Panduan Membuat Blog dan Website Dengan Cepat dan Gratis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Dengan kemajuan dan dukungan teknologi saat ini, siapa saja bisa membuat situs web dan blog dengan instan tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu. Namun perlu diketahui bahwa blog dan website ada dua hal yang cukup berbeda. Website adalah kumpulan halaman arahan dan konten multimedia yang semuanya disusun dalam satu domain. Situs web juga biasanya di hosting melalui layanan hosting web yang memungkinkan halaman dan konten dapat diakses melalui world wide web selain juga dapat menjadi situs internal yang diakses melalui jaringan area lokal yang aman, yang merupakan kasus untuk sebagian besar intranet perusahaan.

Situs web dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda seperti untuk keperluan bisnis, pribadi dan bahkan untuk pemerintah dan lembaga resmi. Meskipun ada berbagai macam aplikasi, satu tujuan selalu tetap sama yaitu situs web dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau audiens semacam brosur online untuk perusahaan atau organisasi. Lalu meski blog memiliki arti yang berbeda dari website, tapi perbedaan yang ada tidaklah terlalu ketara. Mengingat secara teknis situs web dan secara umum, Anda dapat mencapai beberapa hal yang sama baik itu dengan blog atau situs web.

Blog sendiri adalah jenis situs web di mana konten disajikan dalam urutan kronologis terbalik yang mana konten yang lebih baru muncul lebih dulu. Konten blog biasanya dalam bentuk entri atau postingan blog dimana situs web pada umumnya bersifat statis di mana konten diatur dalam halaman yang biasa tidak sering diperbarui. Ini membuat blog lebih dinamis, dan biasanya cukup sering di update dalam banyak hal. Setelah mengetahui perbedaaan ini, mari simak tips dan cara membuat blog serta website dengan cepat berikut ini.

 

Tips dan Cara Membuat Website Dengan Cepat dan Gratis

Panduan Membuat Blog dan Website Dengan Cepat dan Gratis
 

Sebelum adanya adanya inovasi teknologi terutama pada pembuatan blog dan situs web, Anda membutuhkan keterampilan teknis dan pengembangan serta harus menguasai bahasa pemrograman yang cukup rumit jika ingin mengembangkan situs web dan blog Anda. Namun dengan berkembangnya teknologi dengan pesat, saat ini Anda dapat membuat situs web maupun sendiri dalam waktu yang singkat dan instan. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana atau Anda khawatir dengan biaya membangun situs web akan mahal dan akan memakan waktu Anda, maka dari itu berikut adalah bagaimana tips dan cara membuat situs web dengan cepat dan gratis.

  • Memilih nama domain

    Untuk memiliki situs web online, Anda memerlukan nama domain sebagai identitas dari blog atau situs web Anda. Nama domain Anda adalah apa yang akan diketik pengunjung Anda untuk mengakses situs Anda. Perhatikan juga ketika Anda memilih nama domain, pastikan nama domain tersebut singkat, mudah diingat, dan sebaiknya menggunakan ekstensi (dot)com sebagai ekstensi yang paling populer.

  • Memilih perangkat lunak situs web/blog

    Saat ini semakin banyak orang yang beralih ke pembuat situs web untuk membantu mereka membangun situs web dengan cepat dan mudah, mulai dari blog pribadi hingga toko e-commerce, situs niche, dan situs bisnis. Tidak hanya cepat dan instant, dengan menggunakan platform yang tepat, maka penjagaan dan pemeliharaan situs web dan blog Anda akan menjadi mudah. Dua platform yang terkenal adalah Blogger dan WordPress yang juga datang dengan berbagai dukungan serta fitur terbaik.
     
    Baca Juga   :     Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Website dan Blog

  • Memilih rancangan tema yang sesuai

    Membuat situs web yang terlihat bagus, berfungsi dengan baik, dan selaras dengan standar desain web terbaru adalah tugas yang sangat sulit. Apalagi jika Anda belum pernah membuat situs web sebelumnya, maka dari itu tema yang Anda pilih akan menjadi fondasi desain situs web Anda. Dengan memilih tema, Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan keinginan Anda meski Anda sebaiknya tetap memilih dan mempertimbangkan tema dengan niche atau industri dari blog atau situs web Anda.

