Panduan Untuk Monetize YouTube Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

YouTube menjadi pusat pencarian online terbesar ke-2 dunia setelah Google yang membuatnya sangat populer dan menjadi ladang banyak content creator berbagi serta mencari pendapatan. Bahkan saat ini di seluruh dunia, paling tidaknya lima miliar video yang ada di YouTube ditonton setiap hari. Tidak hanya itu, saking populernya platform ini, penggunanya telah menghabiskan rata- rata 40 menit setiap sesi YouTuber yang mereka tonton.

Sejalan dengan pergeseran digital ini, banyak yang ingin juga bergabung dan membuka saluran YouTube mereka sendiri serta berbagi cerita serta kisah mereka. Dari sini, peluang untuk menjadi content creator yang sukses, terkenal dengan pendapatan yang tidak sedikit membuat banyak yang ingin juga merasakannya. Selain itu, peluang untuk menghasilkan uang di YouTube yang lebih dikenal sebagai monetize juga membuat YouTuber berlomba- lomba membuat konten yang menarik.

Banyak YouTuber yang terkenal seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan lainnya yang membangun karir mereka di YouTube. YouTube bisa melambungkan nama siapa saja tidak peduli latar belakang mereka selama mereka mempunyai konten berkualitas yang relevan dengan audiensnya. Menghasilkan uang di YouTube tidak lagi eksklusif untuk beberapa musisi besar yang terkenal atau influencer besar, ada banyak peluang bagi orang biasa untuk menghasilkan uang dari YouTube. Namun untuk bisa melakukan monetize, Anda harus lebih strategis dalam pendekatan Anda.

 

Panduan Untuk Monetize YouTube

Panduan Untuk Monetize YouTube Bagi Pemula
 

Cara bagaimana untuk memulai monetize YouTube adalah YouTube memperkenalkan beberapa standar baru untuk monetisasi tahun ini, membuatnya sedikit lebih sulit untuk monetisasi saluran Anda. Tapi jangan kuatir karena hal ini masih bisa dilakukan dengan tetap mengikuti beberapa peraturan resmi yang dikeluarkan oleh pihak YouTube.

Sedangkan untuk menyiapkan saluran untuk monetisasi, Anda harus bergabung dengan program mitra YouTube dan memenuhi persyaratan mereka untuk melakukannya. Setelah Anda memenuhi persyaratan tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan monetisasi pada video Anda untuk mulai mendapatkan pendapatan Adsense. Pada akhirnya, monetisasi YouTube didasarkan sepenuhnya pada jumlah orang yang melihat video Anda yang mana YouTuber yang menghasilkan uang paling banyak adalah orang-orang dengan jumlah penonton terbanyak.

 

Baca Juga  :    Cara Efektif, Mudah dan Cepat Riset Keyword YouTube

 

Persyaratan Untuk Melakukan Monetize YouTube

Langkah utama untuk mendapatkan uang melalui saluran YouTube Anda adalah dengan bergabung dengan Program Mitra YouTube atau YouTube’s Partner Program. Pertama, untuk diterima dalam Program Mitra YouTube ini , ada beberapa hal yang harus Anda penuhi, seperti persyaratan :

  • Memiliki setidaknya 1.000 pengikut atau subscriber
  • Telah mencapai 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir
  • Menyetujui dan menandatangani syarat dan ketentuan
  • Telah memiliki akun AdSense
  • Telah ditinjau dan disetujui oleh pihak YouTube
  • Mematuhi seluruh peraturan dari YouTube’s Partner Program/Pedoman Komunitas YouTube.

 

Baca Juga :    Panduan Lengkap YouTube Ads untuk Pemula Sebelum Beriklan

 

Cara Kerja dan Opsi Untuk Monetize YouTube

Panduan Untuk Monetize YouTube Bagi Pemula
 

Kepopuleran YouTube dan para content creator yang sukses membuat banyak orang tergiur untuk menjadi seorang YouTuber juga. Jika Anda adalah salah satu pemula yang ingin juga mendapatkan peluang di YouTube, maka Anda juga harus mengerti bagaimana YouTube juga menawarkan opsi monetisasi yang berbeda untuk pengguna yang merupakan bagian dari Program Mitra YouTube/YouTube’s Partner Program :

