Panduan Mengenal PPC (Pay-Per-Click) Advertising Bagi Pelaku Bisnis

Business, Marketing / 1 | | 0

Pernahkah Anda mendengar tentang iklan PPC dan bertanya-tanya apakah dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan bentuk periklanan ini tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? PPC atau Pay-Per-Click adalah sebuah metode periklanan modern yang merupakan bagian dari internet dan digital marketing.

Ini adalah model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya yang ditetapkan setiap kali salah satu iklan online mereka diklik. Pada dasarnya, PPC yakni bayar per klik akan memberi Anda kendali langsung atas iklan online Anda dengan memungkinkan Anda menentukan anggaran, salinan iklan, dan penempatan iklan Anda. Bentuk PPC yang paling populer adalah iklan hasil pencarian bersponsor. Ini memungkinkan pengiklan untuk menempatkan tawaran agar situs mereka muncul di hasil teratas saat pengguna menelusuri kata kunci atau frasa tertentu.

Seperti yang tersirat dari nama bayar per klik, pengiklan hanya dikenakan biaya saat iklan mereka benar-benar diklik. Dasbor manajemen PPC online yang disediakan oleh Google dan Bing memberikan informasi terperinci tidak hanya tentang berapa kali iklan Anda dilihat dan di klik, tetapi juga mengelompokkan data ini berdasarkan area geografis, demografi pengguna, waktu, dan sebagainya. Tertarik untuk menggunakan metode periklanan ini untuk strategi pemasaran Anda selanjutnya? Mari simak panduan singkatnya dibawah ini.

 

Cara Kerja PPC (Pay-Per-Click) Advertising

Panduan Mengenal PPC (Pay-Per-Click) Advertising Bagi Pelaku Bisnis
 

Model bayar per klik atau Pay-Per-Click bekerja dengan cara terutama didasarkan pada kata kunci. Misalnya, di mesin pencari, iklan online yang juga dikenal sebagai tautan sponsor hanya akan muncul ketika seseorang mencari kata kunci atau keyword yang terkait dengan produk atau layanan yang diiklankan. Oleh karena itu, perusahaan yang mengandalkan model iklan bayar per klik wajib meneliti dan menganalisis kata kunci yang paling sesuai untuk produk atau layanan mereka.

Mengingat caranya adalah dengan menggunakan keyword, maka berinvestasi dalam kata kunci yang relevan dapat menghasilkan jumlah klik yang lebih tinggi dan, pada akhirnya, keuntungan yang lebih tinggi. Sebagai salah satu cara iklan modern, model PPC dianggap bermanfaat bagi pengiklan dan penerbit. Bagi pengiklan, model ini menguntungkan karena memberikan peluang untuk mengiklankan produk atau layanan kepada audiens tertentu yang secara aktif mencari konten terkait.

Selain itu, kampanye iklan PPC yang dirancang dengan baik memungkinkan pengiklan menghemat sejumlah besar uang karena nilai setiap kunjungan (klik) dari pelanggan potensial melebihi biaya klik yang dibayarkan kepada penerbit. Untuk penayang, model bayar per klik memberikan aliran pendapatan utama yang sama dengan Google dan Facebook yang memberikan layanan gratis kepada pelanggan mereka yakni pencarian web gratis dan jejaring sosial. Perusahaan online dapat memonetisasi produk gratis mereka menggunakan iklan online, khususnya model PPC ini.

 

Baca Juga  :    Jenis Iklan Google Ads (Google Adwords) yang Perlu Kamu Ketahui

 

Manfaat Menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Bagi Pemasaran Bisnis

Iklan PPC atau Pay-Per-Click memungkinkan pemasar membayar hanya ketika iklan mereka diklik oleh pengguna online. Model periklanan online ini memungkinkan pemasar untuk menampilkan iklan di bagian hasil bersponsor di halaman hasil mesin pencari. Untuk muncul ketika kata kunci dan kriteria audiens yang tepat terpenuhi, pengiklan menawar pada nilai yang dirasakan dari sebuah klik. Kemudian iklan ditampilkan di tautan sponsor pada halaman hasil dan sedikit biaya yang dikenakan saat iklan diklik. Program periklanan PPC paling populer disediakan oleh Google, Bing, Facebook dan Yahoo Search Marketing.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh bisnis yang menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Advertising dalam strategi pemasaran mereka :

