Panduan Mengenal dan Memahami SEM (Search Engine Marketing) Bagi Marketer Pemula

Business, Marketing / 0 | | 0

Ada banyak istilah dalam pemasaran digital atau online saat ini yang harus diketahui serta dikuasai para pemasar atau marketer. Salah satunya adalah SEM atau Search Engine Marketing adalah metode yang sangat efektif untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencarian seperti Google, dan menarik trafik pengunjung ke website. Berinvestasi di SEM memberikan keuntungan jangka panjang untuk membangun brand awareness dan menambah penjualan.

SEM sendiri merupakan tipe digital marketing yang fokusnya adalah sebuah teknik atau metode untuk mendapatkan klien dengan cara muncul di halaman pertama atau posisi teratas pada hasil mesin pencarian misalnya Google. Tujuannya adalah mendatangkan trafik dengan volume tinggi yang nantinya akan meningkatkan tingkat konversi. Semua tools, teknik, dan strategi masuk ke dalam search engine marketing, yang membantu mengoptimasi visibilitas website dan halaman web di mesin pencarian seperti Google dan situs sejenisnya.

Tentunya sebagai pemasar, Anda ingin website atau artikel Anda muncul pada hasil teratas, ada ada cara untuk melakukannya. Pertama adalah menggunakan hasil pencarian organik dan teknik paid result atau hasil bayaran. Apakah Anda tertarik memanfaatkan Search Engine Marketing untuk kebutuhan bisnis Anda? Simak artikel ini untuk mengetahui beragam manfaatnya, cara kerja serta pilihan SEM yang akan membantu mensukseskan upaya pemasaran Anda.

 

Keuntungan Menggunakan Search Engine Marketing

Panduan Mengenal dan Memahami SEM (Search Engine Marketing) Bagi Marketer Pemula
 

 

Jika dilihat dan dirunut dari teori pemasaran digital, marketing mesin pencarian meliputi kedua tipe hasil. Tetapi pada prakteknya teknik yang dipakai bertujuan untuk improvisasi posisi secara organik termasuk ke kategori SEO dan teknik yang bertujuan untuk mencolok diantara paid result masuk ke kategori SEM. Sehingga secara garis besar, SEM akan terdiri dari tools, teknik dan strategi untuk mengoptimalkan search engine advertising, muncul di posisi teratas dan membayar biaya lebih rendah per klik serta memaksimalkan konversi dari iklan.

Sebagai bagian online marketing yang dianggap ampuh dan canggih dewasa ini, berikut beberapa keuntungan dan kelebihan menggunakan SEM untuk membantu pemasaran Anda.

  • Membantu mendapatkan klien secara instan

    Karena SEM umumnya digunakan untuk mendeskripsikan Google Ads yang dibayar, maka teknik ini kadang dianggap sebagai strategi jangka pendek untuk mendapatkan visibilitas secara cepat. Jika dibandingkan dengan SEO, iklan pencarian yang dibayar bisa memberikan Anda hasil yang instan dan mendapatkan pembeli dengan lebih cepat.

  • Membantu meningkatkan brand awareness

    Beriklan di pencarian Google membantu memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengekspos nama brand lewat headline iklan, deskripsi, URL atau link ekstensi dan masih banyak lagi. Iklan pencarian Google berkontribusi terhadap peningkatan brand awareness terutama jika muncul di pencarian teratas.

  • Membuat iklan pencarian yang dengan menargetkan geolokasi yang lebih relevan

    SEM menawarkan opsi untuk menargetkan pembeli berdasarkan lokasi mereka sehingga Anda bisa membuat iklan dengan bahasa yang sesuai dan memilih dimana iklan tersebut ditampilkan. Selain itu Anda juga dapat mencari pelanggan Anda dengan spesifikasi khusus seperti letak negara, kota, hingga region dimanapun.

  • Implementasi dan pengaturan iklan yang mudah

    Pencarian berbayar mudah dan cepat untuk dibuat dan diatur, selain itu Google Ads memberikan Anda pilihan untuk mengatur jadwal untuk setiap kampanye Anda karena iklan Anda bisa diaktifkan atau diberhentikan kapanpun. Menentukan budget dan performa untuk kampanye juga bukan hal yang sulit tapi Anda bisa menspesifikasikannya sesuai dengan yang dibutuhkan. Ini adalah cara untuk mengoptimalkan iklan yang Anda bayar dan menarik trafik ke bisnis dalam jangka pendek.

  • Membantu menargetkan audiens yang tepat lewat optimasi iklan

    SEM dianggap sebagai cara yang efektif bagi bisnis untuk menjangkau customer yang spesifik sesuai dengan pencarian yang mereka lakukan. Anda bisa membuat iklan Anda hanya terlihat pada pembeli yang mencari kata kunci sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hanya saja, memilih kata kunci yang tepat untuk iklan akan sangat membantu mengoptimalkan iklan Anda lebih baik lagi.

