Panduan Search Engine Optimization (SEO) Terupdate dan Terbaru di 2020

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Kini semakin banyak tips yang ada mengenai Search Engine Optimization (SEO) muncul dari berbagai sumber di internet, tetapi tidak semuanya mungkin bisa memaksimalkan SEO Anda dengan baik. Sejatinya tips dan trick SEO ini akan terus menerus berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan tren yang semakin canggih hingga membuat pembaruan di mesin pencari seperti contohnya, Google.

Alasan ini menjadi salah satu banyaknya pakar Search Engine Optmization (SEO) melakukan bermacam uji coba dari ragam hipotesis yang bertujuan untuk mencapai peringkat yang tinggi dalam Google SERP atau Search Engine Result Page. Semua usaha ini di lakukan agar SEO akan dapat menyesuaikan kemajuan dan up-date dari bermacam tools ke depanya nanti.

Tetapi di bawah akan diberikan panduan tips lengkap dari SEO yang lebih menguntungkan dan cocok dipelajari untuk perkembangan teknologi yang maju sangat pesat dan berkembang. Selengkapnya tentang panduan dari Search Engine Optimization (SEO) yang bisa mengikuti perkembangan jaman bisa di ketahui lebih detailnya di bawah ini.

Sejatinya Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses yang dapat dilakukan dalam mengoptimasi berbagai halaman maupun website lebih menyeluruh di mesin pencari. Manfaat terbaik bisa Anda rasakan saat Anda berhasil menduduki peringkat tertinggi. Misalkan dengan menaikkan jumlah pengunjung yang ada di website Anda, sebab para pengunjung di mesin pencarian otomatis pasti melakukan klik di bagian teratas, karena Google menampilkan hasil yang sesuai berdasarkan kata kunci yang dicari.

Saat website mulai ada kenaikan traffic, penggunanya secara tidak langsung mendapatkan keuntungan yang semakin bertambah juga. Anda bisa menggunakan website sebagai jalan untuk e-commerce bisnis maupun menciptakan adanya profil bisnis online. Pengunjung yang tertarik dengan website Anda, akan cenderung lebih besar mengunjungi dan membaca view article di website Anda, yang dapat merubahnya menjadi view invoice atau pembelian.

Jadi, setelah mengerti Search Engine Optimization (SEO) di atas, Anda di harapkan juga bisa mengerti bagaimana menggunakan Search Engine Optimization (SEO) yang optimal. Sebab dengan mengikuti panduan lengkap bisa menjadikan website Anda lebih menguntungkan terutama untuk menawarkan berbagai bisnis.

Baca Juga: Panduan Cara Memaksimalkan SEO Copywriting untuk Website

 

Algoritma Google Terbaru di Tahun 2020

Google melakukan  update setiap tahunnya,  terutama setiap  awal tahun melakukan mayor update yang membuat banyak sekali trafik website yang anjlok hingga naik dari dampak perubahan algoritma SEO Google setiap tahunnya. Mungkin kamu pernah mendengan algoritma BERT yang dibuat oleh Google sejak tahun 2019 yang lalu dimana algoritma ini saat ini akan fokus untuk memaksimalkan dan  mengembangkan pengguna lebih baik lagi dalam mendapatkan hasil di mesin pencarian Google.

Algoritma Google ini berfokus pada pengoptimalan yang berfokus pada pengguna dan pengiriman teknis konten. Singkatnya, Algoritma ini berarti menilai kembali titik akses pengguna untuk mencari dan menyelaraskan konten dari kebutuhan pengguna itu sendiri.

Kita bisa cek sendiri dimana bagaimana mekanisme sesuatu pencarian dirayapi, diindeks, dan disajikan dalam berbagai pengaturan pencarian yang menhasilkan result yang berbeda. Dengan pengguna yang memiliki lebih banyak pilihan dalam hal mereka mencari sesuatu, akan lebih penting bagi SEO untuk mengingat dasar-dasar arsitektur bersih dan pengiriman konten.

Dalam pembaruan yang dilakukan pada Algoritma BERT Google ini, Google akan berfokus pada kualitas konten, kata kunci, relevansi konten, dan niat pengguna. Menurut sebagian besar Ahli SEO, digambarkan dan terbukti bahwa Google memeriksa keseluruhan reputasi situs web melalui faktor YMYL(Your Money Your Life) dan EAT(Expertise, Authoritativeness, & Trustworthiness).

