Panduan Lengkap CMS Drupal Bagi Pemula

Development & Security, Web & Development / 0 | | 2

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin membuat banyak konten, pasti Anda membutuhkan software CMS (Content Management System) yang bisa membantu Anda dalam membuat, mengedit, dan menyebarluaskan konten Anda dengan praktis dan cepat tanpa harus mengetahui ilmu coding. Ini tidak lepas karena situs web, blog dan aplikasi telah menjadi bagian dari hidup masyarakat modern saat ini.

Jika Anda membutuhkan software CMS yang baik dan cepat yang penuh dukungan. Salah satu yang bisa menggunakan salah satu software terbaik CMS yaitu Drupal. Drupal merupakan software CMS yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan atau agensi besar sehingga opsi ini adalah opsi yang Anda pertimbangkan.

Mengingat situs web, blog dan aplikasi menjadi lebih umum maka ada juga beragam software CMS yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang berbayar atau yang gratis. Anda juga bisa memilih fitur-fitur apa saja yang ingin Anda gunakan dan tidak jarang pula banyak software yang open source dan bisa diakses oleh siapa pun. Anda bisa mendapatkan panduan instalasi drupal dan keunggulan Drupal pada artikel di bawah.

 

Definisi Drupal dan Cara Mengelolanya

Panduan Lengkap CMS Drupal Bagi Pemula
 

 

Drupal membutuhkan tema web dan pengembangan web yang dipelopori oleh strategi konten untuk benar-benar memulai. Adapun CMS ini paling baik digunakan oleh bisnis yang membutuhkan sesuatu yang khusus. Seperti portal klien, penerbitan murni, UX yang rumit, atau mendukung situs web e-niaga dengan konten terintegrasi. Biasanya, semakin kompleks kebutuhan situs web Anda, semakin tinggi kebutuhan Anda akan situs web khusus yang dibuat khusus untuk tujuan mendukung strategi Anda.

Lalu bagaimana cara mengelola situs web drupal? Sebagai administrator situs web non-teknis, Anda memiliki sedikit kendali atas situs web Anda. Anda bisa membangun halaman baru menggunakan tata letak halaman dalam tipe konten yang berbeda. Anda juga dapat langsung melakukan drag and drop jenis paragraf pada halaman untuk membuat tata letak baru. Selain itu Anda juga bisa mengelola footer, menu, dan navigasi secara langsung.

Semua ini bisa Anda kelola sendiri karena Drupal juga CMS praktis yang tidak menuntut penggunanya untuk memahami dan mengerti coding maupun hal teknis lainnya. Tetapi meskipun termasuk cukup mudah, Anda masih membutuhkan bantuan pengembang untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti :

  • Memperbarui desain situs web.
  • Mengintegrasikan plugin, ekstensi, atau sistem lain dengan situs web Anda.
  • Menyebarkan patch keamanan.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Dalam Memilih Layanan CMS (Content Management System) yang Tepat

 

Keunggulan Drupal Sebagai CMS

Anda sudah mengetahui apa saja yang bisa Anda kelola di Drupal, selanjutnya untuk meyakinkan Anda menggunakan Drupal sebagai CMS yang Anda gunakan, berikut keunggulan Drupal sebagai CMS yang bisa menjadi opsi yang baik.

  • Aman

    Dengan komunitas pengembangan aktif dan rilis patch reguler, Drupal sangat cepat mengatasi kerentanan sistem dan menjaga platform mereka tetap mutakhir.

  • Mudah dibuat

    Kerangka kerja modular dan open source maka Drupal keunggulan yang satu ini membuat platform mudah untuk disesuaikan dan digunakan.

  • Kemudahan integrasi

    Tidak ada situs web yang tidak terhubung ke satu sama lainnya karena sebagian besar situs web perlu terhubung ke beberapa sistem lain, baik pemasaran email, CRM atau alat layanan pelanggan untuk sepenuhnya mendukung seluruh strategi pemasaran. Pembuatan open source Drupal memudahkan untuk terhubung dengan alat lain yang menjadi nilai yang bagus di mata penggunanya.

  • Fleksibilitas

    Salah satu nilai jual utama Drupal adalah kemampuannya untuk membuat dan mengelola berbagai jenis konten, termasuk namun tidak terbatas pada video, jajak pendapat, blog, podcast, dan statistik. Karena fitur ini, Drupal memungkinkan platform desain yang fleksibel untuk membuat situs web yang kaya konten untuk berbagai pasar yang berbeda seperti media atau perdagangan. Skrip juga mencakup kemampuan pengeditan elemen desain, yang memudahkan pembuatan konfigurasi halaman web yang sederhana dan rumit.

  • Dapat dikostumisasi

    Selain fleksibel, Drupal juga sangat dapat dikustomisasi. Menawarkan lebih dari 16.000 modul dan plug-in, Drupal memungkinkan Anda untuk memodifikasi, menyesuaikan, dan menerapkan banyak fitur khusus tambahan ke dalam situs web Anda seperti CRM, keamanan, media sosial, dan SEO.

  • Skalabilitas

    Kekuatan utama lain dari Drupal adalah sangat scalable. Anda dapat meningkatkan jumlah halaman web Anda secara eksponensial tanpa mengubah apa pun. Karena itu, Drupal hebat dalam mengakomodasi pertumbuhan konten yang juga bagus untuk bergantian antara periode trafik konstan dan lonjakan trafik tinggi.

