Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Afiliasi Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 2 | | 0

Menyesuaikan dengan kemajuan zaman dan preferensi masyarakat dunia yang lebih memilih banyak hal secara online, maka in turut membuat peluang terbuka termasuk cara berbisnis. Dari banyak jenis bisnis yang ada, diantaranya adalah bisnis afiliasi yang adalah model periklanan di mana perusahaan memberi kompensasi kepada penerbit pihak ketiga untuk menghasilkan lalu lintas atau mengarah ke produk dan layanan perusahaan.

Penerbit pihak ketiga adalah afiliasi, dan biaya komisi mendorong mereka untuk menemukan cara untuk mempromosikan perusahaan. Internet telah meningkatkan keunggulan pemasaran dibidang bisnis afiliasi. E-commerce raksasa Amazon mempopulerkan praktik tersebut dengan membuat program pemasaran afiliasi di mana situs web dan blogger menempatkan tautan ke halaman Amazon untuk produk yang ditinjau atau didiskusikan untuk menerima biaya iklan saat pembelian dilakukan.

Dalam pengertian ini, pemasaran afiliasi pada dasarnya adalah program pemasaran bayar-untuk-kinerja di mana tindakan penjualan dialihdayakan ke jaringan yang luas. Bisnis ini terdengar mudah dan lebih menarik karena mereka yang ingin bergabung di dalamnya terbuka untuk semua kalangan. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin mencoba bisnis online ini, mari cari tahu lebih dalam mengenai cara memulainya dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah proses di mana afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan produk orang atau perusahaan lain. Afiliasi hanya mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan mendapatkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Penjualan dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs web ke situs lainnya.

Biasanya, penjualan dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs ke situs lainnya. Secara sederhana, afiliasi memasarkan produk atau layanan dengan membagikan konten di situs web, blog, atau platform media sosial mereka. Sebagai imbalannya, mereka mendapatkan komisi dari pedagang jika seseorang mengklik salah satu tautan pelacakan khusus dan membeli sesuatu atau mengubahnya menjadi prospek. Jika dimanfaatkan dengan baik, usaha berbasis kinerja ini dapat menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan yang layak setiap bulannya

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Bisnis Online Sampingan yang Menghasilkan Uang dengan Modal Kecil

 

Tipe atau Jenis dari Bisnis Afiliasi

Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Afiliasi Bagi Pemula
 

 

Sama seperti bisnis yang sudah lazim diketahui, maka bisnis afiliasi memiliki berbagai macam tipe atau jenis juga. Meskipun memiliki berbagai macam jenis pemasar afiliasi, beberapa dari berikut dibawah ini yang lebih umum daripada jenis afiliasi yang lain. Berikut adalah beberapa jenis pemasaran afiliasi yang populer :

  • Webmaster atau pemilik situs

    Ini adalah pemasar yang memiliki situs web atau berencana untuk membangun situs sebagai pemasar afiliasi. Pengiklan dapat menghubungi mereka dan menggunakan situs mereka untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Pemilik situs dengan situs yang menarik lalu lintas besar dapat mengarahkan klien ini ke pedagang dengan menggunakan spanduk, widget, atau jenis tautan lainnya. Jenis afiliasi ini berfungsi paling baik jika situs web mencakup topik yang juga menarik untuk produk atau layanan penerbit.

  • Afiliasi SEO atau PPC

    Kategori pemasar ini menggunakan keterampilan PPC untuk mengarahkan pelanggan ke situs web pengiklan melalui SEO, AdWords, atau iklan media sosial.

  • Situs Konten

    Blog, situs web, dan portal adalah salah satu situs paling populer yang digunakan dalam pemasaran afiliasi. Pemilik situs menulis ulasan tentang layanan atau produk pengiklan untuk meyakinkan pengunjung mereka agar membeli atau membayar layanan tersebut. Jika klien melakukan pembelian melalui situs, pemilik mendapat komisi dari program afiliasi.

  • Newsletter atau Email

    Dalam hal ini, penerbit membuat database email pengguna yang mereka gunakan untuk mengirim newsletter atau penawaran khusus mengenai layanan atau produk merchant. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan email untuk pemasaran afiliasi, sangat penting untuk mematuhi peraturan.

  • Situs Kupon

    Situs ini telah menjadi populer dalam pemasaran afiliasi karena keunggulan belanja online. Banyak orang mencari kupon dari pemasar. Orang-orang ini dapat dikonversi menjadi pelanggan untuk barang atau jasa pedagang.

  • Media Sosial

    Orang yang memiliki pengikut signifikan di media sosial dapat merujuk orang-orang ini ke situs pengiklan dan mendapatkan komisi. Mereka yang menjalankan jenis afiliasi ini disebut influencer yang biasanya mempunyai banyak follower.

  • Situs Review

    Situs-situs ini mengulas berbagai produk dan situs web, sebagian besar berdasarkan ceruk pasar. Pengunjung situs ini dapat dikonversi menjadi pelanggan bagi pedagang.

  • Lalu Lintas Berinsentif

    Dalam hal ini, pedagang menawarkan beberapa bentuk insentif seperti mata uang virtual atau uang kembali ketika pengunjung tersebut mengambil tindakan yang diperlukan. Klien dapat melakukan pembelian menggunakan insentif.

