirik oleh perusahaan- perusahaan besar untuk membuat website mereka.

WordPress menawarkan layanan pembuatan website atau blog yang mudah digunakan baik untuk pemula dan para profesional yang lebih paham mengenai bahasa pemograman. Pemula yang ingin menggunakan WordPress akan menemukan diri mereka menikmati proses pembuatan web atau blog karena platform berbasis CMS sangat user friendly.

Anda dapat mendaftarkan diri Anda untuk mendapatkan akun di WordPress, memilih tema dan layout gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, mengisi konten dan kemudian dalam hitungan menit, Anda sudah dapat meluncurkan website atau blog Anda secara online. Oleh karena itu, mari ikuti panduan lengkap belajar WordPress untuk pemula dibawah ini.

 

Mengenal Apa itu WordPress

WordPress (WordPress(dot)org) adalah sistem manajemen konten CMS gratis dan open-source yang ditulis dalam PHP dan dipasangkan dengan database MysSQL atau MariaDB. Fitur ini termasuk di dalamnya arsitektur plugin dan sistem template yang disebut dalam istilah WordPress sebagai tema. WordPress sendiri awalnya dibuat sebagai sistem penerbitan blog tetapi telah berevolusi menjadi pendukung jenis konten web lainnya termasuk milis dan forum yang lebih tradisional seperti galer media, situs keanggotaan, sistem manajemen pembelajaran (LMS) dan juga toko online.

Platform blogging ini telah digunakan oleh lebih dari 60 juta situs web di dunia termasuk 33,6% dari 10 juta pemilik situs web teratas pengguna WordPress per April 2019. WordPress kini turut menjadi salah satu solusi sistem manajemen konten paling banyak digunakan dan terkenal ramah guna. WordPress juga telah digunakan untuk domain aplikasi lain seperti sistem tampilan pervasive (PDS).

 

Dua jenis WordPress

 

Pengguna dapat memilih untuk menggunakan salah satu jenis dari dua WordPress yang ada sesuai dengan kebutuhan mereka, berikut dua jenis WordPress beserta penjelasannya kelebihan dan kekurangannya masing- masing.

 

WordPress(dot)com

Ini adalah versi gratis yang diberikan oleh WordPress yang juga menjadi pilihan banyak blogger atau pemilik situs web dan blog dengan skala kecil serta kegunaan pribadi. Pengguna WordPress versi ini tidak diharuskan untuk memiliki domain dan hosting karena semua telah disediakan dengan gratis. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran gratis dan pilih nama website Anda.

Tentunya versi gratis ini mempunyai keterbatasan dan pengguna harus mengikuti semua peraturan dari WordPress(dot)com. Penggunanya pun tidak mempunyai pembeda nama domain mereka sendiri karena setiap blog atau website akan mempunyai domainanda(dot)wordpress(dot)com dibelakangnya. Mungkin bagi pemula dan baru mulai belajar ini akan menjadi hal yang cukup namun tidak bagi mereka yang ingin mengembangkan kreativitas yang lebih luas dan besar lagi.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Menggunakan Editor Gutenberg WordPress Terbaru

 

WordPress(dot)org

Versi ini adalah versi terlengkap dari WordPress.com yang akan memberikan kontrol penuh dan keleluasaan untuk mengelola website dengan berbagai ragam fitur yang kreatif. WordPress(dot)org ini juga menyediakan support, forum, themes (tema) dan ragam banyak plugin yang efisien dan sangat mendukung. Pengguna tidak lagi memerlukan konfigurasi coding untuk merancang website yang menarik.

Pengguna versi ini juga dapat bebas membeli domain yang mereka perlukan meskipun melalui provider domain lain. Kebutuhan kapasitas hosting juga mendapat kendali penuh menyesuaikan dengan keperluan setiap pengguna. Dengan menggunakan versi ini, Anda juga dapat melakukan dan merubah kustomisasi website dan blog lebih berbeda dari rancangan awal serta membuatnya lebih unik juga personal.

