Panduan Online Marketing Untuk Pemula di Tahun 2020

Business, Marketing / 0 | | 0

Pemasaran yang dilakukan secara online atau bisa disebut online marketing adalah sebuah  aktivitas maupun usaha yang dilakukan dengan mempromosikan melalui media di internet. Namun secara strategi, pemasaran secara online lebih identik untuk membangun reputasi awal sebuah usaha atu disebut juga dengan branding yang akan membangun jaringan dan image dari usaha tersebut.

Sekarang ini masyarakat menggunakan pemasaran secara online dengan tujuan utama mengenalkan produk atau nama mereka terhadap publik. Dengan demikian, panduan online marketing untuk pemula adalah hal yang paling dibutuhkan di tahun 2020 ini. Saat ini kita tidak asing lagi dengan digitalisasi karena kita telah memasuki era industri 4.0 yang mengharuskan baik pebisnis dan konsumennya untuk melek akan transaksi online.

Disini internet menjadi satu hal penting yang harus dikuasai oleh para pebisnis dan harus dijadikan salah satu media promosi lengkap untuk mengunggulkan merek dan mempromosikan produknya. Panduan online marketing untuk pemula disajikan agar masyarakat yang belum mengetahui tentang online marketing bisa belajar memasarkan produk-produknya. Bukan hanya satu atau dua saja strategi saja  yang harus dikuasai, agar lebih jelasnya tentang strategi penggunaan online marketing di tahun 2020 bisa di baca di bawah ini.

Baca Juga : Kunci Sukses Bagaimana Memulai Binis Online yang Baik dan Benar

 

Panduan Online Marketing Untuk Pemula Yang Mudah Di Aplikasikan Di Tahun 2020

 

Memilih memasarkan produk menggunakan pemasaran secara online perlu adanya panduan online marketing untuk pemula. Hal ini supaya para pemula bisa mengerti dan paham strategi apa saja yang harus dijalankan dalam bisnisnya dan dalam mengelola online marketing, strategi yang bisa dijalankan adalah :

 

  • Fokus terhadap konsumen

    Pemasaran sangat identik dengan memasarkan merek dan produk dengan tujuan akhir mendapatkan income. Maka, sebagai seorang pebisnis di tengah lajunya pertumbuhan ekonomi dan teknologi, kita harus jeli memanfaatkan tools dan memikat hati para konsumen selaku target jual utama.
     
    Hal yang bisa diajukan pertama kali untuk mengetahui bagaimana pendapat konsumen terhadap produk Anda adalah  menanyakan secara detail dan jelas supaya pebisnis dapat mengetahui dan mengoreksi hal mana saja yang menghambat penjualan. Demi mempermudah pangsa pasar yang bisa Anda lakukan adalah menyajikan buyer persona, yaitu representasi dari pelanggan mengenai sebuah produk atau brand yang nantinya bisa dijadikan acuan dalam memahami target audiens lebih spesifik.
     
    Hal awal yang bisa dilakukan dalam membentuk buyer persona adalah dengan menilai demografinya mulai dari pendidikan, umum, jenis pekerjaannya,  dan lain sebagainya, serta nilai apa yang diinginkan mereka berkenaan dengan produk yang Anda buat. Panduan online marketing untuk pemula adalah selain mengetahui tentang konsumen, ketahui juga bagaimana mereka menemukan dan membeli bisnis Anda. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah :

    • Bagaimana awal mula konsumen menemukan bisnis Kita?
    • Mengapa mereka tertarik dengan bisnis Kita?
    • Bagaimana konsumen memberikan keputusan untuk membeli produk Kita?

    Pertanyaan tersebut bisa dijadikan penilaian apakah produk tetap disukai masyarakat atau memang perlu adanya pembaharuan-pembaharuan.

  • Ikutilah conversion funnel

    Panduan online marketing untuk pemula dengan membuat diagram yang sering disebut conversion funnel. Conversion funnel adalah pengembangan AIDA dan sering disebut dengan purchase funnel, ini adalah bagian marketing secara tradisional. Menggunakan dan membuat conversion funnel ini bisa dijadikan penyusunan strategi pada online marketing lebih baik dan lebih matang lagi. Pastikan aktivitas yang Anda lakukan sesuai dengan online marketing dan sama dengan susunan conversion funnel yang telah disusun supaya langkah yang telah dibuat tetap dijalankan.

  • Siapkan konten marketing dalam berkomunikasi dengan konsumen

    Panduan online marketing untuk pemula harus bisa menjadikan konten marketing yang sesuai dengan produknya. Inilah yang akan menjadi kunci pencarian informasi untuk calon konsumen dan konsumen kita. Selain itu menggunakan konten marketing mampu menaikkan brand awareness usaha kita agar orang bisa mengetahui jenis dan image bisnis.
     