  • Dukungan komunitas

    Selain ini adalah CMS open source, ada pilihan lisensi, open source sebenarnya adalah budaya dan pendekatan terhadap teknologi yang berkisar pada pertukaran ide dan inovasi secara bebas. Komunitas open source menawarkan dokumentasi publik yang luas, papan diskusi yang dikembangkan dengan baik, obrolan dan milis, di samping suasana budaya online yang mudah didekati.

 

Baca Juga  :     Belajar Membuat Blog : Pengertian, Tips, dan Langkah-langkah Membuat Blog

 

Panduan Cara Menginstall Drupal

Panduan Lengkap CMS Drupal Bagi Pemula
 

 

Anda pasti sudah tidak sabar untuk menginstall Drupal sebagai pilihan CMS Anda. Tapi sebelum instalasi Drupal Anda memerlukan server web dengan database dan PHP. Server sendiri dapat berupa komputer pribadi Anda atau di web host online. Lalu setelah Anda memiliki server web dengan database dan PHP, berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

 

Langkah 1: Dapatkan Kodenya

Pilih Drupal versi saat ini atau terbaru yang selalu ditemukan di halaman Unduh. Namun, cara yang disarankan untuk mendapatkan kode sumber Drupal adalah dengan menggunakan Composer, pengelola ketergantungan PHP. Silakan Unduh inti Drupal developer Komposer di panduan developer Menggunakan Komposer untuk informasi lebih lanjut. Menggunakan Komposer mengharuskan Anda dapat menggunakan baris perintah pada mesin yang menghosting situs web Anda.

 

Langkah 2: Instal Dependensi dengan Composer

Langkah ini diperlukan hanya jika Anda telah menginstal atau memperbarui basis kode menggunakan git. Jika Anda belum menginstal composer, lihat instruksi instalasi composer resmi. Untuk mendapatkan basis kode yang berfungsi, Anda perlu menjalankan composer install –no-dev dari tingkat atas repository yang akan menginstal Symfony dan paket lain yang diperlukan oleh Drupal di direktori vendor/.

Penting untuk menyertakan opsi –no-dev saat menginstal paket untuk server produksi Anda. Beberapa paket, seperti phpunit/, pada dasarnya tidak aman dan tidak boleh diinstal pada server produksi. Jika Anda menginstal Drupal di server lokal atau pengembangan, dan Anda ingin menginstal paket pengembangan, tinggalkan opsi –no-dev. Anda juga dapat menambahkan opsi -o, untuk menghasilkan file autoload yang dioptimalkan. Untuk daftar lengkap opsi untuk sub-perintah composer install, gunakan composer help install.

 

Baca Juga  :      Panduan Lengkap Mengenal Apa Itu Joomla Untuk Pemula

 

Langkah 3: Buat database

Jika Anda menginstal Drupal di situs pengujian, Anda dapat melewati langkah ini. Saat Anda menjalankan skrip instalasi langkah berikutnya cukup berikan nama pengguna dan kata sandi pengguna basis data dengan izin untuk membuat basis data baru. Jika Anda menginstal Drupal di server web publik, maka Anda harus membuat database terlebih dahulu, dan memberikan akses kepada pengguna yang kurang beruntung. Pengguna basis data yang Anda tentukan selama instalasi adalah pengguna yang akan terhubung ke basis data pada setiap pemuatan halaman. Kemudian halaman ini memberikan arahan untuk membuat database Drupal Anda menggunakan salah satu metode berikut :

  • Panel kontrol berbasis browser web (seperti “CPanel” atau “Plesk”) phpMyAdmin
  • Menggunakan perintah SQL (menggunakan baris perintah)
  • Menggunakan perintah MySQL/MariaDB
  • Menggunakan perintah PostgreSQL

 

Langkah 4: Konfigurasikan Instalasi

Dengan adanya server web lokal untuk menggunakan tumpukan AMP (Apache, MySQL, PHP), ter-virtualisasi yang sepenuhnya terintegrasi yang meniru server pengembangan, pementasan, dan produksi yang mungkin diperlukan seseorang untuk menerapkan Drupal.

 

Langkah 5: Jalankan penginstal

Kunjungi situs Anda di browser web. Anda harus diarahkan ke halaman penginstal di /core/ install. php

 

Langkah 6: Pemeriksaan Status

Setelah instalasi, periksa status situs Anda di Administration > Reports > Status report (/admin /reports/status). Jika halaman ini melaporkan masalah apa pun, selesaikanlah.

 

Baca Juga Panduan  :      Tutorial Cara Menginstall CMS Drupal di Ubuntu

 

Kesimpulan dan Penutup

CMS atau Content Management System dapat membantu Anda dalam mengelola seluruh konten Anda dengan sistematis. Ada banyak CMS yang menawarkan banyak keunggulan tersendiri dan salah satu yang sering digunakan adalah Drupal yang merupakan layanan CMS yang bisa diakses secara gratis atau bersifat open-source.

Dari banyak kelebihan Drupal, di antaranya adalah aman, mudah dibuat, mudah diintegrasikan, fleksibilitas tinggi, dapat dikostumisasi, skalabilitas, dan keamanan terjamin. Cara menginstal Drupal juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun bahkan jika Anda bukan seorang programmer.

Related Post :