Panduan Lengkap Menggunakan Alexa Rank Untuk Website

Business, Marketing / 0 | | 0

Kita dapat memahami, bahwa kesuksesan dari sebuah website itu bergantung penuh pada banyaknya pengunjung website atau blog anda. Baik itu pengujung setia maupun pengunjung baru yang melihat website anda.

Entah tujuannya untuk pembelian produk, bisnis online, maupun hanya sekedar melihat – lihat produk anda. Seluruhnya juga bergantung penuh pada seberapa tinggi traffic yang masuk ke website atau blog kita. Namun anda pasti masih kebingungan untuk mengukur  dan menghitung hal tersebut?

Nah, jika anda masih baru dalam berbisnis, anda dapat mengelola website atau blog dengan menggunakan Alexa Rank. Jika anda belum mengetahui tentang alexa Rank ini, anda dapat menyimak artikel berikut ini.

 

Apa Itu Alexa Rank?

Alexa Rank merupakan sebuah sistem peringkat yang berdasar kepada skema peringkat dari traffic dalam sebuah website untuk menerima dari  jumlah orang yang mengunjungi situs web dengan Alexa toolbar yang sudah diinstall.

Peranking Alexa ditentukan dengan menggabungkan data jumlah pengunjung website anda dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website anda.

Alexa merupakan perusahaan dari California yang didirikan pada tahun 1996 dan diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999. Tools Alexa dibuat fokus untuk bidang pengumpulan data traffic website.

Baca Juga : Memaksimalkan Google Analytics Untuk SEO Website Bisnis

 

Mengapa Anda Ingin Menaikkan Peringkat Alexa Anda?

Pada Webmasters dan advertising network menggunakan Alexa Rank untuk mengukur nilai link iklan pada website Anda. Ketika website Anda bergantung pada iklan atau melakukan penjualan website sebagai bentuk monetisasi, Anda pasti ingin meningkatkan peringkat Alexa Anda ke urutan atas, oleh karena hal itu akan meningkatkan harga tawar Anda ketika Anda menawarkan harga iklan.

Selain itu peringkat Alexa juga bisa menjadi salah satu pembanding website kita dengan kompetitor dari sudut pandang tertentu sehingga Anda bisa mengetahu kekuatan Anda serta kompetitor sejauh mana dan apa yang kiranya bisa diperbaiki, dipertahankan dan ditingkatkan untuk trafik Website Anda kedepannya.

Sebenarnya ada banyak sekali alasan mengapa Anda perlu melihat peringkat website Anda pada Alexa, dan tentunya informasi  yang diberikan bisa bermanfaat banyak untuk kebutuhan Anda.

 

Masalah dengan Alexa Rank

Peringkat Alexa sangat condong kepada audience teknologi karena audience tech savvy, termasuk juga orang-orang internet marketer biasanya meng-install Alexa Toolbar pada browser mereka.

Banyak yang mengindikasikan bahwa Alexa adalah metode yang tidak akurat untuk mengukur reach dari website, traffic dan potensi dari website. namun perihal ini tergantung dengan bagaimana Anda menyingkapi dengan baik penggunaan Alexa.

Bahkan Ada banyak cara memanipulasi peringkat alexa, tertunya hal ini sangat tidak disarankan karena akan membuat Anda kesulitan untuk mempelajari serta kesulitan mendapatkan data yang real untuk evaluasi website Anda.

 

Bagaimana Alexa Rank Menyusun Ranking?

Menurut penjelasan dari Alexa Rank, mereka  menghitung ranking dengan mengkombinasikan jumlah visitor setiap harinya dengan jumlah pageview yang didapatkan sebuah website dalam tiga bulan terakhir.

Data ini selanjutnya dikumpulkan dari pengguna user internet yang menggunakan satu dari 25,000 extension browser di Google Chrome atau Firefox yang menginstall script Alexa di dalamnya.  Setelah itu Alexa menggunakan algoritma mereka untuk memperbaiki data yang dirasa bias untuk memberikan data yang lebih akurat. Ada beberapa website yang memiliki coding Alexa di websitenya sehingga Alexa bisa tahu berapa banyak orang yang datang ke website tersebut dengan lebih akurat. Karena data yang dikumpulkan dari penggunaan user internet hanyalah estimasi.

 

Cara Cek Alexa Rank

Bagi yang belum tahu cara mengecek Alexa Rank artikel ini akan memandu anda agar mengetahui cara menggunakan Alexa Rank. Untuk menggunakan Alexa Rank, anda tidak perlu menginstall extensions  untuk melihat ranking sebuah website di Alexa Rank. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Alexa.

Pertama, Anda hanya tinggal memasukkan nama domain website yang ingin Anda check. Kemudian  klik Find.

 

Kedua, Setelah itu akan keluar beberapa data dari hasil nama domain yang anda cari. Sehingga,  Anda akan melihat halaman hasil pencarian yang berisikan data-data detail tentang website tersebut.

 

Ketiga, Anda akan melihat Keyword Opportunity, Yaitu kalimat yang paling banyak dicari dalam website anda. Keyword ini terbagi kedalam beberpa jenis yaitu : Keyword Gaps, Easy-to-Rank Keywords, Buyer Keywords, Optimization Opportunities.

 

Keempat, anda akan melihat Data Analysis dari Kompetitor (lawan) anda pada bidang yang sama. Contohnya seperti ini : Microsoft memiliki kompetitor seperti stackoverflow, github dan office dengan detail pencarian organik, social media, referal, direct.

 

Kelima, Audience Analysis  merupakan sebuah perangking dalam pencarian website. Ada banyak informasi yang  bisa Anda dapatkan pada bagian ini sebagai landasan dasar untuk mengetahui pesona dari user yang mengunjungi website Anda.

 

Keenam, Selanjutnya Anda lihat adalah ranking global dan ranking website tersebut di negara yang Anda pilih. Disini ada terlihat beberapa negara, yaitu : United states, India, Jepang.

 

Kesimpulan dan Penutup

Alexa Rank merupakan  sebuah gambaran tentang popularitas sebuah website dalam pencaharian. Hal ini, dapat berpengaruh dalam strategi bisnis anda. Karena, anda dapat melihat seberapa banyak pengunjung yang melihat website anda baik dengan pencarian organic, maupun social media.

Didalam Alexa Rank juga memuat data tentang kata apa saja yang paling sering dicari oleh pengunjung pada website anda. Serta negara apa saja yang biasanya selalu mengakses website anda.

Bahkan, Alexa Rank ini dapat menunjukkan siapa saja kompetitor (lawan) anda beserta data persentase urutan website anda dan kompetitor.

Related Post :

popup image