Panduan Mengenal CMS (Content Management System) Bagi Pemula

Development & Security, Web & Development / 0 | | 2

CMS sering disebut sebagai Content Management System yang merupakan perangkat lunak untuk membuat, mengatur, memodifikasi konten yang ada pada website tanpa harus memiliki pengetahuan atau kemampuan teknikal mengenai website. Secara garis besar, CMS adalah alat yang akan membantu Anda membuat suatu website sehingga Anda tidak perlu melakukannya dari awal. Cara ini semakin populer sehingga bisa dipakai oleh siapa saja terlebih lagi untuk pemula.

Perkembangan teknologi yang semakin cepat memudahkan pekerjaan sehari-hari hingga hal kompleks yang sebelumnya tidak bisa kita kerjakan sendiri. Misalnya, beberapa tahun lalu, mungkin ada membutuhkan divisi IT maupun web developer untuk mengembangkan sebuah website. Namun saat ini, membuat website bukan lagi hal yang sulitm kaerena Anda tidak perlu mempelajari hal-hal kompleks seperti menulis kode, menyelesaikan masalah-masalah teknis ataupun harus mempekerjakan seseorang untuk mengelolanya.

Ini tidak lepas dari CMS yang mampu mengatur segala hal dasar seperti membuat web pages, menyimpan gambar, atau fungsi-fungsi lainnya. Sehingga Anda bisa fokus pada bagaimana Anda berbagi konten dan tujuan Anda membuat situs web tersebut. Jika Anda pemula dan ingin mempelajari CMS lebih lanjut, silahkan simak artikel ini yang akan membahas apa saja keuntungan dari menggunakan CMS, cara kerja, cara membuat website dan platform CMS terbaik yang bisa Anda pilih.

 

Memahami Bagaimana Cara CMS Bekerja

Panduan Mengenal CMS (Content Management System) Bagi Pemula
 

 

Dijelaskan secara sederhana, CMS merupakan perangkat lunak yang berguna untuk membantu Anda mengatur dan mempublikasikan konten web, dan kontributor lain untuk berkontribusi, membuat, mengedit, mempublikasikan konten tanpa bantuan pengembang atau developer. CMS juga menyediakan manajemen konten dan mengatur alur kerja sehingga situs besar dan global bisa konsisten. Ada 2 bagian utama yang membantu Anda dalam menciptakan website, yaitu :

  • CMA atau Content Management Application yang digunakan oleh tim pemasaran, atau kreator konten lainnya bekerja secara langsung tanpa harus meminta tolong kepada divisi IT.
  • CDA atau Content Delivery Application yang berperan sebagai bagian dari back-end sebuah website. Bekerja dengan mengambil konten yang Anda masukkan ke dalam template kemudian mengubahnya menjadi website yang seluruh orang bisa akses.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap CMS Drupal Bagi Pemula

 

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan CMS

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan CMS. Manfaat ini tidak hanya terbatas pada website interaktif dan dinamis atau website yang secara berkala mengubah kontennya. Di bawah ini adalah manfaat yang mungkin menarik minat Anda jika Anda ingin membuat situs web dan blog dengan CMS yang praktis.

  • Anda tidak perlu mengerjakan masalah teknis

    Anda tidak perlu melakukan coding untuk membangun website Anda. Pengguna dengan pengetahuan teknis terbatas pun bisa membuat website yang menarik untuk bisnis online. Namun, jika Anda merupakan penggemar teknologi dan memahami sisi teknis dari pembangunan website, Anda bisa menambahkan kustomisasi kode ke CMS yang Anda gunakan.

  • Bisa untuk berbagai skala bisnis

    CMS bisa digunakan oleh bisnis dengan beragam skala mulai dari yang kecil seperti perajin yang menjual karya tangan di e-commerce kecil, hingga perusahaan karena siapa saha bisa dengan mudah membangun website di platform CMS. Kemudian, Anda bisa menggunakan CMS untuk mengatur infrastruktur sehingga fokus Anda bisa terpusat pada pengerjaan konten yang menarik dan menyenangkan yang berpotensi menaikkan tingkat konversi.

  • Berbagai fitur dan dukungan SEO

    Mayoritas dari CMS menyajikan pilihan SEO tools yang membantu Anda mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencari. Beberapa alat yang bisa Anda dapatkan aksesnya adalah dukungan untuk optimasi page title dan meta description, optimasi URL, hosting yang aman, dan masih banyak lagi.

  • Update website dari manapun

    Anda bisa mengakses dan memperbaharui website dari manapun selama memiliki koneksi internet dan memiliki info login. Selain Anda, pengguna lain dapat mengakses CMS. Sehingga berbagai orang dari beragam divisi dapat berkolaborasi dalam waktu yang sama dimana Anda dan tim dapat mempublikasikan konten dan orang lain mengimplementasikan protokol keamanan.