 

Panduan lengkap Search Engine Optimization (SEO) 2020

Sebelum menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dan mengaplikasikannya pada website, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana panduan lengkap dari SEO itu sendiri, Secara dasar banyak sekali tips dan trick yang tersebar di internet namun pada dasarnya juga Anda juga harus memahami bahwa implementasi SEO sendiri membutuhkan beberapa proses yang membutuhakn waktu sampai akhirnya berhasil. Anda bisa mencoba cara berikut ini supaya website Anda semakin maksimal :

 

1. Mobile-first index dari Google

Panduan SEO 2020 Terbaru | IDCloudhost
 

16 November 2016, Google membuat gebrakan bahwa akan beralih fokus terhadap pengguna mobile dengan “mobile-first index” yang artinya Google mempertimbangkan beberapa tampilan di website Anda kalau bila diakses secara mobile. Mengingat bahwa banyak penelusuran di lakukan melalui teknologi, keputusan Google seperti ini sungguh masuk akal.

Sekarang banyak pengguna menggunakan alat pintar beriringan dengan banyaknya yang menggunakan perangkat mobile pula. Dengan demikian Anda harus membuat website yang ramah dengan layout mobile, beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu :

 

  1. Membuat Konten 

    Sangat konsisten dan satu tema pada desktop juga perangkat mobil. Perhatikan ukuran versi desktop dan juga versi mobile. Selain itu menjaga kostitensi dalam penulisan konten itu bukan hal yang mudah, kadang-kadang pemilik website menyembunyikan sebagian kontennya di versi mobile.
     
    Sekarang pemilik website sering menggunakan tombol click to read more atau more, hal itu membuat pengunjung semakin malas dan bosan. Apalagi bagi pengunjung yang hanya ingin langsung mengetahui pembahasan yang mereka inginkan. Buatlah konten yang menarik dan membuat pembaca menjadi betah dalam mengakses website Anda.

  2. Melakukan migrasi M-dot

    Domain misalkan, versi mobile yang ada di sebuah website, contohnya m.facebook menjadi website yang menggunakan desain lebih responsive. Fungsi  ini sebenarnya juga banyak digunakan oleh website, apakah m-dot akan lebih baik dibandingkan lainnya, tentu saja semua dengan kebutuhan dari website Anda sendiri.

  3.  Website Anda telah mobile-friendly

    Artinya bisa bekerja dengan baik di smartphone juga table. Penampilan website juga harus muncul maksimal, disesuaikan dengan ukuran layar pada perangkat mobile yang sedang digunakan. Jika penampilan website Anda semakin berat untuk perangkat mobile, ini membuat pengguna tidak sabar menunggu waktu halaman yang lain muncul.

 

2. Membuat konten yang komprehensif

Panduan SEO 2020 Terbaru | IDCloudhost
 

Dahulunya Google hanya berfokus di akurasi kata kunci yang digunakan, dengan kata kunci yang dimasukkan atau disisipkan dalam konten pencarian. Saat ini Google semakin cerdas seiring perkembangan algoritma. Google tetap menitik beratkan kata kunci, tetapi kualitas yang dibahas di setiap konten adalah hal utama dalam menentukan indeks serta tampilan di Google pada halaman hasil penelusuran.

Panduan utama Search Engine Optimization (SEO) bisa membuat Anda mengerti cara supaya dapat menciptakan atau membuat konten lebih mendalam atau “in-depth”. Disini ada hal-hal yang harus diperhatikan misalkan adalah jumlah kata di artikel Anda.

Dari penelitian pada halaman OptinMonster telah membuktikan bahwa kebanyakan konten yang menempati peringkat rata-rata 10 besar adalah artikel yang mempunyai lebih dari 2000 kata. Namun di sisi yang lain, artikel yang dapat dicerna harus mengandung 600-800 kata setiap artikelnya. Jika ingin lebih bisa dibagi menjadi 2 bagian, LSI Keyword disebut juga Latent Semantic Indexing Keyword merupakan frasa atau kata yang berhubungan dengan kata kunci utama.

 

3. Membuat Konten di video

Panduan SEO 2020 Terbaru | IDCloudhost
 

Konten yang saat ini ramai di akses yaitu menggunakan video iklan, jadi Youtube harus dimanfaatkan sebab ini bisa menjadi platform yang dapat berbagi video dalam jumlah yang besar di mesin pencarian. Sejatinya Anda tidak diharuskan rajin mengupload video pada YouTube Anda, namun yang terpenting adalah satu video mampu menarik perhatian para pengunjung.

Kita perlu ketahui juga bahwa konten video sekarang menjadi primadona yang baik untuk Anda bisa manfaatkan dalam menggaet banyak pengguna, terutama hal ini juga menjadi peluang Anda untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung dari channel apapun. Youtube merupakan salah satu social media yang banyak digunakan oleh orang didunia saat ini, sehingga membuat konten video bukan jadi alasan lagi untuk Anda manfaatkan dalam mendapatkan trafik.

