Apa itu Firebase? Pengertian dan Cara Kerjanya - IDCloudHost

Knowledge Base

Apa itu Firebase? Pengertian dan Cara Kerjanya

apa itu firebase
 

Firebase adalah salah satu database dengan basis NoSQL (Bukan SQL). Di Indonesia, Ia adalah salah satu tools yang mulai banyak digunakan oleh developer aplikasi dan web beberapa tahun belakangan ini. Firebase adalah tools yang terkenal sederhana dan powerful, sehingga banyak yang mengklaim dapat mempercepat pekerjaan.

Adanya tools seperti Firebase tentu akan memudahkan para developer untuk mengembangkan aplikasi atau website mereka. Apakah Anda sudah mulai menggunakan Firebase? Atau mungkin Anda baru ingin mempelajari Firebase dan mulai menggunakannya? Berikut adalah ulasan terkait pengertian, fungsi, dan kegunaan Firebase.

Baca Juga : Bangun Aplikasi dengan Basis Data Waktu Nyata (Google Firebase)

Apa Itu Firebase?

Firebase adalah tools database dari Google yang dapat kita gunakan untuk membantu para developer mengembangkan aplikasi mereka.Ia juga merupakan BaaS (Backend as a Service), yang dapat mempercepat pekerjaan para developer sehingga mereka dapat fokus untuk mengembangkan aplikasi tanpa effort yang besar pada back-end.

Firebase merupakan tools yang pertama kali rilis pada 2011 oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Produk pertama Ia adalah Realtime Database yang berfungsi untuk menyimpan data dan menyinkronkannya ke beberapa user. Aplikasi ini selanjutnya berkembang menjadi berbagai layanan untuk developer aplikasi. Perusahaan ini Google ambil alih pada Oktober 2014.

Layanan pertama Firebase adalah service trial (percobaan), tapi sekarang perusahaan ini sudah membuat layanan mereka dapat kita manfaatkan secara free (gratis).

Berikut adalah 2 layanan yang tersedia :
1. SPARK : Anda dapat menggunakan layanan dari Firebase secara gratis dengan batasan-batasan tertentu.
2. BLAZE : Anda akan terkena biaya sesuai pemakaian layanan.

 

mengenal firebase

Mengenal Fitur Firebase

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, membuat kecepatan layanan menjadi prioritas utama bagi para pengguna aplikasi. Karena itu, Firebase rilis untuk memudahkan developer mengembangkan aplikasi dengan layanan yang mereka sediakan. Berikut adalah beberapa fitur dalam Firebase yang dapat Anda manfaatkan:

1. Firebase Analytics

Fitur Firebase yang satu ini berfungsi untuk koleksi data dan reporting bagi aplikasi berbasis Android dan iOS. Koleksi data ini juga bervariasi. Misalnya, Anda dapat membuat sebuah laporan/report untuk pengguna aplikasi  pada satu negara saja. Selain itu, Anda juga bisa melihat fitur apa saja dari aplikasi Anda yang paling sering digunakan oleh user. Kelebihan fitur analytic milik app ini adalah Anda dapat menentukan segmentasi user berdasarkan user attribute.

User attribute pada app ini adalah suatu parameter yang bisa Anda gunakan sebagai filter dan bertujuan untuk membuat laporan/reporting dan notifikasi. Misalnya, Anda memiliki aplikasi toko online  yang Anda menjual laptop. Dengan user attribute, Anda dapat mengetahui pengguna mana saja yang membeli laptop merk A, bahkan mencari tahu jam berapa transaksi paling ramai banyak orang lakukan.

2. Firebase Cloud Messaging and Notifications

FCM atau Firebase Cloud Messaging adalah penyedia koneksi handal dan hemat baterai yang dapat kita gunakan antar server maupun antar device. Dengan menggunakan FCM, Anda dapat menerima dan mengirim pesan dan notifikasi melalui Android, iOS dan web tanpa perlu biaya.