 

Baca Juga   :     Perbedaan Halaman Page dan Post pada CMS WordPress yang Perlu diketahui

 

Tips dan Cara Membuat Website dari CMS

Website yang dibuat dengan CMS banyak diminati karena terlihat menarik dan memiliki desain yang kontemporer, performa yang baik dan kemampuan mengerjakan berbagai pekerjaan dalam waktu singkat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan ketika membuat website di CMS.

  • Memilih platform yang sesuai

    Pilih platform yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pengembangan website Anda. Hitung kekurangan dan kelebihan yang ada sehingga Anda tidak salah memilih CMS karena ini bisa berdampak nantinya.

  • Tentukan nama domain website dengan bijaksana

    Pikirkan nama domain yang menarik, dan mudah diingat oleh pengguna. Hal ini penting agar pengguna dapat dengan mudah mengakses website Anda jika nama domain tersebut memorable. Pastikan Anda tidak menggunakan nama yang terlalu panjang atau rumit, dan juga SEO friendly.

  • Pilih layanan hosting

    Anda perlu menentukan hosting sebelum menginstall sistem ini karena tidak semua CMS memiliki solusi hosting yang terintegrasi dan salah satu layanan hosting terbaik nasional yang bisa Anda coba adalah IDCloudHost.

  • Install CMS yang akan Anda gunakan

    Install platform, yang sudah Anda pilih dengan seksasama. Proses install umumnya mudah, cepat dan tidak rumit sehingga hanya memerlukan beberapa menit saja dan jika proses sudah selesai, copy file Anda ke host.

  • Pilihlah dan install plugin pendukung

    Plugin akan memberikan fungsionalitas pada pekerjaan Anda dimana mayoritas CMS yang terkenal mengharuskan Anda untuk menginstall plugin. Namun, jika project yang Anda miliki bukan dalam skala besar dan kompleks, Anda tidak perlu menggunakannya. Biasanya plugin sendiri akan lebih aman jika berbayar.

  • Kustomisasi desain

    Setelah Anda menyelesaikan proses instalasi plugin, pilihlah tema dan kustomisasikan desain website Anda. Ada jenis- jenis template yang berbayar serta gratis, namun pilihan ini memiliki efek terhadap kualitas dan keamanan. Setiap CMS menawarkan alat kostumisasi yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit pages web, menambahkan logo serta menu hingga layout desain dan lainnya.

  • Upload konten yang Anda buat

    Tahap selanjutnya adalah mengunggah konten Anda, dan setiap template mempunyai konten yang belum di desain. Anda dapat mengganti konten yang ada di template tersebut dengan aset milik Anda sendiri.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

 

Rekomendasi Platform CMS Terbaik

Panduan Mengenal CMS (Content Management System) Bagi Pemula
 

Dengan kemajuan zaman dan kemudahan yang selalu dituntut dari setiap inovasi, tidak hanya membuat situs web semakin mudah namun juga ada banyak penyedia atau platform yang bisa Anda coba tanpa harus lagi mengusai bahasa pemrograman. Beberapa platform CMS yang umum digunakan diantaranya :

  • WordPress

    Salah satunya CMS terpopuler di dunia saat ini adalah WordPress, merupakan CMS paling terkenal dan paling banyak digunakan. Platform populer ini memberikan kebebasan kustomisasi dan desain.

  • Joomla

    Selanjutnya yang tidak kalah populer adalah Joomla yang merupakan CMS yang mempunyai kelebihan dalam meluncurkan dan mengatur proyek. Akan tetapi menggunakan Joomla akan sedikit lebih kompleks dibanding WordPress.

  • Drupal

    CMS ini memiliki pilihan manajemen yang nyaman dan juga berkontribusi terhadap kecepatan dan keamanan pengunggahan konten serta editing. Drupal juga menawarkan opsi integrasi plugin yang fleksibel.

 

Baca Juga Panduan  :     Cara Migrasi dari Digital Ocean Spaces ke Object Storage IS3 IDCloudhost (Studi Kasus : CMS WordPress)

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai alternatif terbaik dan praktis dalam membuat, mengatur, memodifikasi konten di website dan mudah digunakan, Content Management System menjadi software yang sangat mendukung dan mempermudah bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis untuk mengembangkan web. Walaupun Anda tidak memahami bahasa pemrograman dan membuat web dari awal, Anda tetap bisa membangn web yang sama profesionalnya dengan pengembang khusus.

Ini tidak terlepas karena CMS memiliki beragam manfaat dan bisa digunakan untuk bisnis dengan berbagai skala, baik yang kecil hingga besar. Jika Anda memahami sisi teknis dari CMS, Anda bisa mengkostumisasi kode yang ada. Adapun beberapa CMS yang terkenal saat ini adalah WordPress, Joomla, Drupal, dan lainnya.

Related Post :