Panduan Lengkap YouTube Ads untuk Pemula Sebelum Beriklan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

YouTube adalah tempat nomor 1 di dunia untuk berbagi konten video yang tidak tertandingi terutama saat ini. Karenanya ini menjadikan YouTube sebagai mesin telusur terbesar kedua setelah Google, dengan 1,9 miliar pengguna bulanan yang luar biasa. Sekarang, lebih dari sebelumnya, menggunakan video dalam strategi pemasaran media sosial Anda menjadi norma. Dari perusahaan teknologi besar hingga bisnis kecil, tim pemasaran memasukkan konten video secara teratur ke dalam tweet, cerita, dan pos mereka.

Jika Anda tidak menggunakan video untuk memasarkan dan mengenalkan merek Anda secara online, Anda kehilangan peluang besar untuk menjangkau banyak orang. Hampir 5 juta video dilihat di YouTube setiap hari. Jika dengan rata-rata 300 jam video diunggah setiap menitnya, mengintegrasikan iklan YouTube ke dalam repertoar pemasaran Anda sangatlah mudah.

Dengan begitu banyaknya persaingan online, penting untuk meluangkan waktu dan upaya dalam produksi video merek Anda. Menjalankan iklan di YouTube adalah cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak audiens target Anda, jadi mari ketahui apa saja yang berhubungan dengan iklan atau YouTube Ads yang bisa membuka banyak pintu dalam membantu Anda memasarkan brand dan produk Anda.

 

Mengenal Apa Itu YouTube Ads

Periklanan atau YouTube Advertising, dilakukan melalui Google Ads, adalah cara mengiklankan konten video Anda di YouTube atau di hasil penelusuran sehingga Anda dapat memaksimalkan jangkauan pengguna Anda. Ini bisa jadi video Anda yang diputar sebelum pengguna menonton video orang lain atau muncul di hasil penelusuran YouTube untuk ditonton orang secara penuh.

Sejak Januari 2017, Google mengumumkan akan melakukan perubahan pada AdWords untuk memungkinkan pengiklan menjangkau lebih banyak pemirsa di YouTube terutama di seluruh perangkat seluler, di mana 50% penayangan YouTube terjadi. Di antara perubahan yang diluncurkan, mungkin pengumuman terbesar adalah bahwa pengiklan akan segera dapat menargetkan pemirsa berdasarkan riwayat pencarian Google mereka, selain perilaku menonton mereka yang sudah ditargetkan oleh YouTube.

Pemasar sekarang dapat menargetkan iklan pada orang-orang yang baru-baru ini menelusuri produk atau layanan tertentu untuk menargetkan iklan video yang akan mereka tayangkan di platform. Jika konten iklan video berkaitan erat dengan penelusuran yang telah diteliti pemirsa, mereka mungkin lebih cenderung untuk menonton keseluruhan iklan atau mengeklik melalui iklan ke situs web.

 

Jenis atau Tipe YouTube Ads

Panduan Lengkap YouTube Ads untuk Pemula Sebelum Beriklan
 

YouTube adalah pusat dari semua hal tentang video, jadi jelaslah bahwa memproduksi iklan video di situs adalah cara paling efisien untuk mengiklankan kepada calon pemirsa dan membangun kehadiran Anda. disamping itu, YouTube juga memberi pemasar beberapa opsi atau jenis untuk menargetkan level yang berbeda di setiap niche pemasaran.

 

Iklan Berdasarkan Membangun Kesadaran Merek

Di bagian atas niche pemasaran, Anda dapat memulai dengan iklan Youtube yang berpusat di sekitar kesadaran merek. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan banyak tayangan untuk menarik pelanggan baru dan tetap bersama mereka. Tentunya ini menjadi bagian atas niche pemasaran, tempat Anda memperkenalkan merek Anda kepada orang-orang dan membuat mereka mengunjungi situs web Anda. Iklan ini dapat mencakup :

  • TrueView Ads

    Iklan yang dapat dilewati yang muncul sebelum video dan dimaksudkan untuk menjangkau kebanyakan orang yang mana penawaran didasarkan pada biaya per 1.000 tayangan (CPM)

  • Bumper Ads

    Iklan berdampak tinggi yang tidak dapat dilewati yang berjalan selama enam detik dan penawaran iklan ini juga didasarkan pada CPM

  • Reservation 15/20

    Sedangkan jenis atau tipe iklan ini yang tidak dapat dilewati antara 15 dan 20 detik dan penawaran didasarkan pada CPM tetap

  • Outstream Video Ads

    Iklan yang tidak dapat dilewati antara hingga 20 detik dan penawaran didasarkan pada CPM terlihat (vCPM). Anda membayar jika 50% dari iklan Anda dilihat atau satu detik atau lebih lama (tampilan) atau lebih dari dua detik (video) yang mana ini juga dapat dilihat di platform apa pun

  • Masthead Ads

    Iklan yang tidak dapat dilewati ditempatkan di beranda YouTube selama 24 jam yang menyertakan spanduk dan ajakan bertindak/call to action (CTA) dengan penawaran adalah biaya per hari tetap.

