Panduan Pemula Mengenal Apa Itu Virtual Private Server (VPS)

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Sebagian besar pemilik situs web masih banyak menggunakan hosting web bersama atau shared hosting. Seiring waktu, seiring pertumbuhan situs mereka dan menuntut lebih banyak sumber daya dan fungsi, mereka mungkin memerlukan opsi hosting yang lebih kuat. Server pribadi virtual atau Virtual Private Server (VPS) umumnya dianggap sebagai batu loncatan antara hosting bersama dan pengaturan hosting khusus di mana situs web Anda berjalan di servernya sendiri.

Untuk memahami lebih lanjut, analogi sederhananya adalah hosting bersama seperti tinggal di apartemen yang biasanya lebih murah dan dapat dilengkapi dengan semua yang Anda butuhkan untuk pindah. Keuntungannya adalah berbagi fasilitas dengan banyak orang lain juga tentu saja berbagi sumber daya dengan akun lain di server yang sama, dan jika Anda mengadakan pesta besar-besaran atau disini memiliki banyak lalu lintas, maka ini akan mengganggu penyewa lainnya.

Di lain pihak, sebuah dedicated server seperti memiliki rumah Anda sendiri dengan hektar tanah di sekitarnya. Semua sumber daya di rumah adalah untuk penggunaan Anda sendiri dan Anda tidak akan diganggu oleh tetangga Anda, bahkan jika Anda mengadakan pesta atau mengalami lalu lintas tinggi. Jadi semua kebutuhan Anda tidak akan mengganggu pihak lain dan apabila traffic Anda mengalami peningkatan pesat, hosting Anda masih bisa mengakomodirnya dengan baik.

 

Mengenal Apa Itu Virtual Private Server (VPS)

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang mana server ini dibuat dengan menggunakan virtualisasi perangkat lunak. Ini berfungsi seperti server fisik, tetapi ini adalah instance virtual yang dibuat di dalam server. Sebuah mesin fisik tunggal dapat meng-host beberapa server pribadi virtual. VPS sendiri berbasis cloud dapat di-host di beberapa server. Jenis VPS yang paling umum adalah host web dan ada banyak perusahaan web hosting menawarkan solusi hosting VPS sebagai alternatif dari shared hosting dan dedicated hosting. VPS berada di antara dua opsi, biasanya dalam segi performa dan harga yang ditawarkan.

Seperti host bersama, VPS dapat berbagi sumber daya mesin fisik dengan akun hosting lain. Namun, VPS dapat dikonfigurasi secara khusus seperti solusi hosting khusus yang diisolasi atau pribadi dari akun lain. Selain itu VPS mesin tunggal dan berbasis cloud dikelola menggunakan program perangkat lunak yang disebut hypervisor. Mesin yang menjalankan hypervisor disebut mesin host dan server pribadi virtual individu disebut mesin tamu atau instance tamu. Hypervisor dapat memulai dan menghentikan mesin virtual dan mengalokasikan sumber daya sistem, seperti CPU, memori, dan penyimpanan disk ke setiap VPS.

Server pribadi virtual telah menjadi pilihan populer untuk hosting web karena menawarkan banyak manfaat dari server khusus dengan biaya lebih rendah. Mereka juga memberikan manfaat tambahan dari skalabilitas yang mudah. Karena setiap VPS di virtualisasi, konfigurasi dapat diperbarui dengan modifikasi perangkat lunak daripada peningkatan perangkat keras. Namun, dedicated server sering memberikan kinerja yang lebih baik karena semua sumber daya mesin fisik didedikasikan untuk satu server.

 

Baca Juga   :   Mengenal Apa Itu Colocation Server Beserta Manfaatnya

 

Cara Kerja Virtual Private Server (VPS)

Panduan Pemula Mengenal Apa Itu Virtual Private Server (VPS)
 

Cara kerja dari VPS Hosting adalah dengan mensimulasikan pengalaman server khusus meskipun Anda masih berbagi server fisik dengan pengguna lain. Penyedia hosting web Anda memasang lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) server menggunakan teknologi virtualisasi. Memisahkan server ke dalam kompartemen individu dengan dinding virtual, lapisan ini memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri.

Karena VPS memisahkan file Anda dari pengguna lain di tingkat OS, ini bermakna server benar-benar server pribadi yang khusus untuk mengakomodasi semua keperluan Anda. Ini berarti situs web Anda berada dalam wadah yang aman dengan sumber daya server yang terjamin yakni pada memori, ruang disk, inti CPU, dll yang mana Anda tidak perlu membaginya dengan orang atau penyewa lain.

