Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis

Business, Marketing / 0 | | 1

Dunia yang serba digital dan online kini telah secara resmi memasuki era yang berpusat pada pengguna dan pelanggan di mana pertumbuhan berbasis nilai diantisipasi. Belum lagi adanya akuisisi baru datang dalam bentuk pengguna freemium, rujukan dari mulut ke mulut dan exposure yang tinggi.

Pertumbuhan ini sangat wajar karena masyarakat dunia juga mengalami perubahan cara hidup dan preferensi yang berkembang pesat. Oleh karena itu Product-Led-Growth menjadi strategi yang menggunakan produk sebagai saluran untuk mendorong KPI organisasi, seperti pendapatan, keterlibatan, dan jangkauan.

Product-Led-Growth (PLG) atau yang bisa diartikan juga sebagai pertumbuhan ekonomi yang dipimpin oleh pertumbuhan produk, bermakan menempatkan produk Anda sebagai inti dari semua yang dilakukan perusahaan dan bisnis Anda. Dalam artikel ini, mari memahami apa itu Product-Led-Growth dalam konteks bisnis.

 

Memahami Apa Itu Product-Led-Growth

Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis
 

Strategi pertumbuhan yang dipimpin produk atau Product-Led-Growth adalah sebuah metodologi yang memposisikan produk sebagai pendorong utama pertumbuhan bagi perusahaan. Faktor kelebihannya adalah lebih murah, dapat menjangkau lebih banyak orang dan telah membuktikan hasil untuk perusahaan SaaS, B2B, dan B2C.

Singkatnya, pertumbuhan yang dipimpin produk adalah strategi yang berfokus pada produk itu sendiri sebagai pendorong utama pertumbuhan perusahaan, daripada berinvestasi dalam kampanye pemasaran yang mahal dan rumit. Ketika Anda ingin menarik pengguna baru, Anda melakukannya dengan melayani mereka dalam produk Anda, tidak mengirimkan buletin yang bisa mengganggu yang mencoba meyakinkan mereka untuk membeli.

Metode ini sangat populer di antara bisnis berbasis produk karena ini adalah cara yang berkelanjutan dan berpusat pada pelanggan untuk membagikan produk Anda dan menarik pengguna baru. Meski Product-Led-Growth bukanlah konsep yang baru, konsep produk yang menjadi kekuatan pendorong untuk akuisisi pelanggan sangat umum dengan perusahaan SaaS, dan telah berlangsung selama beberapa waktu sebelumnya.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Menerapkan Database Marketing yang Baik

 

Manfaat dan Kelebihan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis

Teknik pertumbuhan yang dipimpin produk adalah strategi bisnis di mana perusahaan dan bisnis menggunakan produknya sebagai alat utama untuk mendapatkan pelanggan. Dengan model ini, sebuah bisnis menawarkan pengguna akses gratis ke produknya dengan harapan bahwa produk itu sendiri akan membujuk mereka untuk menjadi pelanggan yang membayar nantinya.

Berikut beberapa kelebihan dan manfaat jika sebuah bisnis dan perusahaan menerapkan Product-Led-Growth :

  • Mengurangi biaya akuisisi pelanggan

    Perusahaan yang mengadopsi pendekatan PLG dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan mereka karena pengalaman produk mendorong proses pembelian. Akibatnya, lebih banyak pendapatan tidak memerlukan penambahan jumlah karyawan atau peningkatan belanja iklan.
    Sebaliknya, produk menjual dan memasarkan dirinya sendiri. Selain itu, pengguna dapat mencobanya secara gratis dan jika mereka menyukainya, pelanggan akan memberitahukan review mereka ke orang lain.

  • Banyak peluang prospek dapat ditangkap lebih cepat

    PLG mempercepat siklus penjualan Anda karena, karena saat pelanggan Anda merasakan penawaran freemium Anda, mereka meyakinkan diri mereka sendiri mengapa mereka membutuhkan produk Anda. Ini karena efek endowment, sebuah prinsip psikologis di mana orang cenderung menilai terlalu tinggi hal-hal yang mereka rasa memilikinya. Proses ini jauh lebih cepat dan lebih meyakinkan dengan asumsi produk Anda hebat daripada mengandalkan penjualan biasa.

  • Pengembalian modal yang lebih besar

    Perusahaan dan bisnis yang menerapkan PLG membiarkan produk menangani sebanyak mungkin aktivitas bisnis, bukan hanya akuisisi pelanggan. Cara berpikir ini membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang dengan sumber daya yang lebih sedikit. Anda dapat menginvestasikan penghematan tersebut ke dalam R&D, merekrut talenta terbaik, atau bagi hasil untuk meningkatkan retensi karyawan.