Kelebihan dari fitur FCM pada software ini adalah Anda dapat menargetkan pesan lanjutan sesuai segmen yang telah kita tentukan sebelumnya, yaitu menggunakan analisis perilaku dan demografi user.

Selain itu, Anda juga dapat menargetkan pesan atau notifikasi yang terperinci hanya pada satu perangkat tertentu. Biasanya hal ini kita lakukan untuk proses pengujian.

Pesan notifikasi ini terintegrasi sepenuhnya dengan Google Analytics, sehingga Anda memiliki akses secara detail untuk interaksi dan tracking konversi. Anda dapat memantau efektivitas dari suatu dashboard tanpa perlu coding atau membuat program sendiri.

Baca Juga : Perbedaan Antara BackEnd Developer dan FrontEnd Developer

3. Firebase Authentication

Firebase Authentication adalah salah satu layanan back-end yang mudah digunakan. Fitur ini memiliki tampilan yang siap pakai untuk melakukan autentikasi user pada aplikasi yang Anda buat.

Autentikasi yang didukung oleh fitur ini adalah dengan nomor telepon, sandi, penyedia identitas gabungan populer seperti Google, Facebook, dan sebagainya.

4. Firebase Cloud Firestore

Fitur ini adalah database yang terukur dan fleksibel untuk membantu developer mengembangkan perangkat di Firebase dan Google Cloud Platform. Sama seperti Realtime Database, Cloud Firestore membuat data Anda tetap terkoneksi dengan user aplikasi melalui Listener Realtime dan menawarkan layanan secara offline untuk aplikasi seluler dan web.

Dengan begitu, Anda dapat membuat aplikasi yang responsif, powerful, dan dapat bekerja dengan lancar tanpa bergantung pada kecepatan koneksi internet.

5. Firebase Realtime Database

Firebase Realtime Database adalah database yang di-host melalui cloud. Data Anda akan disimpan dan dieksekusi dalam bentuk JSON dan disinkronkan secara realtime ke setiap user yang terkoneksi. Hal ini memudahkan Anda untuk mengelola suatu database dengan skala yang besar.

Ketika Anda membuat aplikasi multiplatform menggunakan SDK Android, iOS, dan JS, semua pengguna akan berbagi sebuah Instance Realtime Database yang dapat menerima update data secara serentak dan otomatis.

Kemampuan lain fitur app ini adalah tetap responsif saat offline, karena SDK Firebase Realtime Database dapat menyimpan data langsung ke disk device atau memori lokal.

Setelah perangkat Anda terhubung dengan internet, perangkat pengguna akan menerima setiap perubahan yang terjadi.

6. Firebase Hosting

Firebase Hosting adalah layanan hosting konten web. Dengan satu instruksi saja, Anda dapat menjalankan aplikasi web dan menyajikan konten statis maupun dinamis ke CDN (jaringan penayangan konten) global dengan cepat.

Ia memiliki banyak kegunaan. Beberapa diantaranya adalah dapat menayangkan konten melalui koneksi yang aman, mengirim konten dengan cepat, dan mendukung konten untuk pada hosting, mulai dari file HTML dan CSS hingga API dan Express.js.

Itulah penjelasan tentang aplikasi ini dan fitur-fitur yang ia miliki. Fitur tersebut dapat Anda gunakan lewat pilihan layanan SPARK dan BLAZE.

Penutup

Sudahkah menambah pengetahuan Anda mengenai Firebase? Aplikasi ini ialah sebuah tools database dari Google yang dapat kita gunakan untuk membantu para developer mengembangkan aplikasi mereka awalnya. Namun kini, banyak digunakan para developer pada umumnya. Ia memiliki banyak fitur untuk melakukan monitoring dan juga memberikan insight penggunaan aplikasi secara realtime. Sungguh membantu ya! Jika Anda memiliki saran dan juga pembahasan menarik yang ingin kita bahas bersama sampaikan ke Tim IDCloudHost ya! Semoga bermanfaat.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update