Saat Anda sudah berhasil membeli layanan Plesk Hosting, Anda akan mendapatkan informasi mengenaik Akun untuk dapat login ke Control Panel Plesk Hosting. Sebagai contoh Jika Anda membeli Layanan Plesk Hosting dari IDcloudhost Anda akan mendapatkan informasi Akun sebagai berikut :

Anda dapat mengakses URL dibawah ini untuk dapat mengakses Halaman  Control Panel Plesk Hosting :

https://<Plesk server’s address>:8443

Sebagai contoh untuk login pada halaman tutorialplesk maka di belakang alamatnya harus Anda tambahkan :8443/

Ketikkan Username dan Password Anda untuk login ke Control Panel Plesk Hosting Website Anda. Ketika Anda masuk ke Plesk untuk pertama kalinya, skenario akan berbeda tergantung pada apakah Anda adalah pelanggan hosting bersama, atau administrator yang mengelola server Anda.

 

Masuk sebagai Pelanggan Hosting

Saat pertama kali masuk ke Plesk sebagai pelanggan hosting, Anda akan diminta mengisi formulir dengan informasi kontak, seperti:

  • Nama perusahaan.
  • Nomor telepon dan email.
  • Alamat dan Negara tempat tinggal.

Informasi ini akan digunakan oleh penyedia Anda untuk menghubungi Anda jika ada masalah yang mungkin terjadi. Formulir ini juga memungkinkan Anda menetapkan kata sandi baru untuk akun pengguna Anda. Kata sandi ini digunakan bersama dengan nama pengguna Anda untuk masuk ke Plesk Hosting. Anda tidak dapat mengubah nama pengguna Anda sendiri. Jika Anda ingin mengubah nama pengguna Anda, silakan menghubungi tim Support IDCloudhost untuk informasi lebih lanjut.

 

Masuk sebagai Administrator Server

Ketika Anda pertama kali masuk ke Plesk sebagai administrator server, Anda akan diberikan beberapa formulir yang akan mencatat informasi pribadi Anda dan membantu Anda mengatur konfigurasi awal Plesk. Berikut langkah-langkahnya secara berurutan:

  1. Perjanjian lisensi dengan plesk. Anda harus menerimanya untuk melanjutkan lebih jauh.
  2. Konfigurasi awal. Anda perlu melakukan hal berikut:
    • Tentukan nama host lengkap dari server.
    • Pilih alamat IP default.
    • Pisahkan semua IP di server menjadi alamat bersama dan khusus.
    • Tentukan kata sandi administrator Plesk yang baru.
  3. Formulir yang berisi informasi pribadi Anda. Anda harus mengisinya untuk melanjutkan lebih jauh.
  4. Pemilih antarmuka plesk. Anda harus memilih tujuan untuk server, dan juga memilih antara salah satu dari dua opsi antarmuka Plesk (Anda bisa cek Juga Plesk User GUI) :
    • Power User view. Pilih antarmuka ini jika Anda adalah admin web yang mengelola situs web pelanggan Anda.
    • Service Provider view. Pilih antarmuka ini jika Anda adalah penyedia hosting bersama dan berencana untuk menjual hosting kepada pelanggan yang akan mengelola situs web mereka sendiri.
  5. Berikan atau masukkan kunci lisensi Plesk Anda. Anda dapat mengunggah arsip .ZIP, file .XML, atau menentukan kode aktivasi.
  6. Jika Anda telah memilih tampilan Pengguna Kuat, konfigurasikan langganan pertama Anda. Anda perlu menentukan yang berikut:
    • Nama domain.
    • Alamat IP.
    • Nama pengguna dan kata sandi pengguna sistem.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut perihal ini, tim support IDCloudhost siap membantu Anda.