  • Layanan Belanja

    Dalam jenis pemasaran afiliasi ini, situs menawarkan layanan yang meningkatkan pembelian online untuk merek tertentu. Adapun yang termasuk dalam jenis ini adalah situs perbandingan harga, situs mesin pencari meta, portal ulasan, dll.

 

Baca Juga  :     Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Panduan Cara Memulai Bisnis Afiliasi Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Afiliasi Bagi Pemula
 

Setelah Anda mendapatkan pemahaman mengenai pemasaran bisnis afiliasi, dimulai dari mengetahui Arti dari bisnis afiliasi, tipe/jenis dari bisnis afiliasi, dan manfaat dari bisnis afiliasi, setelah ini Anda dapat mengetahui cara memulai bisnis afiliasi. Berikut langkah-langkah untuk memulai pemasaran bisnis afiliasi :

 

  • Pilih ceruk penjualan yang sesuai

    Semua konten yang Anda buat dan produk yang Anda promosikan sebagai pemasar afiliasi harus berkisar pada niche yang Anda pilih. Pilih ceruk yang Anda sukai dan ketahui. Membuat konten tentang niche yang tidak menarik akan sangat memberatkan dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada Anda. Hal lain yang perlu diingat adalah memastikan ceruk itu menguntungkan.

  • Bangun situs web atau pilih platform

    Membangun situs web yang dioptimalkan mesin pencari sangat penting untuk pemasaran afiliasi yang sukses. Nama situs web Anda harus menyertakan kata kunci target yang terkait dengan konten yang Anda buat.Saat membangun situs web pastikan situs Anda telah :
    a) Dioptimalkan untuk perangkat seluler.
    b) Tidak perlu lebih dari 2 detik untuk memuat.
    c) Desain dan tata letak responsif dan ramah pengguna.
    d) Tautan afiliasi dan ajakan bertindak jelas dan terlihat.
    Selain situs web, Anda dapat mempromosikan produk dan layanan melalui platform media sosial seperti YouTube dan Instagram. Anda juga dapat membangun audiens melalui blog.

  • Bergabunglah dengan program afiliasi

    Langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk program afiliasi. Anda dapat mendaftar ke banyak program tetapi berfokus pada satu atau dua program disarankan untuk pemula. Cobalah untuk menghindari program afiliasi volume tinggi yang membayar rendah karena Anda membuat komisi rendah per penjualan. Sebaliknya, mendaftar untuk program volume rendah membayar tinggi.

  • Pilih produk untuk dipromosikan

    Memilih produk adalah hal yang paling krusial karena ini akan mempengaruhi kredibilitas Anda, maka pastikan untuk memilih :
    a) Produk berkualitas baik dan memiliki peringkat yang baik.
    b) Relevan dengan niche Anda.
    c) Anda secara pribadi akan membeli dan menggunakannya.
    Kecuali Anda tahu tentang produk dengan sangat baik, sangat disarankan untuk mengujinya sebelum Anda merekomendasikannya kepada audiens Anda. Dengan cara ini Anda dapat menawarkan pendapat jujur ​​​​Anda dan konsumen Anda akan mempercayai Anda ketika mereka melakukan pembelian.

  • Buat konten yang berkualitas

    Buat konten asli yang memberikan informasi berharga kepada konsumen Anda. Pastikan Anda benar-benar autentik dan asli dalam ulasan produk Anda. Konten yang Anda buat dapat berupa postingan blog, video YouTube, atau postingan media sosial lainnya.

  • Lacak tautan afiliasi Anda

    Melacak tautan afiliasi Anda akan membantu Anda mengetahui tautan mana yang berkinerja terbaik atau menghasilkan konversi terbaik.Dengan cara ini Anda akan memahami audiens target Anda dengan lebih baik dan mengoptimalkan situs Anda atau membuat perubahan pada konten Anda sesuai dengan apa yang paling mereka sukai. Anda juga akan belajar bagaimana menyesuaikan strategi pemasaran Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

  • Dibayar

    Cara Anda dibayar akan tergantung pada struktur pembayaran program afiliasi Anda. Bisa berupa pembayaran bulanan atau mingguan. Pastikan Anda membaca kebijakan pembayaran program afiliasi sebelum Anda mendaftar.

 

Baca Juga  :   Ide Bisnis Online dan Offline Untuk Tambahan Penghasilan di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda mencari cara untuk menghasilkan pendapatan pasif yang tidak mengharuskan Anda untuk mengikuti jadwal waktu tertentu, pemasaran bisnis afiliasi adalah pilihan yang bagus untuk Anda. Anda mungkin tidak mencapai kesuksesan besar dalam semalam, tetapi Anda pasti dapat tumbuh seiring waktu selama Anda menerapkan praktik pemasaran bisnis afiliasi terbaik.

Walaupun pemasaran bisnis afiliasi memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan namun kelebihan dari bisnis afiliasi lebih banyak daripada kekurangannya. Saat Anda memulai bisnis afiliasi Anda tidak perlu khawatir untuk memulainya, karena Anda sudah mendapat banyak pemahaman umum mengenai bisnis afiliasi dalam Artikel ini, begitu pula serangkaian cara untuk memulai bisnis afiliasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memandu Anda mencoba bisnis afiliasi.

Related Post :