 

Baca Juga  :     Process Management : Pengertian dan Manfaatnya Untuk Kemajuan Bisnis/Perusahaan

 

Panduan Menerapkan Strategi Product-Led-Growth

Panduan Mengenal dan Menerapkan Product-Led-Growth Dalam Bisnis
 

Pada dasarnya, PLG menggabungkan praktik bisnis yang tak lekang oleh waktu yang umum digunakan dalam pemasaran lawas, seperti “coba sebelum Anda membeli” dengan prinsip manajemen produk modern yang bertujuan untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna melalui analisis produk dan riset pengguna. Berikut beberapa panduan singkat secara garis besar bagaimana menerapkan Product-Led-Growth :

  • Beri contoh sebelum Anda menjual

    Walau anggapan strategi ini sulit bagi beberapa bisnis, tapi ini semua masih bisa dipraktekkan karena bagi produk Anda untuk mendorong pertumbuhan saat terkunci di balik paywall atau tim penjualan. Sebuah brand dan bisnis yang kuat dan bukti sosial tidak cukup lagi untuk membangun kepercayaan dengan pembeli modern.
    Orang ingin mencoba dan merasakan nilai sebuah produk lebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Dalam hal ini, PLG membawa ke ruang digital apa yang benar-benar normal di industri lain. Pembeli dapat membeli produk yang dulunya harus dicoba seperti sepatu atau pakaian tanpa harus mencobanya.

  • Mempersingkat time-to-value

    Time-to-value mengungkapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan Anda untuk merasakan nilai produk Anda setelah mendaftar. Menurut Intercom, tidak mengherankan, jika ini memakan waktu terlalu lama, pengguna pergi dan tidak pernah kembali itulah yang dilakukan 40-60% pengguna pertama kali.
    Saat Anda mengandalkan produk Anda untuk mendorong pertumbuhan, metrik ini sangat penting. Pengalaman produk Anda, bukan wiraniaga perlu meyakinkan seseorang untuk bertahan yang pada akhirnya membeli produk Anda. Semakin pendek time-to-value produk Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan melakukannya.

  • Pelajari pengguna Anda dengan cermat

    Bahkan ketika Anda telah mempersingkat waktu-untuk-nilai dan belajar untuk melayani pengguna Anda sebelum Anda menjual kepada mereka, Anda perlu mengetahui siapa saja yang tidak berkonversi. Adanya pengetahuan mengenai konversi ini akan dapat mengungkapkan wawasan penting untuk membuka peluang bisnis baru.

 

Baca Juga  :     Cultural Intelligence : Pengertian dan Manfaatnya Bagi Binis

 

Rekomendasi Alat dan Perangkat Product-Led-Growth

Di bawah ini adalah beberapa alat dan sumber daya yang hebat untuk mendukung perjalanan Product-Led-Growth bisnis Anda :

  • Intercom untuk dukungan dalam aplikasi
  • Amplitude dan Heap untuk melakukan data analitik
  • Logrocket untuk melakukan sesi rekaman
  • Userflow yang dapat membantu melakukan orientasi dan panduan dalam aplikasi
  • Iteratively dan Segment untuk melakukan organisasi data

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Social Media Marketing Terbaik 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Pertumbuhan Product-Led-Growth bisa dikatakan menjadi pendekatan yang tepat bagi banyak perusahaan dan bisnis saat ini. Pelanggan di seluruh industri sekarang mengharapkan pengalaman produk mandiri yang mulus, di personalisasi untuk mereka sebelum membeli atau dijual. Oleh karenanya, PLG menjadi cara paling efektif untuk memenuhi harapan tersebut.

Biaya akuisisi pelanggan yang juga sangat tinggi di sektor kompetitif, menjadikan PLG satu-satunya rute berkelanjutan di pasar yang matang. Walau begitu, Anda harus mengetahui kalau PLG tidak cocok untuk semua orang. Teknik ini tidak dapat menjangkau dan menjual kepada pembuat keputusan yang lebih suka berurusan dengan perwakilan atau tim penjualan seperti lembaga pemerintah tertentu atau eksekutif tingkat tinggi.

Selain itu, produk yang memerlukan dukungan langsung yang signifikan selama orientasi dan penyiapan tidak dapat mengandalkan PLG untuk mendidik pengguna baru. Jika bisnis Anda dibangun di atas model berbayar, lanjutkan dengan hati-hati saat menambahkan promosi gratis ke promo penawaran marketing Anda. Sebelum melakukannya, pastikan untuk menghitung dan menguji secara ekstensif berapa banyak pengguna berbayar Anda yang mungkin akan menurunkan versi ke paket gratis.

 

 

 

Related Post :