Panduan Mengenal dan Memahami AngularJS Bagi Pengembang Pemula

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Ada beberapa kerangka kerja yang disukai pengembang untuk keberhasilan pengembangan aplikasi web, di mana Angular JS adalah salah satu yang populer. Kerangka kerja atau framework ini sangat umum digunakan di antara pengembang karena tersedia sebagai sumber terbuka sehingga pengembang mendapatkan dukungan besar dari komunitas Angular JS.

Dibutuhkan bantuan kode HTML dan modul aplikasi untuk mengembangkan kerangka kerja yang efektif. Karena Google sendiri yang mengelola AngularJS, pengembang menerima banyak dukungan saat melakukan pengkodean dan pengujian. Keuntungan utama AngularJS adalah dibangun dengan mempertimbangkan arsitektur model view controller (MVC) untuk membuat aplikasi web kaya yang memenuhi kemampuan dinamis.

Alat pengembangan AngularJS membantu Anda mengintegrasikan beberapa program dengan model dan tampilan, yang memberi Anda prosedur sederhana untuk pengembangan aplikasi web cepat. SImak panduan singkat untuk mengenal dan memahami kerangka kerja AngularJS dibawah ini jika Anda sedang mencari framework yang sesuai untuk kebutuhan pengembangan Anda.

 

Mengenal dan Memahami AngularJS Framework

 

AngularJS adalah kerangka kerja JavaScript yang dirancang untuk membuat aplikasi web satu halaman. Karena masih ada beberapa kebingungan yang terkait dengan definisi kata-kata ini, ada baiknya untuk memperjelas. Pertama-tama, seperti yang telah disebutkan, AngularJS adalah kerangka kerja. Kerangka kerja sendiri menyiratkan bahwa alih-alih menulis semua kode, pengembang mengikuti sesuai dengan aturan yang telah disepakati sebelumnya. Aturan-aturan ini adalah standar dan alat dari kerangka kerja yang dipilih.

Sedangkan AngularJS hadir dengan banyak alat yang membuat segalanya lebih mudah bagi programmer. Namun, adalah tugas pengembang untuk mengetahui cara menggunakan alat ini. Kumpulan alat Angular mencakup filter, arahan, pengikatan data dua arah, dan banyak lagi. Contoh penggunaan umum AngularJS untuk membangun aplikasi web dan situs web satu halaman. Dengan demikian, browser pada awalnya hanya akan membuka satu halaman dan konten tambahan akan dimuat sesuai kebutuhan dimana melalui pendekatan ini, lalu lintas disimpan dan beban server berkurang.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Framework dan Manfaat Menggunakannya

 

6 Manfaat Menggunakan AngularJS bagi Pengembangan Web Aplikasi

Sebagai adalah kerangka kerja JavaScript sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google, AngularJS dapat membuat semua elemen interaktif yang biasa kita temukan di situs web. Tujuan utama kerangka kerja ini adalah untuk membantu mengembangkan aplikasi satu halaman. Mengingat AngularJS menekankan kualitas kode dan kemampuan pengujian, itulah sebabnya pengembang web lebih menyukainya daripada kerangka kerja lain yang tersedia.

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan oleh pemula yang menggunakan kerangka kerja AngularJS ini adalah :

  1. Didukung oleh Google

    Kerangka kerja AngularJS digunakan oleh Google untuk aplikasinya sendiri. Tim dari Google yang terampil datang dengan peningkatan baru dalam kerangka kerja AngularJS. Banyak pengembang lebih memilih AngularJS karena bahasa ini telah mendapatkan kredibilitas karena dukungan Google. Manfaat tambahan AngularJS adalah jaringan besar pengembang lain dan Anda juga dapat dengan mudah meminta saran dari pengembang lain.

  2. Pengujian real-time

    Uji aplikasi web Anda dengan mudah menggunakan kerangka kerja AngularJS. AngularJS memungkinkan pengujian end-to-end dan unit. Menguji fitur yang ditawarkan oleh AngularJS, seperti injeksi ketergantungan, mengawasi bagaimana komponen aplikasi web Anda dibuat. Selain itu, fitur pengujian menunjukkan cara mengatasi ketergantungannya yang akan memudahkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka dan memeriksa kesalahan.

  3. Mudah untuk dipelajari

    Pengembang yang memiliki pengetahuan tentang HTML, JavaScript, dan CSS dapat dengan mudah mempelajari AngularJS. Belajar AngularJS membuka lebih banyak peluang bagi pengembang di industri pengembangan web. Ada banyak kursus gratis dan tutorial AngularJS yang tersedia secara online dan Anda dapat mempelajari cara membangun dan menguji aplikasi web Anda menggunakan AngularJS melalui tutorial online ini. Setelah Anda menguasai AngularJS dengan baik, lebih sedikit waktu yang dibutuhkan saat mengembangkan aplikasi web.