Baca Juga :  Download Kumpulan Template Bootstrap Gratis Untuk Website Anda

 

Cara Membuat WordPress

 

Sebagai dasar utama dan hal yang wajib Anda ketahui adalah bagaimana membuat akun di WordPress sebelum memulai membuat blog atau website Anda. Apabila Anda ingin mencoba versi gratis dari WordPress(dot)com, berikut langkah- langkah yang harus Anda tempuh :

  1. Buka laman situs web WordPress.com pada browser dan klik pada tulisan Get Started atau Mulai Situs Web Anda.
  2. Masukkan email Anda atau pengguna yang aktif. Kemudian isi semua kolom data seperti nama pengguna dan password (kata sandi). Pastikan Anda mengetahui dan menghafal semua data ini karena setiap kali Anda ingin melakukan login, maka Anda harus mengisi data kembali.
  3. Klik Buat Akun Anda.
  4. Anda akan dihadapkan pada 4 pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda yaitu Blog, Business, Professional dan Online Store. Pilih dari salah 1 dari 4 opsi tersebut.
  5. Kemudian Anda akan diminta memasukan dan memiliih tentang kategori website Anda, silahkan pilih dari opsi yang ada kemudian dilanjutkan dengan mengklik tombol Continue.
  6. Lalu Anda diminta untuk menjelaskan tentang nama website atau blog yang Anda pilih pada kolom, opsi ini akan dapat diubah kembali atau mengikuti kemauan Anda. kemudian klik Continue untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  7. Pengguna juga kemudian akan diminta menuliskan alamat domain website mereka, disini pengguna harus memastikan nama domain mereka belum dimiliki web atau blog lain. Buatlah nama domain yang sangat menggambarkan dan mencitrakan isi dan mewakili blog atau website Anda.
  8. Pilihan selanjutnya adalah penawaran domain dan hosting mulai dari berbayar hingga yang gratis. Karena Anda ingin menggunakan versi gratis, maka klik pilihan Free.
  9. Langkah terakhir ini adalah pilihan opsi berbagai plan yang bisa Anda sesuaikan, pilih dan klik Start with a Free Site pada bagian atas laman.
  10. Pengguna yang sudah masuk akan dibawa ke halaman dashboard WordPress.
  11. Lakukan konfirmasi email Anda dan luncurkan atau launch your site untuk umum dan menampilkan website atau blog Anda di internet.

Baca Juga : Pilih Blogspot atau WordPress. Berikut ini Perbedaannya! 

 

Kesimpulan dan penutup

Saat ini hampir tidak ada pemilik website dan blog yang tidak mengenal WordPress meski mereka mungkin tidak sebagai penggunanya. WordPress datang dengan pilihan plan yang tidak hanya gratis tetapi juga mempunyai plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, batik itu dalam hitungan bulan, maupun tahunan.Cara pembuatannya yang user friendly dengan fitur- fitur yang jelas dan mudah diikuti, proses pembelajaran yang ringkas, pengguna dapat membuat dan mendapatkan website atau blog hanya dalam hitungan menit.

WordPress juga mempunyai banyak themes atau tema bawaan yang menarik selain juga dapat dipilih atau menggunakan jasa pilihan template bootstrap luar. Anda tidak perlu lagi membangun blog dan website Anda dari nol sehingga cara ini lebih menghemat tenaga dan efisiensi waktu. Pemilik website dari WordPress juga dapat melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. jika Anda ingin membeli domain dan hosting, tidak hanya menyediakan paket tersebut, WordPress juga memperbolehkan penggunanya untuk membeli domain dan hosting mereka dari pihak luar.

Sebagai platform blogging yang besar, WordPress juga turut mempunyai komunitas tersendiri yang dapat membantu dan mendukung setiap pengguna baru. Bersamaan theme dan plugin yang beragam serta mengikuti perkembangan karena ini terus dikembangkan dan juga selalu diperbarui oleh jutaan programmer-nya di seluruh dunia. Tidak mengherankan kalau WordPress menjadi CMS terpopuler dari 2003 silam

Related Post :