  • Meningkatkan trafik melalui bantuan visibilitas iklan

    Iklan pencarian yang dioptimalkan bisa meningkatkan trafik ke website Anda karena muncul di hasil teratas hasil pencarian. Mempersiapkan budget pengiklanan yang sesuai, pesan iklan yang menarik, Anda telah meningkatkan kualitas iklan dan memastikan visibilitas ads serta kunjungan website relevan.

 

Baca Juga  :      Memahami Istilah Digital Marketing Untuk Bisnis Online 2022 (SEM, SEF, SERP, SEO, SEA, SMM)

 

Memahami Cara Search Engine Marketing Bekerja

Perlu diketahui bahwa SEO dan SEM merupakan bagian yang fundamental untuk strategi marketing yang harus Anda miliki karena algoritma yang mengatur mesin pencarian saat ini menjadi lebih baik dan relevan setiap harinya. Ini artinya, strategi marketing yang menggunakan biaya menjadi keperluan penting jika Anda ingin memastikan peringkat tinggi di pencarian yang relevan bagi bisnis Anda.

Bantuan alat atau tools khusus SEM juga akan sangat membantu marketer seperti untuk memonitor iklan kompetitor dan landing page yang memberikan manfaat dan informasi tentang bagaimana mengoptimalkan kampanye Anda dan mengalahkan kompetitor. Dalam dunia pemasaran SEM, Anda membayar untuk impression yang menghasilkan pengunjung karena itulah namanya Pay-Per-Click atau PPC.

Search Engine Marketing akan membantu pemasaran dalam menjangkau pengguna yang membutuhkan informasi dari produk atau jasa yang Anda tawarkan karenanya PPC advertising idealnya lebih tidak intrusif. Strategi SEM yang disusun dengan matang bisa juga meningkatkan trafik berkualitas untuk SEO website Anda. Metode ini membantu membuktikan kepada mesin pencari seperti Google bahwa website Anda adalah sumber otoritatif dan fakta tersebut bisa meningkatkan peringkat.

 

Baca Juga  :      Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

 

Rekomendasi Software SEM Terbaik

Panduan Mengenal dan Memahami SEM (Search Engine Marketing) Bagi Marketer Pemula
 

Membuat strategi pemasaran memang tidak mudah terlebih lagi jika Anda adalah marketer pemula yang masih mempelajari seluk beluk dunia pemasaran digital yang luas dan progresif ini. Salah satu bantuan yang bisa Anda pertimbangkan adlalah dengan menggunakan bantuan perangkat lunak khusus SEM, dibawah ini beberapa rekomendasi populernya.

  • SEMrush

    Pertama ada SEMrush yang sangat populer dan dikenali bagus untuk periklanan online, sosial media, SEO dan content creation. Perangkat lunak ini juga menawarkan tiga paket untuk pemasar yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

  • WordStream

    Selanjutnya ada WordStream yang merupakan alat digital marketing serba bisa dan multi fungsi terbaik bagi digital marketer atau agensi. WordStream menyediakan SEM tools yang memberikan insight secara detail dan menyeluruh untuk perkembangan dan optimasi kampanye Anda. Sebagai tambahan, dashboard perangkat ini dapat menampilkan informasi mengenai performa iklan berbayar sehingga Anda bisa melacak progress iklan Anda.

  • Terpopuler di antara kalangan pemasar, platform Google Ads memberikan fasilitas untuk mempromosikan produk dan jasa di jaringan yang menampilkan Google. Menjalankan ads di platform Google membantu Anda mendapatkan pembeli yang membutuhkan barang atau jasa Anda. Anda bahkan bisa membayar untuk hasil yang nyata atau membayar ketika pembeli mengambil aksi seperti mengunjungi website Anda.

  • Supermetrics

    Terakhir adalah Supermetrics yang mampu memfasilitasi pengumpulan data untuk optimasi kampanye digital marketing. Software ii bahkan bisa diintegrasikan dengan berbagai aplikasi pihak ketiga dan Anda bisa menggunakan tool jika ingin mengotomasi beberapa alur kerja seperti transfer data yang berhubungan dengan kampanye digital marketing.

 

Baca Juga  :     6 Tren Digital Marketing Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya, SEM atau search marketing adalah sekumpulan tools, strategi, metode untuk memaksimalkan hasil dari iklan berbayar yang Anda pasang di mesin pencarian seperti Google dan lainnya. SEM memberikan dampak yang besar bagi bisnis Anda jika dilakukan dengan matang. Salah satunya yang paling menonjol adalah untuk meningkatkan brand awareness dan trafik secara instan sehingga dalam jangka panjang

Menggunakan SEM berarti SEO website Anda turut mengalami peningkatan begitu pula peringkatnya. Jika Anda tertarik untuk mencoba software SEM ada beberapa pilihan yang mungkin cocok dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa diantaranya seperti Semrush, Google Ads, Wordstream dan Supermetrics. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, beserta harga yang sangat variatif tergantung kebutuhan dan budget pemasaran Anda.

 

 

Related Post :

popup image