 

Baca Juga   :   Cara Menjadi YouTuber Sukses dan Mendapatkan Uang Banyak untuk Pemula

 

Iklan Berdasarkan Pertimbangan dan Minat yang Tumbuh

Jenis iklan Youtube ini dirancang untuk mempengaruhi pelanggan pada saat mereka mungkin paling mau menerima. Ini semua tentang memindahkan pemirsa sedikit lebih jauh ke dalam niche pemasaran dan iklan ini mencakup jenis :

  • TrueView In-stream

    Iklan yang dapat dilewati yang berjalan sebelum, selama, atau setelah video. Selain itu, jenis iklan ini dapat berjalan di situs mitra dan bisa berapa saja dan penawarannya didasarkan pada CPV.

  • TrueView Discovery

    Iklan ditempatkan di hasil penelusuran YouTube di samping video terkait atau di beranda YouTube. Tipe iklan ini biasanya langsung ditunjuk dan ditempatkan dengan sisipkan sebagai iklan.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Cara Cepat Membuat YouTube Ads

Panduan Lengkap YouTube Ads untuk Pemula Sebelum Beriklan
 

Jika Anda siap untuk beriklan di YouTube untuk pertama kalinya maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Meskipun ada lebih banyak informasi rumit yang digunakan untuk mendapatkan ROI terbaik dari iklan YouTube, panduan sembilan langkah ini hanyalah panduan pemula tentang cara mulai membangun kehadiran Anda di YouTube.

  • Buat Akun Google AdWords

    Pemberhentian pertama Anda adalah Google AdWords. Jika Anda sudah memiliki akun AdWords, buka adwords(dot)google(dot)com/video untuk membuat kampanye iklan video baru Anda.

  • Tautkan AdWords dan YouTube

    Pastikan akun AdWords dan YouTube Anda ditautkan bersama. Anda dapat menyelesaikan langkah ini dari menu navigasi dengan mengklik “Akun YouTube tertaut”.

  • Pengaturan Umum

    Saat memilih pengaturan umum untuk iklan Anda, tetapkan anggaran yang Anda inginkan per hari. Lebih baik memulai dari yang kecil dan meningkatkan saat Anda semakin memahami akun dan apa tujuan yang baik itu.

  • Tetapkan Lokasi Di mana Anda Ingin Iklan Anda Muncul

    Anda dapat memilih negara, kawasan, kota, kode pos, alamat IP, dll, seluas atau sespesifik yang Anda inginkan. Semakin spesifik, penonton Anda akan semakin memenuhi syarat. Jika Anda hanya mencoba membangun kesadaran merek, menjelaskan lebih luas mungkin bisa membantu.

  • Unggah Video Anda

    Selanjutnya Anda akan memilih video yang ingin Anda tampilkan dan mengunggahnya ke akun Anda dari YouTube. Buat format video iklan Anda dengan baik dan memenuhi persyaratan agar sukses serta menarik minat audiens nantinya.

  • Pengaturan Lanjut

    Di bagian “setelan lanjutan”, Anda dapat memilih hari / waktu apa Anda ingin iklan Anda ditampilkan, jika ada waktu tertentu Anda ingin menampilkan iklan Anda karena prospek lebih cenderung didorong oleh produk Anda, serta tanggal mulai dan akhir untuk iklan baru Anda.

  • Penargetan Perangkat

    Semakin mendalam dengan penargetan perangkat, Anda dapat memilih perangkat tertentu yang ingin Anda targetkan, apakah itu seluler, desktop, laptop, tablet, dll. Dapatkan perangkat yang akan Anda gunakan untuk menelusuri produk Anda.

  • Pilih Usia, Jenis Kelamin, Topik dan Lainnya

    Di sini Anda dapat memilih usia, jenis kelamin, dan secara spesifik tentang topik yang ingin Anda tampilkan. Semakin spesifik Anda, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan. Semakin Anda mendalami kategori, minat, kata, situs web, dan frasa yang ingin Anda tampilkan, semakin baik target audiens Anda, jad buatlah sespesifik mungkin.

  • Memilih Kata Kunci

    Saat mencari kata kunci spesifik untuk menargetkan yang akan dicari oleh calon konsumen Anda di YouTube, gunakan Alat Kata Kunci Google untuk menemukan istilah yang relevan dan sespesifik mungkin. Istilah ini berasal dari mesin telusur Google, bukan dari YouTube, tetapi istilah tersebut akan tetap berguna dalam menyingkirkan beberapa kata kunci yang dapat menyebabkan iklan Anda dilihat oleh orang yang salah. Semakin panjang kata kunci, semakin spesifik, dan semakin relevan dengan bisnis Anda dalam menangkap pemirsa yang tepat.

 

Baca Juga  :    Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda memiliki video tentang produk atau layanan yang ingin Anda iklankan untuk dilihat seluruh dunia, YouTube adalah tempatnya. Mengingat YouTube memiliki hampir dua miliar pengunjung setiap bulan yang menonton 250 juta jam video di layar TV setiap hari. Ini juga memiliki versi lokal di lebih dari 91 negara. Pemasar juga memiliki banyak pilihan tentang cara memanfaatkan YouTube untuk memenuhi tujuan mereka dengan cara yang hemat biaya dan langsung melalui Google Ads.

YouTube adalah platform video, tetapi berkembang juga menjadi mesin pencari, dan menjadi yang kedua setelah perusahaan induknya Google untuk jumlah lalu lintas yang didapatnya. Hampir 70 persen pengunjung bulanannya menonton YouTube di perangkat seluler. Mengingat iklan seluler menarik perhatian pengguna sepanjang 83 persen, pemasar tidak dapat mengabaikan YouTube Ads dan sebaiknya mulai beriklan di platform online terbesar ini.

 

Related Post :