Anda dapat membatasi pengguna yang mengakses website anda dengan memblokir IP. Misal, suatu perusahaan mempunyai website dimana hanya pegawainya saja dan terhubung kedalam jaringan internet kantor yang dapat mengakses website tersebut. Hal ini memungkinkan untuk menghindari terjadinya kebocoran informasi yang ada pada website tersebut karena bersifat internal saja.

Dalam permbahasan ini, anda membutuhkan akses yang dapat terhubung pada akun hosting, seperti FTP Client atau Cpanel dan tentunya anda juga harus mengetahui IP statis, karena jika alamat IP yang dimasukan merupakan IP dinamis dapat memungkinan cara ini tidak akan bekerja sesuai harapan.

Setelah terhubung pada akun hosting. Jika anda terhubung melalui Cpanel, anda dapat membuka File Manajer yang terdapat pada kolom Files, kemudian temukan file .htaccess yang berada pada direktori public_html.

Selanjutnya, memasukan IP pada file .htaccess. jika anda belum tahu cara mengecek IP, anda dapat mengeceknya secara online atau pada URL ini https://whatismyipaddress.com/.

Setelah itu, tambahkan beberapa kode berikut kedalam file .htaccess.

Order Deny,Allow
Deny from all
Allow from YourIP

Ubah YourIP dengan IP yang ingin digunakan dan simpan perubahan file tersebut. Jika anda tidak dapat mengakses website, cobalah periksa IP anda kembali. Jika mengalami perubahan, maka IP anda merupakan IP dinamis.