  • PPC terukur dan dapat dilacak. Anda dapat melihat bagaimana kinerja kampanye Anda, termasuk tayangan, klik, dan konversi, lalu lintas yang Anda terima, dan bagaimana hasilnya berkorelasi dengan anggaran Anda.
  • Metode iklan ini akan membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku dan pola pencarian pelanggan.
  • Berbeda dengan SEO, PPC memungkinkan Anda dengan cepat menyiapkan kampanye, membuat iklan, dan menemukan pelanggan dan prospek baru.
  • Bisnis akan mendapatkan fleksibilitas anggaran sehingga Anda dapat mengatur anggaran iklan dan memilih berapa banyak yang ingin Anda belanjakan. Misalnya, jika Anda melihat hasil positif, Anda dapat meningkatkannya dengan cepat.
  • Anda mendapatkan banyak opsi penargetan sehingga akan lebih spesifik dengan bisnis Anda. baik apakah Anda ingin menargetkan kata kunci melalui iklan pencarian atau fokus pada demografi tertentu di jaringan tampilan.
  • Iklan Anda berfungsi di semua platform, termasuk perangkat seluler dan desktop.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Antara Reach dan Impression pada Iklan Berbayar dan Gratis

 

Istilah dan Elemen Kampanye dalam Iklan PPC (Pay-Per-Click) 

Panduan Mengenal PPC (Pay-Per-Click) Advertising Bagi Pelaku Bisnis
 

Jika Anda akan ingin melakukan pemasaran dalam hal ini iklan berbayar, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui. Di bawah ini, ada beberapa elemen utama kampanye PPC yang bisa Anda pelajari lebih dahulu.

  • Kampanye

    Langkah pertama dalam menyiapkan iklan PPC Anda adalah menentukan kampanye iklan Anda. Anda dapat menganggap kampanye Anda sebagai pesan atau tema utama yang ingin Anda sampaikan dengan iklan Anda yang nantinya akan menarik minat pelanggan Anda.

  • Kata kunci/keyword

    Setiap iklan dalam grup iklan Anda akan menargetkan sekumpulan kata kunci atau istilah kunci yang relevan. Kata kunci ini memberi tahu mesin pencari istilah atau kueri pencarian mana yang Anda inginkan agar iklan Anda ditampilkan bersama di SERP. Setelah Anda menentukan kata kunci mana yang berkinerja terbaik, Anda dapat menetapkan BPK mikro khusus untuk kata kunci dalam iklan Anda.

  • CPC (Cost-per-click)

    Cost-per-click (CPC) atau Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang dibayar pengiklan untuk setiap klik pada iklan Anda. BPK bertindak sebagai tawaran Anda dalam lelang yang menentukan di mana iklan Anda akan ditempatkan yang mana tawaran yang lebih tinggi sama dengan penempatan iklan yang lebih baik.

  • Halaman arahan/landing page

    Landing page adalah bagian penting dari strategi periklanan berbayar Anda dimana ini adalah tempat pengguna akan berakhir setelah mereka mengklik iklan PPC Anda. Baik itu laman web khusus, beranda Anda, atau di tempat lain, pastikan untuk mengikuti praktik terbaik laman landas untuk memaksimalkan konversi terbaik.

  • Grup Iklan/Ad group

    Satu ukuran iklan jelas tidak cocok untuk semua kegunaan bisni. Itulah mengapa Anda akan membuat serangkaian iklan dalam kampanye Anda berdasarkan sekumpulan kata kunci yang sangat terkait. Anda dapat menetapkan BPK untuk setiap grup iklan yang Anda buat.

 

Baca Juga  :    Cara Iklan di Facebook dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak cara dan metode yang sesuai dengan strategi pemasaran digital saat ini dan PPC adalah saluran pemasaran digital yang digunakan bisnis untuk mengarahkan lalu lintas dan konversi dari mesin pencari. Strategi iklan ini cukup sesuai untuk bisnis yang sedang mencari cara untuk mendapatkan lalu lintas dan penjualan pertama mereka untuk bisnis baru atau sedang mempertimbangkan cara untuk menumbuhkan kehadiran brand secara online.

PPC bisa menjadi cara yang bagus untuk memasarkan bisnis Anda dan menjangkau pelanggan baru. Dengan model periklanan online di mana pengiklan membayar penerbit setiap kali tautan iklan diklik, bisnis yang baru memulai bisnis mereka dapat mempertimbangkan menggunakan mesin pencari raksasa Google maupun jejaring sosial seperti iklan Twitter atau Facebook yang merupakan platform paling populer untuk iklan PPC.

 

Related Post :