    Sebuah konten marketing yang bagus harus bisa menyediakan konsep cerita menarik bagi calon konsumen. Penggunaan storytelling bisa mempersulit konsumen memahami konten marketing yang disajikan, sebab sejatinya konten marketing tidak untuk menjual produk Kita  tetapi untuk memperkenalkan kepada masyarakat.  Penggunaan konten marketing bisa dilakukan melalui video yang sifatnya menghibur serta memberikan edukasi tentang produk tersebut. selain itu menggunakan e-book juga bisa dilakukan.

  • Membuat email marketing yang digunakan untuk berhubungan personal dengan calon konsumen atau konsumen

    Berikutnya, panduan online marketing untuk pemula yang bisa dilakukan adalah membuat email khusus marketing sebab dengan menggunakan email akan mempermudah komunikasi antar dan intra perusahaan dan juga konsumen. Email juga telah menjadi alat komunikasi yang paling awam dan banyak digunakana sekarang ini. Sebuah email marketing dijadikan salah satu jalan menjalin komunikasi secara tidak langsung kepada para calon konsumennya, pengiriman email bisa dilakukan dalam satu bulan atau seminggu sekali yang isinya ringkas dan jelas berkaitan dengan produk yang sering dikenal dengan highlight.
     
    Isi  email juga bisa mengandung konten promosi dan informasi mengenai hal atau produk terbaru yang menjadi sebuah iklan sederhana namun menyasar individu. Adanya email marketing berhubungan dengan kesempatan konsumen agar lebih focus dengan brand Anda. Harapan besar juga supaya pelanggan yang berlangganan informasi melalui email bisa menjadi konsumen yang setia untuk produk Anda.

  • Optimalkan SEO pada website 

    Panduan online marketing untuk pemula adalah melakukan optimalisasi SEO, namun kita mungkin belum terlalu mengerti tentang SEO tersebut. SEO sendiri sangat penting dalam melakukan pemasaran produk secara online, menciptakan online marketing harus memperhatikan SEO tersebut.  Untuk menggunakan online marketing pastikan bahwa SEO yang Anda gunakan dengan user experience kita selaras. Secara mendasar user experience ini mempunyai pengaruh besar terhadap SEO.
     
    Dengan mengetahui bahwa user experience bisa berdampak kuat dan besar dalam menentukan search engine karena  untuk menentukan website kita muncul atau tidak di halaman pertama. Pastikan juga pengunjung tidak mengalami kesulitan atau masalah ketika mengunjungi laman website Anda.  Apabilah telah melakukan optimalisasi terhadap SEO, lakukan juga optimalisasi pada teknis SEO tersebut serta perhatikan juga strateginya. harus diperhatikan disini bahwa SEO merupakan penghubung dari penulis atau pemilik bisnis dengan search engine, sebagai informasi kepada mereka bahwa laman website kita mempunyai konten menarik serta berkualitas yang berkaitan dengan kata kunci tertentu.

Baca Juga : Potensi Bisnis Hosting yang Menjanjikan Untuk Anda

 

Kesimpulan dan penutup

Dari beberapa panduan online marketing untuk pemula di atas kita telah mengatahui betapa penting dan menunjangnya pemasaran jenis ini bagi sebuah usaha disamping juga menyediakan produk yang  berkualitas demi menyeimbangkan pemasaran. Cara ini juga bisa diterapkan pada biasa saja yang ingin memperkenalkan merek dan produknya lebih luas lagi.

Era kemajuan teknologi seperti sekarang menuntut sebuah brand untuk mempunyai strategi pemasaran dalam hal cara konvensional selain telah oudated juga lambat, pasif dan memerlukan waktu untuk dikenal konsumen. Buatlah konten pemasaran yang berkualitas dan menarik meski bisnis yang Anda punyai masih ditahap baru atau pemula karena suatu konsep yang matang akan lebih mudah menjaring daya tarik konsumen.

Gunakan visualiasi yang aestetik bersamaan caption atau tulisan yang mengandung undangan untuk mencoba produk yang Anda pasarkan. Anda juga bisa menggunakan cara SEO untuk memperluas cakupan dan kemudahan pencarian merek atau produk. Namun jika Anda masih asing dengan instilah ini, sebaiknya carilah para ahli yang lebih mengerti dan mampu membimbing, karena jika aspek visualisasi bergandeng dengan tulisan SEO yang bagus akan lebih menguntungkan bagi para pebisnis dengan cara online marketing tadi.

 

Related Post :

popup image