  4. Mendukung fitur SPA

    Motif utama untuk mengembangkan aplikasi satu halaman adalah transisi situs web yang lebih cepat. Situs web akan berfungsi dan muncul seperti aplikasi asli. Sebuah situs web akan berkomunikasi dengan browser web dengan secara dinamis mengganti halaman web yang ada dengan data server Web baru, alih-alih metode default browser untuk memuat halaman yang sama sekali baru. Ini disebut sebagai Aplikasi Satu Halaman atau Single Page Application (SPA).
    Selain itu AngularJS juga mampu mendukung pengembangan Aplikasi Halaman Tunggal atau Single Page Applications. Ketika seorang programmer mengembangkan aplikasi satu halaman menggunakan AngularJS, halaman dimuat dengan cepat, bekerja pada setiap platform, memberikan pengalaman pengguna yang sangat baik, dan jauh lebih mudah untuk dipelihara.

  5. Memiliki UI Deklaratif

    Kerangka kerja AngularJS membuat template menggunakan HTML yang merupakan bahasa deklaratif yang populer digunakan karena skalabilitas dan intuisi bawaannya. Template menyertakan elemen dan atribut khusus AngularJS seperti filter, arahan seperti ng-app, ng-repeat, ng-model, kontrol formulir, dan sebagainya. Antarmuka pengguna deklaratif dapat membantu membuat segalanya lebih mudah dipahami dan mudah dimanipulasi. Menggunakan HTML memungkinkan pengembang dan desainer bekerja sama. Sementara pengembang dapat menggunakan sintaks pengikatan deklaratif untuk menghubungkan berbagai komponen UI dengan model data, perancang dapat fokus pada pembuatan UI

  6. Memiliki fitur Pengikatan Dua Arah (Two-Way Binding)

    AngularJS memungkinkan sinkronisasi langsung antara tampilan dan model. Jika ada data yang diubah dalam model, itu tercermin dalam tampilan. Ketika perubahan dibuat dalam data tampilan, model direvisi sesuai. Menggunakan pengikatan data dua arah ini, aplikasi akan dapat menyederhanakan lapisan presentasinya secara signifikan sehingga memungkinkan pendekatan tampilan DOM yang lebih sederhana dan tidak terlalu mengganggu untuk membangun UI.

 

Baca Juga  :    10 Daftar Framework/Kerangka Kerja Terbaik Untuk Pengembang

 

Fitur- Fitur Terbaik dan Populer AngularJS

 

 

Angular JS mungkin adalah salah satu kerangka kerja web paling populer yang dapat diakses saat ini. Ini adalah kerangka kerja yang digunakan terutama untuk membangun aplikasi satu halaman. Karena dukungan dan ide Google yang muncul dari forum komunitas yang luas, forum ini selalu diperbarui. Selain itu, framework ini juga selalu mengintegrasikan tren perkembangan modern yang tersedia di pasar. Berikut beberapa fitur terbaik dan populer dari AngularJS yang menarik banyak minat pengembang untuk menggunakannya :

  • Pengikatan Data
  • Arsitektur yang rapi
  • Arahan yang jelas
  • Tidak membutuhkan kode
  • Kecepatan dan Performa
  • Adanya deep linking
  • Rute

 

Baca Juga  :    Perbedaan Laravel Framework dan Django Framework

 

Kesimpulan dan Penutup

Berbicara tentang mengembangkan situs web dan aplikasi web, hal terpenting saat ini adalah menarik perhatian pengguna Anda. Tidak peduli seberapa bagus konten Anda, tanpa desain yang menarik atau grafik yang unik, Anda tidak akan bisa membuat pengguna tertarik dengan situs web Anda. Dengan demikian, perusahaan pengembangan web menggunakan kerangka kerja frontend seperti AngularJS untuk membangun UI yang cepat dan mudah digunakan.

Fitur-fitur canggih AngularJS, membuat para pengembang membangun berbagai solusi web dari aplikasi game hingga aplikasi satu halaman dan ada banyak kerangka kerja AngularJS yang mendukung dan menyederhanakan pengembangan Angular. Merupakan kerangka kerja sumber terbuka (open source) yang mengikat data dalam dua cara yakni dengan tampilan dan model aplikasi disinkronkan satu sama lain ketika interaksi pengguna terjadi melalui antarmuka yang terjadi secara otomatis sehingga DOM diperbarui. Faktor ini pula yang membuat kerangka kerja ini dianggap ramah anggaran dan mudah dibuat meski untuk pengembang pemula sekalipun.

 

Related Post :