 

4. Menghadirkan konten Link berkualitas

Panduan SEO 2020 Terbaru | IDCloudhost
 

Link building adalah usaha dalam menghubungkan satu artikel dengan artikel yang lain, hal ini bertujuan untuk meningkatkan domain authority di website-mu. Adanya Domain Authority (DA) ini sangat penting supaya mesin pencari seperti Google bisa menilai baik atau buruk sebuah reputasi dari website yang Anda miliki.

Apabila Anda berencana untuk link building ke website yang lain dengan menggunakan atau menyelipkan link, pastikan website yang Anda tautkan mempunyai reputasi yang baik. Website yang banyak pengunjungnya, umumnya menyandang reputasi yang baik, sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi website Anda dengan nilai pada domain authority website semakin didongkrak dengan website tersebut.

Selain itu ada baiknya Anda membangun link kepada artikel yang lain dari website sendiri. Jangan sampai menggunakan prinsip click-bait, sebab hal ini bisa membuat pengunjung akan meninggalkan halaman di artikel tersebut. Penggunaan dari anchor text yang tidak sesuai isi konten akan muncul pada layar pembaca, jadi mereka yang tidak membutuhkan informasi itu bisa kecewa serta segera meninggalkan halaman artikel di website Anda.

Baca Juga : Panduan Dasar SEO untuk Pemula (On Page dan Off Page)

 

Memperhatikan Aspek UI dan UX Website

Tips SEO 2020

 

Dengan dasar-dasar SEO, sebagian besar orang menghindari aspek teknis situs web mereka. Mengabaikan aspek-aspek kecil ini dapat membahayakan kesehatan situs web Anda. Coba buat situs Anda terlihat segar dengan User Interface (UI) / User Experience (UX) terbaik. Desain situs web harus dilakukan dengan mengingat struktur situs dalam pikiran.

User Interface (UI) / User Experience (UX) yang baik tentunya akan membuat pengguna lebih lama bertahan pada website Anda, hal ini sangat penting karena dengan sungguhan User Interface (UI) / User Experience (UX) akan mmebuat user menjadi percaya juga pada kualitas yang akan Anda berikan nantinya.

User Interface (UI) / User Experience (UX) juga bicara mengenai pengalaman pengguna dalam mengakses website Anda dengan baik, apakah terjadi error atau hal lain yang menyebabkan mereka tidak jadi mengakses wesbite karena faktor tententu. Anda perlu memperhatikan User Interface (UI) / User Experience (UX) yang baik agar mendapatkan pengalaman terbaik untuk pengguna dalam mengakses website Anda.

 

Konten yang kaya dengan memaksimalkan Cuplikan atau Snippet

Tips SEO 2020
 

Google Structure data dan Snippet adalah tampilan ringkasan jawaban atau informasi lain yang ada dalam kolom cuplikan di bagian atas halaman hasil penelusuran Google (SERP) atau juga muncul pada hasil pencarian pada deskripsi suatu website.

Jika Anda ingin konten Anda berada di posisi pertama mesin pencarian Google, maka Anda perlu mencatat beberapa poin. Ini hanya dapat dimungkinkan jika Anda menetapkan pola tertentu yang diikuti oleh Mesin Pencari:

  • Pantau relevansi pencocokan tajuk dengan konten dan Judul SEO
  • Mengatur Data Struktur dengan standar yang tepat
  • Simpan pembaruan tentang Pembaruan Google Terbaru
  • Penggunaan kata kunci yang tepat
  • Deskripsi meta yang bagus
  • Sertakan merek Anda dalam judul SEO
  • Ikuti Pedoman Mesin Pencari

Berikut ini adalah contoh Structure data dan Snippet yang bisa Anda lihat pada halaman IDcloudhost :

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah mempelajari dan memahami panduan Search Engine Optimization (SEO) di atas, Anda bisa melihat mengenai perkembangan algoritma dalam mesin pencari yang trend di kalangan pengguna internet memberikan pengaruh yang besar di aspek-aspek Search Engine Optimization (SEO) yang harus selalu di optimalkan.

Aspek penting dalam Search Engine Optimization (SEO) harus selalu di perhatikan, sebab hal itu dapat berpengaruh terhadap rendah atau tidaknya kualitas SEO yang Anda bangun. Sebelum itu harus Anda ketahui bahwa proses yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari Search Engine Optimization (SEO) ini tidak bisa diproses dengan instan.

Pantau terus konten, penulisan, tema dan layout website yang Anda miliki, tetapkan disiplin layout dan kesamaan tema. Perhatikan penggunaan judul yang mengundang tetapi tidak relevan. Juga bila Anda mengunakan property pendukung seperti gambar dan video, maka samakan dengan inti tulisan dan maksudnya.

Related Post :

popup image