  • Menyesuaikan tema

    Setelah Anda memilih tema yang tepat dengan niche dan industri Anda lalu jangan lupa untuk menyesuaikan tema Anda. Perhatikan faktor ini dengan seksama terlebih lagi jika Anda menginginkan situs web yang unik, jadi pilih dan sesuaikan tema Anda dengan situs web Anda. Penting untuk menyesuaikan semua elemen stok tema pilihan Anda karena ini adalah cara yang pasti untuk mendapatkan tampilan yang unik, sambil tetap mempertahankan fungsionalitas asli dari tema tersebut. Ada banyak hal yang bisa Anda ubah suai dengan teman serta kebutuhan Anda seperti :
    a) Menambahkan lebih banyak halaman ke situs Anda.
    b) Mengubah gambar stok menjadi foto profesional Anda sendiri.
    c) Mengubah palet warna tema.
    d) Menata ulang elemen teks dan tata letak umum.
    e) Mengubah font atau gaya font.

  • Cek dan pratinjau

    Anda mungkin merasa semua yang Anda butuhkan bagi situs web serta blog Anda telah cukup lengkap dan ingin segera meluncurkannya ke dunia maya. Namun jangan tergesa- gesa, lakukan pratinjau untuk melihat dari segala sisi dari situs web dan blog Anda. Jadi jika ada kesalahan atau kekurangan, Anda dapat melakukan pengeditan di menit terakhir dan menghindari kesalahan yang memalukan. Saat Anda melihat dan meninjau kembali keseluruhan situs web dan blog, Anda, jawab pertanyaan berikut ini sehingga Anda bisa melihat detail yang mungkin terlewatkan :
    a) Apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa yang mengganggu?
    c) Apakah ada kesalahan pemformatan yang aneh atau salah?
    c) Apakah gambar atau video Anda sesuai dan selaras dengan desain yang ada?
    d) Apakah semua tombol dan tautan benar- benar berfungsi dengan sebagaimana mestinya?
    e) Dapatkah pengunjung navigasi situs web Anda secara intuitif?

  • Luncur dan publikasikan website dan blog Anda

    Setelah penyelesaian akhir yang teliti, saatnya sekarang untuk mempublikasikan situs Anda. Walau Anda mempublikasikan situs Anda secara online, Anda masih dapat membuat perubahan yang cepat dan mudah dari bagian belakang editor. Tidak ada salahnya juga meminta pendapat pengunjung atau kerabat Anda mengenai situs web dan blog yang baru Anda luncurkan tadi sehingga Anda bisa melakukan peningkatan pengalaman kunjung mereka dengan lebih baik lagi.

 

Baca Juga  :   Cara Mendapatkan Domain Murah untuk Kebutuhan Website dan Blog

 

Tips Memilih Platform Pembuat Blog dan Website Terbaik

Panduan Membuat Blog dan Website Dengan Cepat dan Gratis
 

Membangun blog dan website yang hebat dimulai dengan memilih platform yang tepat. Ada banyak platform diluar sana yang siap membantu Anda terutama jika Anda adalah seorang pemula yang tidak mengenal bahasa pemrograman. Berikut dua platform pembuat blog dan website yang terkenal dan ramah guna bagi pemula sekalipun.

  • WordPress

    WordPress adalah platform blogging gratis open source yang memungkinkan Anda membangun situs web atau blog dalam hitungan menit yang merupakan perangkat lunak blogging paling populer di dunia saat ini. Diperkenalkan pada tahun 2003, WordPress sekarang mendukung lebih dari 41% dari semua situs web di internet. Platform ini adalah solusi yang di hosting sendiri yang berarti Anda harus mendaftar ke penyedia hosting WordPress. WordPress adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin memiliki kendali penuh atas masa depan blog serta situs web Anda.

  • Blogger

    Blogger adalah layanan blogging gratis oleh Google yang datang menawarkan cara cepat dan mudah untuk membuat blog bagi pengguna yang tidak paham teknologi. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs, Blogger adalah salah satu platform blogging paling awal yang ada dan masih terus diminati karena penggunaannya yang mudah. 2003 silam Google mengakuisisi Blogger dan mendesain ulang sebagai produk yang dikenal sekarang. Dengan menggunakan akun Google, maka Anda bisa memulai blog gratis pertama Anda di Blogger.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi untuk Cek Traffic Website /Blog dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara umum blog adalah salah satu jenis situs web yang mana perbedaan nyata antara blog dan jenis situs web lainnya adalah bahwa blog diperbarui secara teratur dengan konten baru, yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik yaitu posting blog baru terlebih dahulu. Situs web biasa bersifat statis di mana konten diatur dalam halaman tidak sering diperbarui.

Blog sendiri juga dapat menjadi bagian dari situs web yang lebih besar. Seringkali bisnis memiliki bagian blog di mana mereka secara teratur membuat konten untuk menginformasikan dan mendidik pelanggan mereka. Anda dapat menggunakan platform seperti WordPress untuk membuat keduanya, baik itu situs web dan blog. Tidak mengherankan kalau WordPress lebih unggul daripada platform pembuat blog dan situs web lainnya.

Related Post :