 

Baca Juga  :   Keuntungan Dedicated Server Dalam Memajukan Bisnis Kecil

 

Tips dan Cara Memilih Virtual Private Server (VPS)

Memutuskan jenis server hosting mana yang akan digunakan baik bersama, VPS, atau server khusus, sangat dipengaruhi oleh pro dan kontra. Pemilihan ini juga tergantung pada sumber daya yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa situs web Anda tidak macet serta jumlah fitur keamanan dan penyesuaian yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan hosting web Anda. Faktor penentu utama lainnya bagi banyak orang adalah harga. Server bersama adalah opsi dengan harga terendah, VPS dengan harga sedang, sedangkan server khusus adalah dengan harga tertinggi.

Jika Anda baru memulai atau yakin bahwa situs Anda tidak akan mendapatkan terlalu banyak lalu lintas, hosting bersama seharusnya baik-baik saja jika kebutuhan Anda tidaklah terlalu kompleks dan besar. Namun, jika situs Anda lebih banyak sumber daya atau Anda berencana untuk mengembangkannya, mungkin lebih baik untuk mendapatkan VPS atau server khusus. Ketersediaan dukungan juga harus dipertimbangkan jika Anda memerlukan bantuan teknis. Beberapa penyedia paket atau hosting menawarkan dukungan teknis yang lebih baik daripada yang lain yang mungkin berguna jika Anda mengalami masalah teknis dengan paket hosting Anda.

Pertimbangkan juga adanya kemajuan dan prediksi bahwa bisnis Anda kemungkinan bisa meluas dan traffic kunjung yang lebih tinggi. Maka dengan tingginya kunjungan pada situs web Anda maka ini akan mempengaruhi orang lain apabila Anda masih menggunakan shared hosting. Segera beralih jika shared hosting Anda mulai menampakkan gejala melambat dan berat ke VPS demi menghindari keluhan dari pelanggan online Anda.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa Itu Email Hosting dan Cara Kerjanya

 

Manfaat dan Keuntungan dari Penggunaan Virtual Private Server VPS

Panduan Pemula Mengenal Apa Itu Virtual Private Server (VPS)
 

Kelebihan utama dari server VPS adalah mereka memberi Anda kebebasan untuk memiliki mesin virtual Anda sendiri seperti yang Anda lakukan dari server khusus yang lebih mahal dengan kinerja yang memungkinkan Anda menangani lalu lintas sedang dengan lonjakan besar sesekali. Berikut beberapa manfaat jika Anda menggunakan VPS :

  • Kustomisasi

    Karena Anda memiliki OS sendiri, dengan VPS, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki instance aplikasi server sendiri dari PHP, hingga MySQL, Apache, Anda dapat menyesuaikannya sehingga server sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Dapat diskalakan

    Hal hebat lainnya tentang VPS adalah Anda dapat membeli sumber daya yang menurut Anda akan Anda perlukan, dan jika itu tidak cukup, Anda cukup menambah ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Kendali

    Menawarkan kemampuan untuk mengawasi lingkungan hosting. Juga, jika Anda berencana untuk menginstal aplikasi yang mengharuskan Anda melakukan restart sistem untuk menyelesaikan instalasi, Anda dapat melakukannya tanpa mempengaruhi orang lain, kapan saja. Meskipun Anda berbagi server VPS dengan orang lain, server Anda dapat dimulai ulang tanpa mengganggu orang lain.

  • Sumber daya khusus

    Dengan Server VPS, Anda memiliki jumlah RAM yang telah ditentukan sebelumnya yang tersedia untuk Anda kapanpun Anda membutuhkannya. Berbeda dengan shared web hosting, di mana mungkin ada orang lain yang berbagi server Anda yang dapat menghabiskan RAM saat Anda sangat menginginkannya.

 

Baca Juga  :    Mengenal Penerapan dan Penggunaan API (Application Programming Interfaces)

 

Layanan Virtual Private Server (VPS) Indonesia dari IDCloudHost

Server VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah metode membagi sumber daya (resource) pada sebuah physical server menjadi beberapa Virtual Server (Virtual Machines). VPS sering juga disebut sebagai teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat.

Pemilihan private server ini akan sangat sesuai bagi bisnis yang terus berkembang dan mempunyai kebutuhan yang tidak sedikit. Untuk itu IDCloudHost hadir dengan paket VPS guna membantu para bisnis dan usaha lokal Indonesia. Agar dapat menunjang kebutuhan bisnis, IDCloudHost datang dengan VPS Pro Indonesia dengan HPE Nimble Storage Adaptive Flash Arrays didukung oleh prosesor Intel(R) Xeon(R) Platinum 8176 CPU @ 2.10GHz terbaru sehingga akan membuat performa server VPS Anda akan lebih cepat, aman, akurat, dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Selain juga ada jaminan Server VPS anda dengan garansi uptime hingga 99.99%.

Dapatkan dukungan dan fitur-fitur terbaik dengan mengunjungi laman https://idcloudhost.com/server-vps/?swcfpc=1 dan dapatkan penawaran menarik.

Related Post :