  • AdRevenue

    Program monetisasi YouTube sangat sederhana, yakni perusahaan di Google Adsense Network akan membuat iklan yang ditempatkan kapan saja di video. Jadi setiap kali pemirsa menonton seluruh iklan, Anda dibayar darinya. Adapun iklan dapat ditempatkan di awal video yaitu iklan pre-roll dan apabila video konten yang Anda unggah berdurasi lebih dari 10 menit, Anda juga dapat mengaktifkan iklan selama video yakni iklan mid-roll.
    Mitra YouTube yang memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan dapat mencoba mendaftarkan diri mereka. Perhatikan juga bawah ada beberapa jenis konten tertentu di salurah yang tidak sesuai dalam persyaratan iklan. Beberapa kategori yang tidak pantas untuk iklan adalah terkait narkoba, senjata api, dewasa, konten kebencian, isu kontroversial, bahasa yang tidak pantas, dan lain-lain. Google kemudian akan mengevaluasi setiap kasus dan mempertimbangkan konteks dan Anda mendapatkan pendapatan iklan dari iklan yang ditempatkan di saluran Anda baik itu iklan bergambar, overlay, dan video.

  • Berlangganan di saluran/channel

    Apakah Anda mempunyai audiens yang selalu setia menunggu konten- konten Anda? Maka Anda dapat menawarkan keanggotaan kepada pelanggan dengan imbalan konten eksklusif, lencana/badges, atau keuntungan khusus. Apabila Anda ingin mencoba opsi ini dan untuk mengajukan opsi monetisasi keanggotaan, Anda harus memiliki lebih dari 30.000 pelanggan/subscriber.

  • Menjual merchandise

    Sebagai YouTuber yang dekat dengan audiensnya, Anda pasti ingin berbagi banyak hal dan membuat image serta channel Anda lebih dikenali lagi. Kenapa tidak menjual barang- barang merchandise? YouTuber dengan lebih dari dari 10.000 dan mendaftar mendaftar ke opsi monetisasi ini, bisa menjual merchandise bermerek resmi yang disajikan di halaman tontonan mereka. Ini adalah jenis monetisasi ini bagus untuk YouTuber dengan branding yang hebat yang akan sesuai dengan content creator dengan ceruk gamer maupun influencer.
    Disini Anda dapat menjual pakaian, perlengkapan, ransel, dan perlengkapan lainnya dengan brand Anda diatasnya. Menjadi YouTuber mapan dengan image serta brand yang kuat dapat monetisasi saluran dan meningkatkan keterlibatan dengan galeri merchandise.

  • Super Chat dan Super Sticker

    Penggemar saluran Anda dapat membuat pesan mereka lebih menonjol diantara banyaknya aliran obrolan saluran Anda, sehingga pesan mereka dapat menarik perhatian. Opsi ini akan sangat berguna untuk YouTuber yang sering melakukan Streaming Langsung dengan obrolan langsung diaktifkan dan bergulir secara real-time. Pilihan ini juga akan sangat membantu YouTuber yang sedang ingin menggalang kampanye donasi juga. Sedangkan untuk dapat menggunakan opsi ini, Anda harus merujuk pada peraturan pedoman dan dalam hal ini, Super Chat maupun Super Sticker bisa tergantung pada kesediaan di negara tertentu.

  • YouTube Premium Revenue

    Selanjutnya adalah YouTube memungkinkan beberapa pembuat konten mendapatkan bagian dari biaya langganan pelanggan YouTube Premium saat mereka menonton konten dari sebuah saluran. Kurang lebih ini adalah sejenis opsi yang memberikan hadiah kepada pembuat konten yang menghasilkan konten hebat. Saat konten Anda mampu menarik pengguna premium, Anda bisa dibayar oleh YouTube. Untuk mencoba opsi ini, Anda harus lebih dulu menciptakan konten berkualitas bahkan viral yang menarik pengguna premium.

 

Baca Juga  :    Panduan YouTube Marketing untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis Anda di tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Menghasilkan uang dari YouTube dulunya sesederhana mengunggah konten hebat, mengumpulkan jutaan penayangan, dan mendapatkan bagian dari pendapatan iklan. Sekarang dengan berkembangnya platform ini, pembuat konten memiliki akses ke berbagai cara untuk memonetisasi konten mereka. Selain iklan, opsi monetisasi dapat mencakup sponsor perusahaan dari brand terkenal, pendanaan penggemar/subscriber, atau juga penjualan merchandise.

Bagi pembuat konten dapat bergabung dengan program Mitra/Partner YouTube setelah mereka mengumpulkan 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton yang akan memberi pembuat akses ke fitur monetisasi seperti iklan, pendanaan penggemar, dan penjualan merchandise. Seorang YouTuber terkenal bisa menghasilkan ratusan juta setiap bulannya yang mana YouTuber pemula juga menghasilkan sama besarnya jika mereka benar- benar berdedikasi dalam membangun brand serta membuat konten- konten yang berkualitas sekaligus relevan.

 

 

 

Related Post :